Sepertinya game PUBG benar-benar sedang hangat dibicarakan semua pihak. Setelah di India muncul aturan untuk melarangnya dengan menerapkan hukuman penjara buat pemainnya dan wacana fatwa haram dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), sekarang muncul peringatan pembatasan durasi permainan dan pembatasan usia. Wow, makin seru nih!

Penembakan di dua masjid Christcurch, Selandia Baru oleh teroris yang mengklaim terinpirasi dengan aksi yang ada di PUBG ternyata jadi bola salju yang menggelinding membesar, terutama buat eksistensi game PUBG di berbagai negara.

Reaksi keras dari otoritas terkait bermunculan. Salah satu reaksi represif muncul dari pemerintah provinsi Gujarat, India yang memutuskan untuk mengurung orang yang tertangkap memainkan game ini.

Pembatasan Waktu

Di Indonesia, MUI langsung bereaksi dengan menguji materi untuk mengeluarkan fatwa haram buat game PUBG dan game lain yang mengandung unsur kekerasan. Meski masih berupa wacana, tapi pemerintah – dalam hal ini MUI – serius menguji materi PUBG, apakah termasuk dalam permainan yang memunculkan kerugian atau tidak.

Tak hanya itu, pemerintah Indonesia pun mulai melirik cara yang sudah dilakukan juga di India. Dilansir dari detikINet.com berdasarkan informasi dari Android Authority, pemerintah India secara tegas melakukan pembatasan bermain game untuk enam jam dalam sehari.

Pembatasan Umur

Fenomena yang banyak terjadi saat ini adalah semua orang bisa mengakses semua genre game tanpa terbatasi oleh age restricted alias batasan umur. Asal punya kuota untuk donlot dan membeli diamond, seseorang bisa mengakses semua permainan. Hal ini tentunya akan jadi masalah tersendiri.

Setiap periode umur tentu mempunyai tingkat kedewasaan yang berbeda. Semakin bertambah umurnya, semakin tinggi tingkat penalaran terhadap game yang dimainkan.

Pemerintah Indonesia, melalui kemenkominfo, menganggap hal ini penting. Belum lama ini, Plt Kepala Biro Humas Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan bahwa PUBG hanya boleh dimainkan oleh pribadi berusia di atas 18 tahun.

Sebenarnya, kominfo sudah melakukan klasifikasi itu sejak lama dan PUBG dimasukkan dalam kategori permainan 18+, berdasarkan PM Kominfo No 11 Tahun 2016 tentang Klasifikasi Permainan Interaktif Elektronik.

Masalahnya, bagaimana cara membatasi umur pengguna buat para gamer ya? Apakah kemudian ada verifikasi bahwa pengguna berusia 18 tahun atau lebih? Atau mungkin harus memasukkan nomor KTP? Hmm… kita tunggu ya.

1 reply
  1. Ibon
    Ibon says:

    Saya mau tanya donk, saya slah setting kmren, jadi pas prtnyaan diatas dbwah 18 tahun, saya malah klik ok, pdahl usia saya 28 tahun, apa solusi agar game saya tdk trganggu dengan off dari tancent itu, trmksih, saya harap solusinya ada.

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *