mx3.2 closeup

Gamer, ada beragam keyboard gaming dari berbagai merek yang ada di pasaran. Dari sebanyak itu, tentu yang paling sering kita temui tentu adalah keyboard gaming dengan ukuran Full Keys dan Ten Key Less atau TKL.

Tidak mengherankan karena dua jenis keyboard tersebut memang hingga saat ini masih bisa memfasilitasi semua kebutuhan mengetik, mulai dari mengetik pekerjaan hingga bermain game. Untuk semua fungsi pekerjaan komputerisasi, keyboard full keys tentu masih jadi pilihan utama.

4 Tipe Keyboard

Tapi ternyata, selain dua model atau tipe keyboard gaming tersebut, masih ada beberapa tipe keyboard yang digolongkan berdasarkan bentuknya. Perbedaannya tentu pada jumlah tombol dan ukurannya. Berikut 4 jenis keyboard gaming tersebut:

Foto: Keyboard 40%

Keyboard 40 Persen

Ini adalah keyboard ketik dengan ukuran paling kecil yang ada di pasaran saat ini. Memang ada beberapa produsen yang membuat keyboard dengan ukuran yang lebih kecil lagi, namun itu tidak digolongkan sebagai keyboard ketik.

Keyboard 40 persen ini hanya menyisakan tombol semua huruf dengan ditambah beberapa tombol pendukung, seperti Backspace, Control, Enter, dan sebagainya.

Keyboard 60 Persen

Keyboard ini sedikit lebih besar daripada keyboard 40 persen. Dengan mengutamakan desain yang ringkas, keyboard ini menghilangkan baris fungsi atas (termasuk tombol Escape), tombol panah dan beberapa tombol lain.

Tata letak 60% sangat populer di kalangan penggemar keyboard mekanikal yang membutuhkan keyboard gaming yang lebih ringkas ukurannya, tetapi tetap mempunyai tombol fungsional yang lengkap. Keyboard 60 persen ini memiliki 61 tombol untuk standar Amerika (ANSI) atau 62 tombol untuk standar internasional (ISO).

Foto: Keyboard 70%

Keyboard 75 Persen

Lebih besar lagi dari keyboard 60 persen, ada keyboard 75 persen. Keyboard in sebeanrnya adalah peringkasan dari keyboard TKL. Pengurangan ukuran dari TKL itu dilakukan dengan menghilangkan beberapa tombol seperti tombol panah, tombol naik dan turun, hingga tombol PS/PB/PL.

Gaming Keyboard Rexus Legionare MX5.1 Tilt

Keyboard TKL

Keyboar gaming tipe ini sudah sering kita jumpai, seperti keyboard mekanikal Rexus Legionare MX5.1 ataupun Rexus Battlefire K9TKL. Disebut Ten Key Less karena keyboard ini menghilangkan semua tombol numerik yang berjumlah sepuluh. Istilah ini kemudian jadi lebih banyak digunakan pada keyboard dengan jumlah tombol 87 buah ini.

Sebenarnya, tidak tepat juga disebut Ten Key Less karena jumlah tombol yang dikurangi ada 17 tombol, tapi karena mengacu pada jumlah tombol numeriknya saja yang dihilangkan, maka disebutlah keyboard ini TKL.

gaming keyboard mechanical mx3.2

Foto: Rexus MX3.2

Keyboard Full Keys

Seperti disebut di atas, keyboard ini adalah keyboard dengan tombol paling lengkap di antara semua keyboard lainnya. Jajara keyboard gaming Rexus didominasi oleh keyboard ukuran penuh ini, seperti keyboard Rexus Legionare MX10, Legionare MX3.1, Legionare MX3.2, K9D, K9, dan masih banyak lainnya.

Keyboard ini memiliki 104 tombol yang digunakan untuk semua fungsi mengetik, Keyboard ini juga dapat digunakan untuk semua jenis game yang ada saat ini. Ukurannnya yang terlalu lebar membuat para produsen keyboard mulai menyunat satu persatu tombol yang ada di dalamnya sehingga lahirnya keyboard-keyboard mini seperti di atas.

Keyboard Gaming Rexus Legionare MX10 Side View

Dua Standar Keyboard

Meski memiliki beberapa jenis atau tipe berdasarkan ukurannya, standar huruf keyboard tetap berpegang pada dua standar utama, yaitu Amerika National Standard Institute (ANSI) dan International Standard Organization (ISO). ISO diterapkan pada banyak negara di daratan Inggris dan Eropa.

Perbedaan keduanya sebenarnya tidaklah terlalu signifikan. Pada keyboard dengan standar ISO, terdapat tombol Enter dua baris yang khas dan tombol Shift kiri yang lebih kecil.

Jadi, perbedaannya bukan pada huruf-hurufnya ya. Karena selama ini ada kesalahpahaman mengenai tata letak huruf QWERTY yang dianggap sebagai bagian dari ANSI. Padahal, QWERTY merupakan tata letak kunci standar untuk kebanyakan keyboard bahasa Inggris. Ada pula yang menggunakan standar AZERTY (Prancis) atau QWERTZ (Jerman).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *