Rexus Gladius GX2

Gamers, seiring makin banyaknya  pemain mobile gaming, ponsel atau HP beralih fungsi menjadi “komputer gaming” yang harus bisa dikoneksikan dengan perangkat tambahan lain, seperti headset ataupun gamepad. Untuk mengoneksikannya, kalian membutuhkan USB On The Go atau sering disebut USB OTG.

Untuk mengenal apakah itu USB OTG, kita harus membedakannya menjadi dua, yaitu USB OTG sebagai sebuah teknologi yang ada di dalam ponsel dan converter USB OTG atau sambungan USB agar teknologi USB OTG bisa bekerja.

Jadi, jangan sampai rancu ya. Yuk, kita bahas satu per satu.

Teknologi USB OTG
Fitur USB On The Go adalah sebuah teknologi yang menjadikan ponsel kamu untuk bertindak sebagai host atau pengendali, yang mengendalikan perangkat yang menggunakan koneksi USB seperti headset, gamepad, mouse, atau keyboard secara penuh.

Seperti kalian ketahui, banyak perangkat gaming yang sudah menggunakan software atau perangkat lunak, seperti  gamepad GX1/GX2 dan headset HX10. Dengan menggunakan fitur USB OTG, ponsel kamu dapat mengakses dan mengenali pengaturan softaware untuk perangkat tersebut. Artinya, dengan USB OTG, pengaturan yang ada di perangkat gaming bisa optimal.

Gampangnya, dengan fitur USB On The Go ini, smartphone/tablet kamu bisa melakukan kegiatan layaknya laptop atau PC Desktop sehingga membaca data dari flashdisk atau card-reader, serta menyambungkan HID (Human Interface Devices) seperti headset, mouse, keyboard, serta gamepad.

Apakah Ponsel Saya Mendukung USB On The Go?
Pertayaan selanjutnya adalah apakah ponsel kita mendukung fitur USB OTG? Saat ini, hampir semua ponsel berbasis android keluaran baru sudah mendukung fitur USB OTG. Cara yang paling mudah untuk memastikannya adalah dengan melihat logo “Certified USB OTG” yang ada di kemasan.

Cara mudah lain untuk mengetahui apakah ponsel kamu sudah didukung USB OTG adalah dengan menggunakan aplikasi pengecek USB OTG. Banyak aplikasi gratisan yang bisa diunduh di Google Play Store. Salah satunya adalah Easy OTG Checker. Kamu tinggal mengunduhnya dah mengoperasikan di ponselmu.

Ponsel Samsung yang sudah mendukung USB OTG antara lain adalah Samsung Galaxy S9 dan S9+, Galaxy S8 dan S8+, Galaxy A8 dan A8+, Galaxy J5, J3 Pro, Galaxy J5 Prime, Galaxy J7 Prime, Galaxy A9 Pro, Galaxy A7, Galaxy S5, Galaxy J1, Galaxy E5, dan lain sebagainya.

Ponsel Asus yang sudah mendukung USB OTG antara lain adalah ZenFone: ZenFone 4 series, ZenFone 5 series, ZenFone 6 series, ZenFone 2 series, ZenFone 2 Laser series, ZenFone Selfie (ZD551KL), ZenFone C (ZC451CG), PadFone (A66), PadFone 2 (A68), PadFone E (A68M), PadFone Infinity (A80), PadFone Infinity Lite (A80C), PadFone mini LTE (PF451CL), PadFone mini 4.3 (A11), PadFone S (PF500KL), The new PadFone Infinity (A86). Fonepad Note 6 (ME560CG), Fonepad 7 LTE (ME372CL), Fonepad 7 (FE375CG), Fonepad 7 LTE (FE375CL), Fonepad 8 (FE380CG).

Ponsel Oppo yang sudah mendukung USB OTG antara lain adalah Find 5, Mirror 5s, N1,R7 Plus, R7s, Find 7, Find 7a, N1 mini, R1L, Yoyo, Neo 3, Neo 5, F1 Plus, Find X.

Ponsel Vivo yang sudah mendukung USB OTG antara lain adalah X3, Xplay, V3, V3Max, V5 Series, Vivo Y21, NEX Series

Ponsel Xiaomi yang sudah mendukung Redmi 1S,Redmi 2, Redmi 2 Prime, Redmi 3/3S/3A, Redmi 3 Pro, Redmi 4 Series, Redmi 5 Series, Redmi Note, Redmi Note 2, Redmi Note 3 Series, Redmi Note 4 Series, Redmi Note 5, Redmi Note 6, Redmi 5A, Redmi 5A Prime, Redmi Pro, Mi 3, Mi 4, Mi 4i, Mi 4c, Mi 5, Mi 5c, Mi 5X, Mi 6, Mi 8 Series, Mi Max, Mi Max 2, Mi Note/Pro, Mi Mix Series, Mi A1 Android One, Mi A2 Series, Mi Pad, Mi Pad 2, Mi Pad 3, Mi Pad 4, Pocophone F1

Converter USB OTG
Selanjutnya, jika kalian sudah memastikan HP atau ponsel kalian sudah didukung fitur USB OTG, maka sekarang tinggal mengoneksikannnya dengan converter USB OTG. Coverter ini penting karena jarang ada perangkat gaming, seperti headset ataupun gamepad yang menggunakan koneksi micro USB atau Type C. Kebanyakan menggunakan colokan USB 2.0 atau 3.0 yang gede. Jadi, kamu butuh converter untuk menyambungkan USB headset dengan port USB HP kamu.

Converter OTG akan berfungsi sebagai sambungan kabel sekaligus mengakomodasi fitur USB OTG yang ada di ponsel kamu. Tidak seperti sistem USB konvensional, USB OTG dapat bertindak sebagai perangkat USB normal ketika terpasang ke host lain.

Nah, sekarang sudah paham apa yang dimaksud dengan USB OTG, bukan? Biar makin GG main mobile gaming, kalian harus tahu hal ini, Bro.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *