converter USB OTG converter Apa Itu Converter USB OTG? Apa Bedanya dengan Converter Biasa? WhatsApp Image 2019 01 28 at 09

Gamer, mungkin ada beberapa yang belum mengenal konektor atau converter USB On The Go (OTG).  Atau mungkin ada yang belum bisa membedakan converter OTG dengan conveter biasa sehingga saat dikoneksikan dengan perangkat gaming, konektor tersebut tidak berfungi sebagaimana mestinya.

Ya, seiring dengan makin banyaknya perangkat gaming seperti headset, gamepad, mouse ataupun keyboard gaming yang bisa dikoneksikan ke ponsel, makin banyak pula kebutuhan akan converter OTG.

Sebagai contoh, misalnya kamu hendak mengoneksikan gamepad Rexus GX100 yang menggunakan dongle receiver berbentuk USB 2.0, maka kamu harus menyambungkannya ke ponsel dengan menggunakan converter jenis ini agar bisa receiver tersebut bisa terkoneksi secara baik.

conveter USB OTG converter Apa Itu Converter USB OTG? Apa Bedanya dengan Converter Biasa? converter 1000x630

Apa Itu Converter USB OTG?

Converter USB OTG sebenarnya adalah konektor yang mengoneksikan dua model colokan dari USB 2.0/3.0 yang biasa ada di perangkat gaming ke port USB Micro/Type C/Lightning yang ada di ponsel. Jadi, bisa dikatakan bahwa USB OTG merupakan pengembangan dari konektor atau converter yang biasa untuk menyambungkan dua perangkat dengan konektor USB.

Lalu, apa beda converter USB OTG dengan USB biasa? USBU biasa hanya berfungsi untuk menyambungkan perangkat dari host ke host. Artinya, perangkat yang disambungkan tersebut tidak bisa berperan sebagai pengendali (master) untuk ponsel yang dikoneksikan.

Itu berbeda jika menggunakan converter USB OTG.  Dengan menggunakan converter USB OTG, perangkat yang tersambung dimungkinkan untuk menjadi pengendali dan ponsel yang terkoneksi menjadi media yang dikendalikan (slave), ataupun sebaliknya.

Mengoneksikan gamepad ke ponsel dengan menggunakan converter USB OTG, menjadikan gamepad teresbut bisa mengendalikan (hosting) gerakan kursor pada ponsel. Itu tidak bisa terjadi jika kamu hanya menggunakan konektor USB biasa.

Agar bisa terjadi koneksi seperti itu, host to host atau master to slave, ponsel yang kamu miliki juga harus didukung oleh teknologi OTG pula.

teknologi usb on the go converter Apa Itu Converter USB OTG? Apa Bedanya dengan Converter Biasa? usb otg android logo

Ponsel yang Mendukung Teknologi OTG

Saat ini, hampir semua ponsel berbasis android keluaran baru sudah mendukung fitur USB OTG. Jadi, tidak perlu kuatir ponsel kamu belum didukung dengan teknologi ini ya.

Tapi, biar lebih mantap, kamu bisa memastikannya. Cara yang paling mudah untuk memastikannya adalah dengan melihat logo “Certified USB OTG” yang ada di kemasan. Cara mudah lain untuk mengetahui apakah ponsel kamu sudah didukung USB OTG adalah dengan menggunakan aplikasi pengecek USB OTG.

Banyak aplikasi gratisan yang bisa diunduh di Google Play Store. Salah satunya adalah Easy OTG Checker. Kamu tinggal mengunduhnya dah mengoperasikan di ponselmu.

Nah, sekarang sudah paham apa yang dimaksud dengan USB OTG, bukan? Jadi, jangan sampai salah beli converter USB OTG ya. Kamu juga bisa beli converter USB OTG di sini loh.

Telusuri Produk Rexus

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.