Rexus Thundervox FX1

Gamers, beberapa dari kalian tentu sudah tahu produk headset Bluetooth Rexus Thundervox FX1. Produk ini memang punya desain yang khas, berbeda dengan produk headset lainnya. Desainnya yang modern disesuaikan dengan bentuk earcup oval bertipe over-ear yang melingkupi telinga secara sempurna.

Rexus FX1 dilengkapi dengan dual konektivitas, yaitu dengan menggunakan kabel AUX 3,5mm dan koneksi nirkabel berteknologikan Bluetooth. Dengan dua mode konektivitas tersebut, headset ini sangat pas digunakan untuk bermain mobile gaming dan mengakses multimedia di manapun dan kapanpun. Sangat praktis.

Keunikan #1 : Koneksi Bluetooth

Bluetooth headset ini berteknologi Bluetooth versi 4.2 yang lebih irit energi dibanding versi sebelumnya. Untuk mengoneksikannya, ada cara khusus loh. Caranya adalah dengan menekan tombol >II selama 10 detik sampai lampu indikator berwarna biru dan merah berkedip secara bergantian. Pokoknya lampu merah dan biru harus sampai berkedip-kedip agar bisa pairing ke gadget kamu. Catat ya, Guys!

Keunikan #2 : Lampu LED

Headset ini menarik karena mempunyai lampu LED berwarna biru yang akan menyala saat disambungkan ke komputer. Tapi, buat kalian yang justru tidak suka dengan kehadiran lampu tersebut, atau kalian yang ingin mematikan lampu itu agar lebih irit baterai, maka kalian tinggal menekan tombol berlogo lampu yang disilang di deretan panel kontrol yang ada di speaker headset sebelah kiri.

Keunikan #3 : Switch I – N

Selain itu ada fitur unik lain yang jarang dimiliki oleh headset lain. Fitur itu adalah switch I – N yang terdapat pada panel kontrol kabel AUX. Yuk, kita jelasin fungsinya.

I dan N itu sebenarnya merupakan singkatan dari “I” untuk Iphone dan “N” untuk Nokia. Jadi, ada dua standar internasional yang membedakan titik konduktor jack 3,5mm. Standar itu adalah standar Amerika atau American Headset Jack (AHJ) dan standar non Amerika atau Open Mobile Terminal Platform (OMTP). I atau Iphone menggunakan standar Amerika, tentunya. Sedangkan, N atau Nokia menggunakan standar OMTP atau sering disebut platform terbuka.

Dijelaskan secara mudah, perbedaan keduanya terdapat pada titik konduktor ground atau (-) dan mikrofon pada jack. Jika pada standar OMTP, letak ground (-) berada di pangkal colokan dan titik mikrofon berada di titik di atasnya, maka pada standar Amerika, justru titik mikrofon yang berada di pangkal colokan.

Apa risikonya jika menggunakan kabel AUX tanpa dipindah sesuai standarnya? Ada beberapa headset hanya bunyi sebelah, suara tidak jelas, atau mikrofon tidak berfungsi. Itu semua menandakan bahwa status koneksi tidak mendukung peralatan yang digunakan.

Jadi, buat kalian yang menggunakan FX1 dengan dikoneksikan ke Iphone – termasuk Ipod – menggunakan kabel AUX bawaannya, ubah switch-nya ke posisi “I”. Namun jika dikoneksikan dengan ponsel Android atau pemutar MP3 lainnya, pastikan posisi switch di huruf “N”

Cara ini tidak berlaku jika kalian mengkoneksikannya dengan Bluetooth ya, Guys. Selamat mencoba dan selamat menggunakan headset Rexus FX1.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *