Gamers, tak lama lagi kita akan “digemparkan” dengan makian maraknya keyboard mekanikal yang menggunakan sensor optik infra-merah. Sudah mekanikal, pakai sensor optik pula. Pasti keyboard ini punya banyak kelebihan dibanding teknologi keyboard mekanikal biasa.

Yup, betul. Keyboard berteknologi ini memang mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan keyboard mekanikal biasa. Salah satunya adalah keunggulannya tahan terhadap siraman air. Bahkan, keyboard ini dapat tetap digunakan di dalam air tanpa terjadi konsleting sedikitpun. Bagaimana hal ini dijelaskan? Yuk, kita pelajari bersama.

Kenali Keyboard Mekanikal dengan Switch Optik

Pada dasarnya, keyboard infra merah merupakan jenis keyboard mekanik yang menggunakan switch dengan sistem kerja inframerah. Sebagai keyboard mekanikal, switch keyboard ini terdiri dari switch mekanikal yang komponennya bergerak secara mekanis.

Saat kamu menekan tombol, maka tuas akan turun dan menekan pegas yang membuatnya membal, kembali ke atas. Persis sama seperti keyboard mekanikal konvensional.

Bedanya, pada keyboard mekanikal konvensional, tuas tersebut kemudian akan menyentuh papan PCB yang kemudian menghantarkan sinyal pada komputer. Sedangkan pada switch keyboard mekanikal infra merah, tuas tersebut akan melewati sensor inframerah yang ada di bawahnya sehingga kemudian sinyal dihantarkan ke komputer.

Ilustrasi: pc-100.com

 

 

Teknologi IR PTR

Dalam switch optical sensor keyboard, sistem penghantaran sinyal menggunakan sensor Infrared Photothermal Radiometry (IR PTR). Jadi, dalam sebuah rumah switch infra-merah, ada dua sumber cahaya. Satu adalah lampu sensor IR PTR yang berwarna merah dan satu lagi adalah LED aksesoris, layaknya pada switch mekanikal lainnya.

Sensor IR PTR tersebut akan bereaksi saat tuas atau stem switch ditekan turun ke bawah. Saat sinar infra merah yang berpendar terus menerus di antara dua kutub sensor terhalangi oleh stem, maka secara otomatis dan dalam hitungan mikro detik akan memberi sinyal pada IC keyboard untuk kemudian diterjemahkan di komputer, jadi ketikan.

Mampu Direndam Air
Nah, teknologi switch dengan sensor infra merah itu ternyata mempunyai keunggulan tahan terhadap air. Kenapa? Dilansir dari pc-100.com, ada beberapa alasan logis untuk menjawab kemampuan itu.

Pertama, karena switch ini tidak menggunakan kontak antar medium. Dalam keyboard mekanikal biasa, dibutuhkan kontak antara stem dengan papan PCB di bawahnya untuk memunculkan sinyal. Pada optical sensor switch, “kontak fisik” itu tak dibutuhkan.  Stem hanya perlu melewati “gerbang” sinar infra merah untuk mengaktifkan produksi sinyal.

Kedua, optical sensor switch ini berdiri secara independen. Tak ada kontak sama sekali dengan papan sirkuit keyboard. Antara switch dan PCB keyboard merupakan dua bagian yang terpisah. Dalam switch optical tersebut, tidak ada arus mikro listrik sama sekali, hanya berupa komponen stem yang naik turun.

Hal tersebut menjadi alasan logis kenapa keyboard mekanikal dengan sensor switch infra merah dapat beroperasi meski terkena air. Bahkan, di dalam air pun, keyboard ini masih bisa berfungsi secara sempurna. Masalahnya, siapa yang bakal bermain gim di dalam akuarium raksasa atau sambil diving di Bunaken ya?

Lepas dari tidak adanya Gamer yang mau main gim sambil tenggelam, keyboard ini mempunyai nilai lebih saat berhadapan dengan paparan air. Suatu ketika, kalian tentu bisa saja menumpahkan air di atas keyboard saat bermain gim. Jika hal itu terjadi, kalian tetap bisa meneraskan permainan tanpa harus berhenti dan bergegas mengeringkan keyboard.

Kabar Gembira: Optical Switch Mechanical Keyboard Rexus MX8

Buat kalian yang ingin segera memiliki keyboard dengan teknologi ini, jangan kuatir. Ini bukan sekedar wacana atau mimpi di siang bolong.

Tak lama lagi, Rexus akan merilis produk keyboard mekanikal teranyar yang menggunakan teknologi switch bersensor infra-merah.

Rexus Legionare MX8 akan hadir di tengah-tengah kita dengan switch optic dan beragam keunggulan keyboard mekanikal pada umumnya.

Dan, satu lagi, jangan kuatir soal harga. Produk Rexus tetap terjangkau meski mengadopsi teknologi terkini. So, tunggu kehadirannya.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *