Langkah Mudah Sambungkan Keyboard Mekanikal ke Ponsel

Foto: Keyboard DAXA M71 Pro

Gamer, mengetik cepat dengan menggunakan jari di ponsel itu sudah biasa, tapi bagaimanapun akan lebih nyaman jika mengetik dengan menggunakan keyboard mekanikal di ponsel. Apakah bisa? Bisa donk.

Fungsi keyboard mekanikal memang sangat membantu untuk menulis di komputer. Selain karena lebih cepat, kamu juga bisa mengetik huruf secara lebih mudah. Hal yang sama juga dapat kamu rasakan jika menggunakan keyboard gaming yang disambungkan dengan ponsel atau smartphone kamu.

Hal ini sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru lagi. Kedua perangkat tersebut memang dapat dikoneksikan sejauh didukung oleh sistem konektivitas yang mendukung.

Konektivitas Kabel dan Nirkabel

Untuk mengoneksikan keyboard gaming ke ponsel, kamu bisa menggunakan konektor berupa kabel ataupun dengan konektor Bluetooth. Dengan konektivitas yang menggunakan kabel, kamu membutuhkan konektor On The Go sebagai konverter antara antar kabel keyboard dengan port USB ponsel.

Mode koneksi lain adalah dengan menggunakan Bluetooth. Koneksi ini tentu yang paling banyak terdapat pada ponsel.

Agar bisa terkoneksi dengan keyboard mekanikal, syaratnya tentu saja keyboard tersebut juga harus mendukung koneksi nirkabel gigi biru itu. Kamu bisa menemukannya pada keyboard DAXA M71 dan DAXA M84. kedua keyboard tersebut didukung koneksi nirkabel berbasis Bluetooth versi 5.0.

Foto: Keyboard DAXA M71 Classic

Langkah Mengoneksikan Keyboard ke Ponsel

Berdasar kedua mode koneksi tersebut, kamu bisa memanjakan jari saat mengetik di ponsel. Yuk, kita pahami langkahnya satu per satu.

  • Menggunakan kabel dengan USB OTG

Tak hanya digunakan untuk PC, keyboard konvensional juga bisa kamu gunakan untuk mengetik di HP. Masalahnya, keyboard jenis ini hanya menyediakan satu kabel dengan port USB Type-B.

Sedangkan, port pada HP didesain dengan menggunakan USB Type-A atau C. Sehingga kamu membutuhkan USB OTG alias On-The-Go, aksesoris ini dapat menyambungkan dua tipe USB apapun.

Kamu bisa menggunakan USB OTG dengan jenis port USB Type-B female dan tipe male yang sesuai dengan port HP kamu. USB ini bisa kamu beli di toko aksesoris HP atau melalui situs belanja online.

Berikut langkahnya:

  1. Masuk ke Additional Settings pada ponsel kamu.
  2. Pilih Language and Input
  3. Pilih Physical Keyboard
  4. Muncul nama atau notifikasi keyboard yang kamu koneksikan dan keyboard pun tersambung dengan mudah.

Catatan: Pada umumnya, semua ponsel pintar yang sudah mendukung fitur OTG bisa dikoneksikan dengan keyboard. Sayangnya, ada beberapa tipe ponsel yang tidak bisa dikoneksikan dengan keyboard. Untuk memastikannya, kamu bisa menggunakan aplikasi OTG checker.

  • Menggunakan koneksi Bluetooth

Selanjutnya adalah menyambungkan keyboard bluetooth dengan ponsel. Cara yang bisa kamu lakukan sangat mudah dan tidak membutuhkan bantuan USB OTG sama sekali.

Kamu bisa ikuti langkah mudahnya berikut ini:

  1. Nyalakan Bluetooth kedua perangkat.
  2. Refresh Bluetooth agar memindai perangkat Bluetooth lain yang ada di sekitarnya.
  3. Lakukan pairing. Untuk keyboard DAXA, kamu bisa menggunakan bantuan tombol cepat Fn + P untuk melakukan penyambungan.

Catatan: Untuk menggunakan koneksi Bluetooth, keyboard harus mempunyai daya baterai yang cukup. Karenanya, pastikan kamu selalu mengisi ulang daya keyboard nirkabel kesayangan kamu sebelum menggunakannya.

Demikian cara mudah mengoneksikan keyboard mekanikal ke ponsel. Dengan menggunakan keyboard untuk mengetik di ponsel, kamu bisa melakukan pekerjaan melalui ponsel dengan lebih mudah.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published