Gamer, jika kalian perhatikan dengan seksama, hampir sebagian besar produk gaming yang kalian gunakan menggunakan material yang terbuat dari plastik. Mulai dari mouse, tombol keyboard, hingga dome headset yang kalian gunakan.

Plastik memang menjadi material yang paling banyak digunakan untuk industri elektronik. Setidaknya, ada dua alasan mengapa plastik sering digunakan dalam produk elektronik. Pertama, karena plastik merupakan bahan  isolator yang tidak menghantarkan listrik sehingga lebih aman digunakan oleh manusia.

Kedua, material plastik terkenal kuat namun ringan sehingga cocok untuk diaplikasikan dalam peralatan elektronik, khususnya pada tombol keycap keyboard.

Keyboard Rexus MX5.2 keyboard Kenali Perbandingan Bahan Keycap Keyboard PBT dan ABS. Gamer Wajib Tahu! Gallery 9 600x600

Foto: Keyboard Rexus MX5.2

Dominasi Bahan ABS dan PBT di Industri Keyboard

Dari jenisnya, ada beberapa macam plastik. Masing-masing mempunyai karakteristik tersendiri.  Khusus untuk tombol keycap keyboard, jenis plastik ABS dan PBT adalah material yang paling banyak digunakan.

Keduanya sekilas mirip. Tetapi, jika dilihat dan diteliti secara seksama, keduanya mempunyai perbedaan yang cukup signifikan, terutama akan semakin terasa saat digunakan.

ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene)
ABS merupakan singkatan dari Acrylonitrile Butadiene Styrene. Jenis plastik inilah yang paling banyak digunakan sebagai bahan pembuat tombol keycap keyboard, seperti pada sebagian besar tombol keyboard Rexus dan DAXA.

Biaya bahan baku dan produksi ABS relatif terjangkau dan sifatnya yang memungkinkan untuk diproses dengan metode double shot injection molding jadi alasan kenapa produsen keyboard banyak menggunakan jenis material ini.

Karakteristik material ABS:

  • Keras dan kuat.
  • Tahan terhadap suhu (panas ataupun dingin).
  • Tahan terhadap cairan kimia.
  • Setelah dilapisi dengan lapisan UV, keycap berbahan ABS akan tampak berkilau.

PBT (Polybutylene Terephthalate
Jenis plastik PBT menjadi salah satu jenis plastik yang mulai banyak digunakan sebagai material keycap keyboard masa kini. Sebenarnya, material ini sudah lama ada, tetapi karena proses pembentukannnya yang lebih rumit, material ini cenderung lebih mahal.

Untuk keycap keyboard, material memiliki perbedaan sensasi saat digunakan dibandingkan dengan ABS. Karena relatif lebih tebal dan sedikit kasar, keycap dengan material ini lebih disukai buat para gamer yang menginginkan sensansi suara yang lebih mantap, dengen tekstur permukaan keycap yang relatif tidak mudah berminyak.

Karakteristik:

  • Jenis plastik ini lebih keras dibanding dengan jenis ABS.
  • Tahan terhadap abrasi cairan kimia.
  • Lebih berat dari ABS dan jenis material plastik lainnya.
Keyboard Rexus MX9P Pudding Keycaps keyboard Kenali Perbandingan Bahan Keycap Keyboard PBT dan ABS. Gamer Wajib Tahu! WL MX9P 01 600x248

Foto: Keyboard Rexus MX9P Pudding Keycaps

 Perbandingan ABS dengan PBT

Sebelum membandingkan kedua jenis material tersebut lebih jauh, perlu diketahui bahwa kedua material tersebut sebenarnya semakin lama semakin tidak bisa dibedakan. Ada beberapa keyboard yang menggunakan material keycap ABS tetapi sensasinya seperti menggunakan PBT. Salah satunya dapat kamu temukan pada keyboard DAXA M71 Pro.

Meski demikian, memang ada perbedaan karakteristik dan harga dari keduanya. Untuk memudahkan dalam membandingkannya, simak tabel berikut.

   Keycap ABS Keycap PBT
Harga Biasanya lebih murah Mahal
Tampilan permukaan Cenderung berkilau Lebih bersifat doff
Tekstur permukaan Halus, licin Kesat, bertekstur
Ketebalan Cenderung lebih tipis Lebih tebal
Sensasi suara ketukan Lebih lembut Lebih keras (garing)
Fleksibilitas Lebih fleksibel Lebih solid dan kaku
Ketahanan Tergantung pemakaian Lebih tahan lama

Dengan perbandingan tersebut, kita bisa memilih keycap apa yang cocok dengan selera kita. Keduanya sama-sama punya keunggulan dan kekurangan.

Meski saat ini banyak merek keyboard dengan menggunakan keycap ABS, tetapi kamu tetap bisa memodifikasinya kok. Apalagi mayoritas keyboard mekanikal moderen ini sudah mendukung teknologi hot-swappable, seperti lini produk keyboard DAXA M71 dan M84.

Dengan teknologi tersebut, kamu bebas mengganti-ganti switch dan keycap yang sesuai, bahkan menggantinya dengan keycap artisan yang unik. Bebas, mau ganti sebagian atau semua keycap keyboard kamu. Mudah, bukan?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.