Gamers, sering kali kita membaca tulisan “Gold Plated USB Connection” dalam kemasan berbagai peralatan elektronik yang menggunakan colokan USB. Produk gaming pun banyak yang menggunakan tulisan itu pada konektor USB-nya.

Pertanyaannya, apakah pernyataan di tulisan itu benar? Apakah benar sebuah colokan USB menggunakan lapisan emas? Okelah. Yuk, kita andaikan bahwa sebuah produsen perangkat gaming menggunakan lapisan emas pada colokan USB mouse gaming-nya.

Saat ini, harga emas 24K di Indonesia, berdasarkan harga jual dari perusahaan Aneka Tambang (Antam), ada di kisaran Rp580.000,- per gram. Seandainya dibutuhkah setengah gram untuk melapisi sebuah USB, maka, ongkos produksi untuk emasnya saja sudah mencapai Rp240.000.

Jika produsen mouse itu menjual mouse gaming-nya di kisaran Rp500.000, maka menurut kalian apakah produsen mouse gaming tersebut akan mendapatkan untung? Tentu saja, produsen akan berpikir 2 – 3 kali lipat untuk menggunakan emas murni sebagai lapisan logam pada konektor USB.

Kenapa Emas?
Penggunaan logam emas dalam perangkat elektronik memang sudah jarang. Hal itu tak bisa dilepaskan dari sifat logam emas yang merupakan logam penghantar listrik yang baik (konduktor).  Menurut daftar yang dirilis oleh allmetalsfab.com, emas murni merupakan bahan semi-konduktor terbaik nomor 3, setelah perak murni dan tembaga murni.

Lalu, kenapa  emas selalu disebut sebagai penghantar listrik terbaik, padahal peringkatnya nomor 3? Karena emas mempunyai karakteristik lain yang tak dimiliki oleh logam lain, yaitu anti korosi atau karat. Silver dan tembaga memang lebih bagus dalam menghantarkan listrik daripada emas, tapi mereka rentan akan karat sehingga mudah rusak.

Itulah kenapa emas jadi pilihan utama para produsen semi-konduktor dalam menciptakan kabel, konektor, atau perangkat penyalur listrik lainnya. Ada produsen yang memang benar-benar menggunakan campuran emas murni dalam produknya, namun banyak pula produsen yang sekedar mencantumkan “gold plated” sebagai alat atau bahasa marketing semata.

Gold Plated USB
Lalu, apakah memang ada konektor USB yang terbuat dari emas murni? Kemungkinan ada produsen yang membuat produk itu. Salah satunya adalah sebuah perusahaan dari Saudi Arabia, Jamil Pure Gold.

Perusahaan ini memang dikenal sebagai salah satu produsen peripheral yang menggunakan emas sebagai bahan utamanya. Namun, produk dari Jamie Pure Gold lebih berfungsi sebagai souvenir atau perhiasan daripada berfungsi sebagai peralatan. Salah satu produk USB-nya digunakan oleh artis Kate Moss, yang dibanderol sekitar 10 juta Rupiah!

Bagaimana dengan peralatan gaming yang diklaim menggunakan lapisan emas pada USB-nya? Menurut gamersnexus.net, itu hanyalah “bahasa marketing” atau “gimmick” yang digunakan para produsen peralatan gaming. Tujuannya adalah untuk meyakinkan bahwa produk gaming-nya mempunyai kualitas yang koneksi sinyal elektronik  yang bagus dan stabil.

Jika pun ada yang benar-benar menggunakan lapisan emas, maka yang dilapisi emas adalah salah satu pin di dalamnya. Itupun dalam kadar dan jumlah yang sangat kecil.

Jadi, bukan selongsongnya loh ya. Jika kamu melihat ada selongsong USB yang berwarna kekuning-kuningan, bukan berarti USB itu berlapis emas. Biasanya, itu dibuat dengan campuran kuningan atau logam lain yang berwarna kuning.

Menurut Steve Burke, Editor in Chief Gamer Nexus, efek penggunaan lapisan emas pada USB tidaklah signifikan. Rata-rata kecepatan transfer sinyal dari peranti gaming ke RAM komputer adalah 1000 Hz. Kecepatan itu lebih ditentukan oleh kemampuan chip mouse, RAM, ataupun VGA card komputer kamu. Efek yang dihasilkan dari kualitas USB tidak begitu berarti.

foto: gamenexus.net


Memahami Bahasa Marketing

Lalu, apakah dengan begitu “bahasa marketing” itu menipu? Tidak bisa juga disimpulkan seperti itu. Bahasa yang digunakan dalam sebuah produk merupakan sebuah seni untuk menonjolkan kemampuan produk yang ditawarkan.

Sebagai contoh, dalam kardus kemasan mouse Rexus TX3 atau seri TX lainnya tertulis USB 2.0 Gold. Itu mempunyai maksud bahwa USB konektor mouse tersebut menggunakan campuran emas. Berapa kadar dan jumlahnya? Sampai saat ini belum ada pembuktian empiris.

Rexus-titanix-TX3

Intinya, bahasa marketing ingin menonjolkan materi produk dalam kaitan dengan fungsinya.  Konektor USB Rexus TX3 disebut menggunakan emas ingin menunjukkan bahwa mouse tersebut mempunyai daya hantar sinyal mikro elektrik yang baik.

Sekarang, tinggal bagaimana kamu sebagai penguna menjadi seorang konsumen yang cerdas. Ketahui seluk beluk spesifikasi produk yang hendak kamu beli. Jangan ragu untuk menanyakan ke produsen terkait. Khusus untuk produk Rexus, silahkan berdiskusi di nomor Call Center 0822 1100 8668.

So, be a Smart Gamer, Guys!

 

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *