Gamer, banyak sekali pilihan keyboard gaming mekanikal saat ini. Harganya pun sangat beragam, mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan atau bahkan puluhan juta.

Dari semua pililhan keyboard tersebut, sebenarnya hanya ada beberapa fitur yang menentukan kualitas keyboard tersebut. Selainnya, material dan merek lah yang menentukan harga keyboard tersebut.

Bicara mengenai fitur, makin banyak fiturnya, tentu saja keyboard gaming jadi makin menarik untuk dimiliki. Tapi, tidak semua fitur dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa fitur yang justru tak pernah kita pakai.

keyboard Rexus MX20 keyboard 6 Fitur Wajib yang Harus Ada di Sebuah Keyboard Gaming MX20P 06 600x600

Foto: keyboard Rexus MX20

Nah, agar kita dapat memilih keyboard gaming sesuai dengan kebutuhan, ada beberapa fitur  wajib yang harus ada di sebuah keyboard, yaitu:

  • Fitur Macro untuk Keyboard

Beberapa keyboard gaming mempunyai tombol-tombol  yang bisa diprogram untuk menghasilkan kombinasi tombol sesuai dengan fungsi yang diinginkan pengguna, seperti untuk melakukan tombol singkat meng-copy file, blok, dan lain sebagainya.

Di game yang kompleks seperti World of Warcraft, kamu biasanya harus mengetik atau menggunakan mouse untuk klik ikon yang spesifik.

Dengan melakukan pemograman pada tombol macro kamu, satu tombol saja cukup. Sangat praktis, apalagi saat waktu untuk bereaksi sedikit.

  • Fitur Hotswapable

Keyboard gaming moderen identik dengan keyboard yang bisa dimodifikasi atau dikustomisasi. Karenanya, mereka harus mempunyai fitur hotswapable atau fitur yang memungkinkan switch diganti dengan switch lain, baik dari switch semerek atau merek lain.

  • Fitur Anti-ghosting

Saat menggunakan keyboard untuk aktivitas normal, seperti mengetik, menekan banyak tombol secara bersamaan (kecuali saat menggunakan tombol shift). Dan saat itu terjadi, biasanya itu adalah sebuah kesalahan dimana tombol tidak diinput.

Hal ini disebut efek ghosting. Tidak akan ada masalah kalau kamu hanya menggunakannya untuk mengetik, tapi beda cerita saat gaming.

Saat kamu gaming, menekan banyak tombol secara bersamaan selalu terjadi karena setiap tombol penting. Maka dari itu, keyboard gaming terbaik harus memiliki fitur anti-ghosting supaya kamu bisa menginput banyak tombol secara bersamaan.

  • Fitur LED (RGB)

RGB LED bukan lagi sekedar hiasan yang menambah aksen kegantengan keyboard gaming. Lebih dari itu, LED RGB menjadi modal untuk meningkatkan performa dan semangat kamu saat bermain game.

Selain itu dengan membagi keyboard gaming ke zona yang paling sering digunakan dan diberi penerangan dengan warna berbeda bisa visual yang cepat saat bermain akan membantu kamu mengenali posisi tombol keyboard.

keyboard Daxa M84 Ultimate keyboard 6 Fitur Wajib yang Harus Ada di Sebuah Keyboard Gaming M84 04 600x600

Foto:keyboard Daxa M84 Ultimate

  • Polling Rate

Fitur ini memang sedikit teknis. Polling rate adalah kecepatan rata-rata yang dibutuhkan keyboard untuk menyampaikan pesan ke CPU komputer. Jadi, jika kalian menulis huruf A di keyboard, maka dalam hitungan sepersekian detik huruf itu akan tampil di layar.

Saat ini, standar polling rate keyboard berkualitas adalah 1000Hz. Itu dapat kalian peroleh di beberapa keyboard mekanikal Rexus, seperti Legionare MX1o, MX20, maupun lini produk DAXA.

  • Fitur Multimedia

Bagi kamu yang menggunakan keyboard untuk berbagai kebutuhan, fitur multimedia tentunya tidak bisa ditinggalkan. Sesuai namanya, fitur ini akan mengatur fungsi multimedia di komputer hanya dengan menekan tombol yang ada di keyboard. Hal itu tentu akan memudahkan kita dalam mengontrolnya.

Fitur-fitur penting ini sebaiknya ada di dalam keyboard gaming yang kamu miliki. Selain fitur, kamu juga harus memperhatikan soal komponen yang mendukung keyboard gaming tersebut, seperti kualitas switch, palmrest, kabel, dan lain sebagainya.

Jadi, keyboard apa yang mau kamu beli?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.