Rexus Gaming Chair RGC102

Gamers, setiap kali bermain game, peranti yang selalu kita ingat tentulah mouse, keyboard, dan headset. Adalah wajar karena ketiga hal tersebut memang langsung bisa kita rasakan pengaruhnya dalam permainan yang kita lakukan. Akui, kita sering melupakan peranti berupa kursi gaming, terutama buat kita yang terbiasa bermain di warnet yang menggunakan kursi seadanya.

Kursi gaming memang tak sepopuler ketiga “saudaranya” karena kita tak langsung merasakan manfaatnya saat bermain. Tapi, cobalah untuk bermain selama berjam-jam dengan menggunakan kursi duduk biasa, maka yang akan terjadi adalah kamu akan merasakan pegal yang luar biasa. Itu terjadi karena postur tubuh saat duduk akan tidak tersokong dengan baik.

Posisi Menentukan Prestasi
Frank Maas, ahli esports ergonomics dari The Sandbox, AS, sangat menekankan posisi duduk saat bermain game, terutama saat gamer bertanding selama berjam-jam. Menurutnya, posisi sangat menentukan kecepatan refleks, ketahanan stamina, dan menghindarkan kita dari potensi sakit punggung serta peradangan pada pangkal telapak tangan (carpal tunnel syndrome).

Menurut Frank Maas, duduk untuk waktu lama membutuhkan posisi yang tepat. Prinsipnya, posisi punggung harus tetap tegak lurus, namun tetap rileks.

Lumbar atau bantalan antar tulang belakang hendaknya disandarkan secara nyaman pada bantalan kursi yang mengikuti kontur atau posisi tulang belakang.

Selain posisi tulang belakang, posisi kaki juga harus menapak sempurna di lantai, dengan posisi tulang paha vertikal sedikit menurun agar peredaran darah, baik dari jantung ke kaki ataupun sebaliknya, tetap lancar.

Sayangnya, saat ini, penyedia layanan warnet masih jarang yang menyediakan kursi gaming. Akibatnya, pengguna pun seenaknya duduk. Tak jarang, banyak gamer yang mengangkat kakinya ke kursi agar lebih nyaman. Jika hanya 1 -2 jam, hal itu tak jadi masalah. Tetapi, untuk waktu yang lama, hal itu tentu akan memengaruhi kesehatan.

Kursi Gaming, Adopsi Kursi Mobil Balap.
Karena kebutuhan kursi yang nyaman untuk esport, mulailah bermunculan produk kursi khusus gaming, sepeti Rexus Gaming Chair 101 dan Rexus Gaming Chair 102. Gaming chair ini makin banyak diminati oleh para pemain game profesional karena terbukti nyaman digunakan untuk bermain game.

Sekilas, kita akan langsung ingat akan sebuah kursi mobil balap saat melihat penampakan kursi gaming. Memang tak salah lagi, kursi gaming memang mengadopsi kursi balap mobil karena kursi balap mobil memungkinkan pengemudinya mengoperasikan mobil secara cepat dan memungkinan koordinasi tubuh bekerja maksimal saat duduk di atasnya.

Biasanya, jenis kursi mobil balap seperti ini digunakan dalam mobil yang mengikuti perlombaan ketahanan, seperti NASCAR, Rally, ataupun Le mans.

Pebalap mobil pada kejuaraan ketahanan harus tetap siaga dan fokus mengemudi untuk waktu yang lama, bahkan 24 jam penuh.

Itu pulalah yang terjadi pada pemain game. Mereka harus tetap fokus dan siaga dalam waktu yang lama. Karenanya, dibutuhkan kursi yang ergonomis dan nyaman.

Tak Cukup Hanya Nyaman
Kursi gaming yang ideal tak hanya sekedar memberi kenyamanan. Kalau cuma sekedar nyaman, bersandar di pundak pasangan kamu saja sudah nyaman…. (halah). Kriteria sebuah kursi gaming yang bagus harus meliputi beberapa hal berikut ini:

    1. Terbuat dari material berkualitas. Material itu terdiri dari besi rangka yang terbuat dari baja yang kuat, busa yang tak mudah kempes, kulit sintetis yang tak mudah sobek, dan material plastik yang kuat, terutama pada arm rest dan roda.
    2. Mempunyai sandaran tangan yang bisa disesuaikan. Panjang-pendek tangan gamer berbeda-beda sehingga kursi game yang baik adalah yagn mempunya arm rest yang bisa diatur posisinya. Rexus Gaming Chair 102 mempunyai arm rest 3D yang mempunyai posisi gerak tak terbatas dan bisa diatur maju-mundur.
    3. Mempunyai ruang duduk yang cukup lebar. Kursi gaming yang luas akan nyaman untuk diduduki, meski penggunanya berbadan relatif langsing. Gaming Chair Rexus 101 dan 102 mempunyai ukuran hingga XL sehingga dapat diduduki oleh orang dengan ukuran badan besar, maksimal 150 kilogram.
    4. Mempunyai sandaran punggung yang tinggi dan lebar. Ukuran sandaran punggung yang luas tersebut berfungsi untuk menyangga semakin banyak posisi tubuh belakang pemain. Bentuk yang ergonomis ini sangat dirasakan bagi para pembalap yang pasti akan terhentak ke belakang.
    5. Sandaran punggung yang bisa diatur. Biasanya, kursi gaming mempunyai 3 mode penganturan back rest, yaitu 90 derajat untuk mode kerja atau gaming, 130 derajat untuk mode membaca atau menonton, dan 170/180 derajat untuk bersantai, istirahat atau bahkan tidur.
    6. Mempunyai keseimbangan. Ini tak kalah penting. Kursi gaming yang bagus mempertimbangkan segi keseimbangan sehingga meski kita rebahan di atasnya, kursi ini takkan terbalik.
    7. Mempunyai bantalan leher. Tujuannya adalah untuk menyangga leher dan kepala agar tak mudah pegal atau salah urat.
    8. Penopang lumbar atau bantalan tulang punggung. Kursi gaming mempunyai strap yang berguna untuk mengikat bantal penopang yang bisa disesuaikan dengan tinggi posisi lengkungan tulang belakang.
    9. Terakhir dan tak boleh dilupakan, saat memilih kursi gaming, sesuaikan dengan bujet dan kebutuhan kamu. Banyak sekali merek kursi gaming di pasaran, mulai dari harga 2 jutaan hingga puluhan juta. Kursi berharga mahal pun tak menjamin kenyamanan saat digunakan. Pertimbangkan pula layanan purna jualnya, seperti garansi.
1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] Apa fungsinya? Sistem ini akan memberi kenyamanan maksimal bagi pengguna, terutama pada bagian kaki dan paha agar tidak mudah pegal saat duduk dalam waktu lama. […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *