optical mechanical keyboard, teknologi baru pesaing keyboard mekanikal Optical Mechanical Keyboard, Teknologi Baru Pesaing Keyboard Mekanikal optical switch5 e1530174173552

tomshardware.co.uk

Gamers, setiap kali kita membahas mengenai keyboard mekanikal, teknologi yang sering kali kita bandingkan adalah teknologi keyboard membran ataupun keyboard semi-mekanik. Wajar sih, karena memang teknologi mekanikal merupakan perkembangan dari kedua teknologi sebelumnya.

Tapi, bagaimana jika kemudian kita membandingkan keyboard mekanikal dengan infra-red sensor mechanical keyboard? Heh, infra-red keyboard? Memang ada? Tenang, jangan kaget. Yang dimaksud dengan infra-red keyboard adalah keyboard yang switch-nya menggunakan sistem kerja infra merah.

Masih belum jelas? Yuk, ikuti penjelasan berikut ini.


Apa yang Dimaksud Keyboard Infra-merah?

Seperti disinggung di atas, keyboard infra merah merupakan jenis keyboard mekanik yang menggunakan switch dengan sistem kerja inframerah. Jadi, pada dasarnya, keyboard ini merupakan keyboard mekanikal.

Sebagai keyboard mekanikal, switch keyboard ini terdiri dari switch mekanikal yang komponennya bergerak secara mekanis. Saat kamu menekan key cap, maka tuas akan turun dan menekan pegas yang membuatnya membal, kembali ke atas.

Pada keyboard mekanikal konvensional, tuas tersebut kemudian akan menyentuh papan PCB yang kemudian menghantarkan sinyal pada komputer. Sedangkan pada switch keyboard mekanikal infra merah, tuas tersebut akan menutup sensor inframerah yang ada di bawahnya sehingga kemudian sinyal dihantarkan ke komputer.


Apakah tetap bisa digolongkan sebagai switch mekanikal?

Tentu bisa. Switch infra-merah ini memang adalah switch mekanikal yang menggunakan sinergi beberapa komponen mekanis di dalamnya. Bedanya hanya pada sistem penghantaran sinyal yang menggunakan sensor Infrared Photothermal Radiometry (IR PTR).

Jadi, dalam sebuah rumah switch infra-merah, ada dua sumber cahaya. Satu adalah lampu sensor IR PTR yang berwarna merah dan satu lagi adalah LED aksesoris, layaknya pada switch mekanikal lainnya. Sensor IR PTR tersebut akan bereaksi saat tuas switch ditekan turun ke bawah.

optical mechanical keyboard, teknologi baru pesaing keyboard mekanikal Optical Mechanical Keyboard, Teknologi Baru Pesaing Keyboard Mekanikal optical switch1
Apakah sensasinya tetap sama dengan keyboard mekanikal?

Sama. Karena tetap merupakan golongan switch mekanikal, sensasi mengetik menggunakan switch mekanikal infra-merah tetap sama dengan switch mekanikal konvensional.

Produsen switch mekanikal infra-merah juga menggolongkan sensasi ketikan tombol menjadi tiga tipe, yaitu linear, tactile, dan clicky. Warna yang digunakan untuk membedakan tiap tipe tersebut juga sama, yaitu warna merah untuk mewakili tipe linear, tactile diidentikkan dengan warna coklat, dan sensasi clicky dapat diperoleh dari switch berwarna biru.

 optical mechanical keyboard, teknologi baru pesaing keyboard mekanikal Optical Mechanical Keyboard, Teknologi Baru Pesaing Keyboard Mekanikal optical switch2

 Apa kelebihan Keyboard Mekanikal Infra-merah?

Teknologi baru tentu mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan teknologi sebelumnya. Begitu pula dengan switch mekanikal infra-merah. Dibandingkan dengan swictch keyboard mekanikal konvensional, switch berteknologi baru ini mempunyai beberapa keunggulan, yaitu:

  1. Komponen mekanikalnya lebih awet.

Produsen switch mekanikal infra-merah mengklaim bahwa komponen mekanikal yang digunakan pada switch infra-merah lebih awet karena sangat minim mengalami oksidasi yang berpotensi menjadikan komponen berkarat, layaknya pada switch mekanikal konvensional.

Selain itu, dengan menggunakan sistem infra-merah, gesekan antara tuas dengan papan PCB dapat dihindarkan sehingga tidak ada kontak antar logam yang berpotensi membuat keausan dan karat.

Itulah alasan mengapa produsen keyboard yang menggunakan switch infra-merah berani mengklaim bahwa produk mereka bisa tahan sekitar 50  – 80 juta klik.

  1. Kecepatan transmisi sinyal lebih cepat.

Biasanya, pada switch mekanikal konvensional, jarak aktuasi atau jarak pertemuan antara tuas dengan papan Printed Circuid Board (PCB) adalah 2 – 2,2mm. Nah, di switch infra-merah, jarak aktuasi itu kurang dari 1,5 mm sehingga berpengaruh pada kecepatan transmisi sinyal.

Produsen switch infra-merah mengklaim jika kecepatan transmisi sinyal switch produksinya lebih cepat sekitar 0,2 mikro detik dibanding kecepatan switch mekanikal konvensional.

  1. Anti air.

Ini juga merupakan kelebihan switch infra-merah. Karena tidak menggunakan PCB konvensional yang saling terkait dengan menggunakan elemen konduktor, maka kelistrikan switch infra-merah takkan mengalami arus pendek atau konsleting saat terkena air.

Bahkan, sebuah demonstrasi produsen keyboard switch infra-merah di pagelaran Global Sources Exhibitions 2018 yang dihelat di Hongkong beberapa waktu lalu menggunakan keyboard berteknologi itu di dalam air.

Kemampuan itu juga dimungkinkan karena switch keyboard jenis ini tidak menggunakan sistem solder untuk menyambung satu komponen dengan komponen lain.

  1. Harga tetap terjangkau.

Meski menggunakan switch berteknologi baru, keyboard mekanikal bersensor infra-merah tetap berada dalam kisaran yang terjangkau. Produsen mengatakan bahwa komponen termahal dalam keyboard ini adalah PCB-nya, namun itu bisa ditekan berkat switch yang harganya bisa bersaing dengan switch keyboard mekanikal konvensional.

 optical mechanical keyboard, teknologi baru pesaing keyboard mekanikal Optical Mechanical Keyboard, Teknologi Baru Pesaing Keyboard Mekanikal optical switch4

Apa merek switch infra-merah yang saat ini banyak digunakan?

Dari penelusuran, diketahui bahwa saat ini ada dua “pemain besar” merek switch infra-merah, yaitu Light Strike “LK” dan Flaretech. Jika disandingkan dengan merek switch mekanikal konvensional, dua merek tersebut  selevel Cherry atau Romer-G (merek switch buatan Omron untuk Logitech).

Tapi, layaknya “dunia” switch mekanikal, banyak produsen switch lain yang tertarik untuk memproduksi switch mekanikal serupa. Sebut saja Kaihl dan Outemu, merek asal China ini mulai mengenalkan switch berteknologi infra-merah tersebut. Kini, makin banyak keyboard mekanikal yang menggunakan switch mekanikal dengan sensor infra-merah.

optical mechanical keyboard, teknologi baru pesaing keyboard mekanikal Optical Mechanical Keyboard, Teknologi Baru Pesaing Keyboard Mekanikal optical switch3

Bagaimana dengan Rexus?

Dengan kelebihan switch bersensor infra-merah, Rexus pun sudah menyiapkan lini produk dengan menggunakan switch bersensor infra-merah. Produk ini akan masuk dalam jajaran produk keyboar mekanikal Rexus seri MX.

Kapan produk ini akan dirilis? Tunggu saja. Tak lama lagi, teknologi baru akan hadir di atas meja gim kalian.

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *