Menyentuh wajah menyentuh wajah Hindari Kebiasaan Menyentuh Wajah Saat Main Game di Masa Pandemi sentuh wajah 600x347

Foto: Today.com

Gamer, saat bermain game, kebiasaan menyentuh muka sering kali kita lakukan tanpa sadar. Wajar, hal itu merupakan reaksi spontan saat mata terasa pegal ataupun syaraf-syaraf di muka terasa tegang saat menatap komputer atau ponsel gaming.

Sebelum wabah Covid-19, kebiasaan tersebut merupakan hal biasa yang tidak berefek apapun. Tapi, sejak pandemi, kebiasaan tersebut merupakan salah satu kebiasaan yang harus kita hindari.

covid-19 menyentuh wajah Hindari Kebiasaan Menyentuh Wajah Saat Main Game di Masa Pandemi vaksin covid 600x338

Hindari Kebiasaan Menyentuh Wajah Saat Pandemi

Kenapa harus kita hindari? Para ahli meyakini bahwa kebiasaan menyentuh wajah menjadi cara utama penularan virus Corona.

Dokter Erlina Burhan, M. Sc, SpP (K), dokter spesialis paru dan juru bicara RS Persahabatan, Jakarta, menerangkan bahwa dengan menyentuh wajah, terutama bagian mata, hidung, dan mulut, virus Corona yang semula menempel di tangan dapat masuk ke tubuh manusia dan menginfeksi penderita.

Karenanya, dia menghimbau agar orang mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan menyentuh, menggaruk, menggosok, ataupun menyeka muka dengan tangan yang belum dicuci dengan sabun.

Dokter Erlina bukan satu-satunya ahli medis yang menganjurkan untuk tidak menyentuh wajah. “Menyentuh selaput lendir di wajah dengan tangan kotor memungkinkan kuman yang menyebabkan infeksi pernapasan masuk ke dalam tubuh,” demikian pernyataan Asosiasi untuk Profesional dalam Pengendalian Infeksi dan Epidemiologi (APIC) AS, dilansir Fox News.

menyentuh wajah Hindari Kebiasaan Menyentuh Wajah Saat Main Game di Masa Pandemi masker 600x337

Kebiasaan Menyentuh Wajah Sulit Dihindari

Masalahnya, kebiasaan ini bukanlah hal yang gampang dihindari. Apalagi buat kita yang sedang konsentrasi bermain game, tentu saja kita secara reaktif akan langsung menyentuh wajah saat terasa ada sesuatu di mata atau wajah kita.

Satu penelitian menemukan bahwa orang memegang wajah mereka rata-rata 23 kali dalam satu jam.

Bahkan menurut psikolog Natasha Tiwari, seperti dikutip dari laman mirror.co.uk, kebiasaan ini sangatlah sulit dihindari karena sejak masih janin di dalam rahim, kita sudah menyentuh wajah. Pasalnya, DNA manusia terancang untuk sering menyentuh wajah, bahkan tanpa disadari.

Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang mempunyai banyak syaraf sehingga sensitif. Bagian tubuh lain yang dipenuhi syaraf adalah bagian sekitar payudara pada wanita dan bagian alat kelamin.

Bedanya, payudara dan alat kelamin cenderung tertutup sehingga tidak mudah terpapar benda dari luar, sedangkan wajah langsung menerpa udara luar sehingga mudah muncul rasa gatal dan tak nyaman.

hand sanitizer menyentuh wajah Hindari Kebiasaan Menyentuh Wajah Saat Main Game di Masa Pandemi hand sanitizer11 600x337

Akali Kebiasaan  Menyentuh Wajah Saat Bermain Game

Seperti diungkap di atas, bermain game dengan melototi layar ponsel atau komputer berpotensi membuat mata pegal, otot wajah jadi tegang, hingga keringat menetes. Tanpa sadar, kita akan langsung menyekanya dengan menggunakan telapak tangan sehingga wajah tersentuh oleh tangan yang belum tentu bersih.

Hal itu tentu meningkatkan potensi terjadinya kontaminasi virus Corona ke area wajah. Saat berada di wajah, virus pun akan masuk ke saluran pernafasan melalui mata, hidung, ataupun mulut.

Untuk menghindari kemungkinan tersebut, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, yaitu:

1.  Pastikan tangan steril sebelum memegang peralatan gaming

Cara ini menjadi cara dasar yang harus kita lakukan agar tidak ada kuman atau virus yang bisa mengontaminasi wajah. Bersihkan tangan dengan mencuci tangan selama 20 detik terlebih dahulu.

Sebelum memegang ponsel atau peralatan gaming lain, biasakan untuk mengoleskan hand sanitizer ke kedua telapak tangan. Itu bertujuan agar tangan steril sebelum bermain game.

2. Bersihkan juga peralatan gaming

Selain membersihkan tangan sebelum bermain game, kamu juga perlu untuk membersihkan peralatan gaming sebelum kamu gunakan. Cara paling mudah adalah dengan mengelapnya dengan tisu atau lap bersih yang sudah dibasahi dengan alkohol atau cairan pembersih lainnya.

3. Biasakan untuk beristirahat sebentar

Saat bermain game, biasakan untuk berhenti sebentar setelah sekitar 10-20 menit. Tujuannya adalah untuk menyegarkan wajah dan mata sekaligus.

Saat rehat, kamu bisa membasuh tangan dengan hand sanitizer sebelum memijit ringan area wajah dan mata yang tegang. Setelah itu, baru kembali kamu main lagi.

4. Sediakan handuk kecil bersih untuk menyeka wajah

Buat kamu yang punya keringat berlebih, kamu bisa menyediakan handuk kecil bersih didekat kamu saat bermain game. Itu akan memudahkan kamu untuk menyeka keringat di wajah. Lebih aman daripada menggunakan telapak tangan telanjang.

5. Pakai masker saat main game

Menggunakan masker saat bermain game akan membantu kamu untuk tidak menyentuh langsung area wajah dengan menggunakan tangan telanjang. Cara ini juga bisa membatasi kebiasaan spontan untuk menyentuh wajah.

Gamer, cara di atas tentu bisa kamu tambahi sendiri sesuai dengan kebiasaan kamu. Prinsipnya, hindari menyentuh wajah saat bermain game dengan tangan kotor.

Hal tersebut merupakan salah satu langkah kecil yang bisa kita lakukan agar terhindar dari paparan virus Corona penyebab Covid-19. Jangan kendorkan kewaspadaan ya, Gaess! Demi diri sendiri dan orang-orang yang kamu sayangi.

Stay heatlh, Stay Safe!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *