streaming mhl Mau Game Streaming Pakai Capture Card dari HP? Pastikan Didukung MHL thronmax m5 4 2 600x400

Gamer, untuk live streaming game dari ponsel, kamu bisa menggunakan capture card Rexus HD100. Syaratnya, ponsel kamu harus mendukung fitur Mobile High-definition Link atau MHL.

Penggunaan ponsel yang sudah didukung oleh fitur MHL ini dibutuhkan karena konektor yang masuk ke dalam capture card Rexus HD100 berupa High Definition Multimedia Interface (HDMI). Penggunaan koneksi HDMI bertujuan agar kualitas video dan audio optimal karena HDMI tidak mengompresi kualitas audio-video dari sumbernya.

Dalam proses tersebut, capture card berfungsi untuk menangkap layar yang ada diponsel kemudian mengirimkannya ke komputer/laptop untuk diproses dengan bantuan perangkat lunak seperti OBS.

Karena yang ditangkap berupa sinyal audio dan video sekaligus, maka dibutuhkan fitur yang mendukung transfer data tersebut melalui HDMI. Di sinilah peran fitur MHL pada sebuah smartphone.

MHL untuk HDMI mhl Mau Game Streaming Pakai Capture Card dari HP? Pastikan Didukung MHL hdmi

Apa Itu MHL?

Secara mudah, dipahami bahwa MHL adalah antar muka yang memungkinkan koneksi antara smartphone dengan TV atau perangkat lain melalu kabel adaptor yang menghubungkan port USB pada handphone dengan port HDMI pada perangkat.

Teknologi MHL ini ditemukan oleh Silicon Image, salah satu perusahaan dunia yang ikut memberi sumbangsih pada standarisasi HDMI masa kini. MHL merupakan pengembangan dari teknologi Transition-Minimized Differential Signaling (TMDS) yang mulai dikenal sejak 2008.

Dengan MHL, ponsel dapat melakukan screen mirroring atas aktivitas antar muka yang sedang dilakukan oleh ponsel. Fasilitas ini juga memungkinkan koneksi yang cepat dan stabil sebab tidak memerlukan jaringan tertentu alias port to port.

Gawai yang didukung fitur MHL akan mendapat banyak manfaat karena ia bisa melakukan telepon, chatting, browsing, nonton video/Youtube, hingga bermain game dengan resolusi tinggi.

mobile gaming dari ponsel mhl Mau Game Streaming Pakai Capture Card dari HP? Pastikan Didukung MHL Mobile Legend Adventure Gameplay 600x338

Apakah Ponsel Saya Didukung MHL?

Untuk mengecek apakah smartphone milikmu dapat menjalankan fitur ini atau tidak, lakukan cara mengetahui hp support MHL pada situs ini.  Lewat situs tersebut kamu juga bisa mengecek apakah perangkat lain yang kamu miliki mendukung layanan MHL atau tidak.

Cara lain untuk mengetahuinya adalah dengan menginstal aplikasi bernama MHL Checker yang ada di Playstore untuk Android. Setelah menginstalnya, aplikasi tersebut akan menginformasikan bahwa ponsel kamu ini didukung fitur atau tidak.

capture card hd100 mhl Mau Game Streaming Pakai Capture Card dari HP? Pastikan Didukung MHL Banner HD100 01 600x250

Bagamana Jika Tidak Didukung MHL?

Apabila kamu tetap tidak menemukan seri smartphone-mu dalam situs tersebut, berarti ponsel tersebut memang belum bisa digunakan untuk screen mirroring. Itu juga berarti tanpa fitur MHL, ponsel kamu tidak bisa terbaca oleh capture card Rexus HD100.

Karenanya, sebelum membeli produk capture card yang menggunakan sistem koneksi HDMI, pastikan dahulu apakah ponsel yang akan dikoneksikan didukung fitur MHL. Hal ini tentu akan menghindarkan kamu dari kerugian akibat salah beli produk.

Perlu diingat bahwa teknologi berkembang sangat pesat dan saling terkait. Banyak gawai dan perangkat berteknologi tinggi terkoneksi dengan teknologi perangkat lain.

Tanpa informasi yang cukup, kita pasti akan tertinggal. So, selalu update pengetahuanmu tentang teknologi dan produk gaming di sini.

Telusuri Produk Rexus

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *