“Min, headset Rexus Thundervox HX10 sudah multi-platform belum ya?” Seorang penggemar headset menanyakan pertanyaan itu kepada admin media sosial Rexus. Tak ayal, si admin pun kalang kabut menanyakan arti frase multi-platform, agar bisa menjawab secara tepat.

Saat ini, seiring dengan makin banyaknya jenis dan versi game yang berkembang, makin banyak pula perangkat yang digunakan untuk bermain game, seperti PC, PS4, Nintendo Switch, Xbox, VR, dan tentu saja yang saat ini makin banyak digunakan, ponsel pintar alias smartphone.

Para gamer pun tak lagi terbatas memainkan salah satu perangkat pemutar game. Mereka suka memainkan lebih dari satu perangkat. Setidaknya, ada dua perangkat yang paling sering dimainkan, yaitu PC dan ponsel.  Emang, dasar gamer… Saat di rumah atau di warnet, mereka memakai PC, sedangkan saat mobil atau beraktivitas di luar, banyak yang tetap bermain game dengan menggunakan ponsel.

 

Perangkat Multi-platform

Kegemaran untuk bermain game dengan perangkat yang berbeda ini membutuhkan sebuah perangkat gaming yang bisa compatible atau mendukung berbagai perangkat pemutar gaming. Itulah yang disebut dengan istilah “Multi-platform gaming equipment.”

Salah satu perangkat gaming yang punya fitur multi-platform itu adalah headset gaming. Pada dasarnya, hampir semua headset gaming sudah mendukung fitur multi-platform alias bisa dikoneksikan dengan berbagai perangkat gaming.

Kenapa bisa begitu? Karena ada pilihan headset dengan teknologi koneksi wireless maupun dengan teknologi kabel yang mendukung output suara dari perangkat gaming, entah itu PC, PS3, PS4, Xbox, ataupun ponsel. Sebaliknya, perangkat pemutar game juga sudah dilengkapi koneksi wireless maupun Bluetooth (nirkabel).

Tidak Bisa Pakai Bluetooth? Ya, Pakai Kabel. Gitu Aja Kok Repot…

Namun, memang tidak tiap perangkat pemutar game mendukung koneksi wireless. PS4 adalah salah satunya. Sejak awal muncul, Sony memang mengumumkan bahwa PS4 tidak mendukung konektivitas Bluetooth A2DP.

Tapi, para pengguna PS4 tak perlu kuatir karena mesin gaming ini dilengkapi dengan koneksi kabel sehingga bisa dikoneksikan dengan perangkat headset ataupun speaker dengan menggunakan kabel AUX.

Begitu pula dengan headset gaming. Beberapa produk headset sudah dilengkapi dengan dual konektivitas, yaitu kabel dan nirkabel (Bluetooth). Itu memungkinkan headset bisa kompatibel dengan berbagai mesin gaming.

 

Bagaimana dengan Headset Rexus?

Rexus mempunyai produk headset “murni” kabel seperti Rexus Thundervox HX2, HX5, HX10, Vonix F65, F99, dan lain-lain. Headset tersebut dapat dikoneksikan dengan berbagai platform mesin gaming dengan menggunakan kabel converter.

Selain itu, headset wireless Rexus, seperti S3 Pro, X1, M1, dan FX1, bisa dikoneksikan dengan menggunakan Bluetooth. Untuk mesin gaming yang tidak mendukung Bluetooth, headset wireless Rexus tetap bisa dikoneksikan dengan menggunakan kabel AUX. Kesimpulannya, headset Rexus mendukung fitur multi-platform.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *