Rexus-titanix-TX3

Kalian pasti tak asing lagi dengan fitur yang dibenamkan dalam sebuah mouse ini. Ya, fitur macro. Saat ini, makin banyak tipe mouse yang menawarkan fitur macro, terutama pada mouse gaming tipe advanced. Dari namanya, kita sering keliru menyangka bahwa fitur ini digunakan untuk memperbesar obyek. Bukan itu fungsinya, ternyata. Hmm, jadi apa sih fungsi fitur macro?

Fitur macro adalah fasilitas pada gaming mouse macro yang memungkinkan pengguna melakukan beberapa aksi sekaligus dengan memencet tombol yang ada di mouse macro. Aksi sekaligus itu dapat mewakili beberapa “klik” dalam satu kali tekan.

Misalnya, jika biasanya kamu ingin menembak obyek dengan meng-klik tombol berkali-kali, dengan tombol macro, kamu hanya perlu memencet sekali saja untuk memberondong musuh secara lebih cepat. Sebagai contoh, dalam permainan Point Blank, kamu bisa menggunakan klik kiri – delay – tombol Q – delay – tombol Q.

Cara Kerja Mouse Macro
Pada dasarnya, mouse macro memberikan “perintah” kepada komputer agar dapat melakukan gerakan seperti yang kehendaki oleh pengguna. Untuk memberi perintah tersebut, mouse macro dilengkapi dengan software yang bisa di-download dalam CD driver yang disertakan di kemasan pembelian.

Software tersebut kemudian akan disinkronkan dengan chipset yang ada dalam mouse. Mouse makro dilengkapi dengan chip pengontrol di dalamnya, biasanya memiliki memori sekitar 128 Kb atau lebih. Memori ini berfungsi untuk menyimpan jenis pengaturan yang dilakukan di driver mouse.

Setting Fitur Macro Mouse Rexus
Untuk mengatur chip pengontrol tadi, digunakanlah bahasa pemrograman yang ditanamkan pada chip. Saat membeli mouse makro kita akan dapati mini CD untuk yang berisi aplikasi untuk menanamkan program pada chip pengontrol, seperti pada Macro Mouse Rexus Titanix-TX3.

Untuk macro mouse tipe Titanix TX7, TX5, TX8, TX3, TX2, TX 9, TX10, Mouse VR3, Xierra X8, Xierra X9, dan Xierra X11, software-nya dapat diperoleh dengan mengunduhnya di rexus.id/dukungan.

Melalui aplikasi ini, bahasa perintah  atau script pemrograman dituliskan ke memori chip pengontrol, bukan pada komputer kamu. Nah, saat digunakan, program perintah tersebut disinkronkan dengan settingan mouse di komputer. Jadi, settingan yang kamu buat di software tersebut tidak mengubah settingan pada komputer kamu.

Berikut tutorial umum menyeting fitur macro pada gaming mouse Rexus:
1. Unduh atau download software sesuai tipe mouse kamu.
2. Colokkan mouse kamu ke komputer atau laptop yang hendak kamu gunakan bermain.
3. Buka driver software dan akan muncul penampakan user inferface.
4. Sesuaikan settingan dengan kebutuhan permainan kamu.
5. Atur Left Button, Right Button, dan Middle Button sesuai kenyamananmu.
6. Atur pula tingkat DPI-nya.
5. Jangan lupa untuk menyeting delay-nya. Untuk permainan Point Blank, banyak pengguna yang menggunakan delay 150ms/ 200ms.

Satu Settingan untuk Satu Jenis Permainan
Settingan fitur macro yang kamu buat di software driver mouse macro bersifat customized. Artinya, disesuaikan dengan kenyamanan kamu saat bermain game. Dalam software tersebut, kamu bisa menyeting Report rate, sensitivitas mouse, kecepatan scrolling, dan kecepatan ketukan klik.

Pada permainan shotgun, misalnya, apabila mouse telah diatur, ketika telunjuk kanan menekan tombol makro maka mouse memberikan sinyal kepada PC bahwa user menekan tombol klik kiri, dan Q 2x secara cepat sehingga kecepatan tembakanmu jadi lebih cepat dan tepat.

Pengaturan itupun kemudian bisa kamu simpan dalam Profile. Dalam software mouse macro Rexus, terdapat 5 pilihan profile yang masing-masing bisa berupa pengaturan yang kamu sesuaikan dengan tipe permainan yang akan dimainkan, entah untuk Point Blank, DoTA, atau permainan lain. Beda permainan, beda pula script perintah yang digunakan untuk mengatur fitur macro.

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *