Chipset Snapdragon VS MediaTek. Mana yang Cocok buat Ponsel Gaming?

Gamer, persaingan chipset ponsel didominasi oleh dua merek, yaitu Qualcomm dengan produk Snapdragon dan MediaTek. Keduanya memang banyak digunakan di beberapa merek ponsel masa kini, termasuk pada ponsel gaming.

Sebenarya, selain Qualcomm Snapdragon dan MediaTek, ada chipset lain yang menjadi otak dari beberapa ponsel, yaitu Exynos dari Samsung dan Kirin dari Huawei. Exynos umumnya digunakan dalam produk Samsung, sedangkan Kirin tebatas pada produk Huawei akibat pembatasan dari Google dan Android. Padahal, Kirin merupakan chipset yang tangguh.

Antara Snapdragon dengan MediaTek memang bersaing ketat. Keduanya terus menghadirkan varian chipset yang terus diperbaharui dari waktu ke waktu.

Saat ini, Snapdragon memang masih superior dibandingkan pesaingnya tersebut. Selain karena chipset ini bisa masuk berbagai segmentasi pasar ponsel, Snapdragon memang punya keunggulan di aspek kecepatan pemrosesan.

Perlawanan Sengit MediaTek

Superioritas Snapdragon bukan tanpa batas. MediaTek terus mengembangkan teknologinya agar dapat bersaing di semua kelas ponsel, termasuk ponsel gaming.

Pihak MediaTek mengklaim menawarkan kemampuan yang tidak jauh berbeda dengan Snapdragon. Salah satu contohnya, kita bisa melihat kemampuan chipset MediaTek Helio P90 yang mampu mengungguli Snapdragon di beberapa situs benchmark.

Menurut klaim pihak MediaTek yang dilansir dari infokomputer.grid.id, setidaknya ada 4 keunggulan MediaTek dibanding Snapdragon, yaitu efisiensi daya, sistem co-pilot, multimedia dan AI. MediaTek juga mengklaim lebih mengunggulkan kekuatan AI dalam chip buatannya.

Masih dari sumber yang sama, disebutkan bahwa MediaTek Helio P90 mendapatkan skor tertinggi dalam benchmark AI, yakni 19.496, mengungguli Snapdragon 855 yang mendapatkan skor 18.924.

MediaTek Helio P90 adalah prosesor pertama dari MediaTek yang menerapkan teknologi DynamIQ ARM. Artinya, prosesor itu punya delapan core yang ditempatkan pada satu cluster, bukan dua cluster seperti chipset kebanyakan. main game di ponsel

Perbandingan Chipset Ponsel MediaTek dan Snapdragon

Dari perbandingan yang diulas di Gizchina, kita dapat menemukan perbandingan kedua chipset ini saat diaplikasikan di ponsel, terutama saat digunakan untuk bermain game. Perbandingan tersebut dibedakan dalam dua segmen atau kelas ponsel, yait kelas menengah (midrange) dan kelas unggulan (flagship).

Untuk ponsel kelas menengah, chipset buatan MediaTek mendominasi, khususnya untuk model MediaTek Helio G. Salah satu yang populer adalah Helio G90T yang diluncurkan pada Redmi Note 8 Pro. Chipset ini mampu memberikan kinerja terbaik hingga 60 frame per detik di game PUBG Mobile.

Selain HelioG90T, ada juga Helio G80 dan Helio G85. Sedangkan pesaingnya memiliki model Snapdragon 720G, 720G, dan 662. Chipset tersebut masih kalah dari Helio untuk performa, namun dalam produktivitas Snapdragon tetap unggul.

Jika kebutuhan kamu untuk ponsel gaming kelas menengah, maka Helio G-series bisa menjadi pilihan. Namun, jika ponsel digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti menonton video atau media sosial, maka Snapdragon 765G bisa menjadi pilihan.

Untuk ponsel kelas unggulan, dominasi tetap di tangan Qualcomm. Seri Snapdragon 800 menjadi paling populer untuk saat ini. Prosesor terakhir, Snapdragon 865 menduduki peringkat atas di bawah chipset Kirin 9000.

Belum lama ini, Qualcomm mengumumkan Snapdragon 888 yang digadang menjadi chipset terbaik untuk tahun 2021. Di sisi lain, MediaTek belum memiliki chipset mumpuni untuk kelas unggulan.

Meski begitu, MediaTek juga akan mengeluarkan chipset andalannya untuk 2021. Chipset terbaru ini akan mendukung jaringan 5G. Belum bisa dipastikan kapan chipset tersebut akan muncul, namun kabar chipset andalan ini juga perlu dinantikan.

Foto: Earphone Rexus EZ1

 

Dukungan Perangkat Gaming untuk Ponsel

Chipset memang menentukan kelancaran ponsel saat bermain game atau mengakses multimedia lainnya. Keberadaannya layaknya sebuah otak yang mengoordinir beragam fitur dan pada ponsel.

Di sisi lain, untuk mendapatkan sensasi yang lebih nyaman dan riil saat bermain game di ponsel, kamu perlu menambahkan perangkat gaming pada ponsel gaming kesayangan. Salah satunya adalah dengan menggunakan earphone Rexus EZ1.

Earphone yang dilengkapi dengan teknologi dual driver ini akan menyajikan suara game yang realistis. Dengan dual driver, kanalisasi frekuensi pada earphone ini akan lebih baik untuk earphone di kelasnya.

Jadi, selain kamu menentukan ponsel gaming dengan chipset yang tepat untuk bermain game, apakah itu Snapdragon ataupun MediaTek, kamu perlu melengkapi ponsel gaming dengan earphone yang tepat pula.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published