Foto: Guidingtech

Gamers, buat kalian yang menyukai game perang atau First Person Shooter game (FPS game), seperti Counter Strike ataupun Point Blank, membidik lawan adalah hal yang harus kalian kuasai. Semakin kamu jitu membidik dengan menggunakan kursor yang digerakkan oleh mouse, semakin banyak target yang bisa kalian robohkan.

Tapi, jangan dikira jika membidik target adalah hal yang mudah. Bahkan, tidak semua orang bisa membidik secara jitu. Itulah sebabnya dalam sebuah tim ada anggota tim yang ditugasi sebagai sniper karena mempunyai kemampuan lebih dalam membidik.

Sulit bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Kalian bisa meningkatkan kemampuan membidik target dengan sebelumnya mempelajari faktor-faktor yang memengaruhi tingkat kejituan bidikanmu.

Setidaknya, ada tiga faktor yang menentukan tingkat kejituan bidikan kita saat bermain game. Apakah itu? Faktor hardware, software, dan skill. Yuk, kita bahasa satu per satu.

Faktor Hardware
Yang dimaksud dengan faktor hardware adalah peralatan gaming yang kalian gunakan. Peralatan yang paling penting untuk membidik adalah gaming mouse. Agar mendapatkan bidikan dengan tingkat akurasi dan kecepatan tinggi, kalian membutuhkan gaming mouse yang mempunyai kemampuan bidikan yang bagus.

Rexus-titanix-TX3

Saat ini, ada banyak pilihan gaming mouse yang ada di pasaran. Buat kalian yang suka bermain game perang yang membutuhkan tingkat akurasi bidikan yang tinggi, pilih tipe shooter mouse.

Biasanya, shooter mouse mempunyai tombol-tombol yang sederhana dengan tombol untuk menembak di sebelah kiri. Bentuk shooter mouse relatif sederhana, dengan hanya mengandalkan 3 tombol.

Buat kalian yang menyukai permainan sniping, kalian bisa menggunakan Rexus Titanix TX3. Bentuk mouse ini agak lebar dan mempunyai lengkungan agak tinggi sehingga menyangga telapak tangan dengan baik. Bentuk seperti ini membuat ketiga jari kita dapat bergerak lebih leluasa.

Mouse ini juga sudah dilengkapi dengan sniping mode button yang membantu pengguna membidik target yang diinginkan, dengan tingkat DPI yang bisa diatur pada level 500. Tombol sniping ini dapat diaktifkan dengan mudah, yaitu dengan memencet tombol sebelah kiri. Dibandingkan dengan shooter mouse merek lain yang harganya relatif mahal, Rexus TX3 cukup handal digunakan saat bermain FPS game.

Faktor Software
Setelah mendapatkan mouse yang tepat, saatnya kita bekali kemampuan membidik target dengan mengatur perangkat lunak di komputer alias software.

Caranya adalah dengan mengatur tingkat sensitivitas kursor mouse. Bisa dengan membuatnya lebih cepat atau lebih lambat, tergantung reaksi tangan pengguna.

Untuk mengatur software di komputer, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan, yaitu:

– Untuk FPS game, biasanya para pemain menon-aktifkan fitur mouse acceleration dalam Windows. Biasanya cara ini digunakan jika kalian tidak menggunakan mouse yang sudah dilengkapi software.

– Jika kalian mempunyai mouse yang disertai software bawaan, maka instal software-nya dan temukan fitur pengaturan DPI dalam software mouse tersebut. Khusus untuk FPS game yang membutuhkan tingkat akurasi bidikan, pilih tingkat DPI di level yang paling rendah.

Untuk mendapatkan tingkat DPI rendah, kalian bisa menggunakan gaming mouse Rexus Titanix TX9 yang tingkat DPI rendahnya bisa di level 250.

– Sesuaikan tingkat DPI untuk masing-masing senjata. Contohnya, kalian bisa menggunakan pengaturan DPI 250 atau 400 untuk senjata intai laras panjang. Tapi, kalian juga bisa mengatur DPI tinggi (800 – 1000) untuk senjata serbu yang biasa digunakan pada perang jarak pendek. Kemudian, simpan setting-an tersebut di Profile 1, 2, 3, dan seterusnya sehingga kalian tinggal menyesuaikan keadaan.

Faktor Skill
Ini jelas tak kalah penting. Faktor skill atau ketrampilan membidik hanya bisa diperoleh dengan latihan terus menerus. Keahlian membidik sangat ditentukan oleh kecepatan reaksi, ketepatan penglihatan, dan ketenangan dalam membidik. Ketiganya itu hanya bisa diperoleh dengan berlatih.

Untuk meningkatkan level latihan, kamu bisa mengunduh aplikasi yang akan mengasah keahlian kamu membidik dengan menggunakan mouse. Kalian bisa menggunakan aplikasi Aim Hero.

Aplikasi tersebut berguna untuk menyelaraskan antara koordinasi mata dengan gerakan tangan. Tersedia beberapa level yang akan terus meningkat seiring bertambahnya keahlian kalian membidik target.

Saat berlatih dengan menggunakan Aim Hero, pastikan setting-an DPI mouse kamu selalu konsisten. Tujuannya adalah saat bermain di game sesungguhnya, kalian terbiasa menggunakan setting-an DPI yang sudah kalian atur.

2 replies

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] satu developer yang diketahui terkena serangan malware tersebut adalah Zepetto, dengan game bergenre FPS terpopuler, Point Blank. Developer lainnya adalah Electronics Extreme dengan game […]

  2. […] usai penyerangan brutal di dua masjid tersebut. Pelaku penyerangan disebut-sebut terinspirasi dari game bergenre FPS […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *