Gamers, lagi-lagi wifi putus nyambung ya? Setelah sudah berhasil nyambung, rasa senangnya tinggi banget, tapi pas putus lagi, jadi jatuh terlalu sakit. OUCH! “WOW, mimin Rexus kayak peramal!” adalah yang kamu teriakkan dalam pikiranmu sekarang, mungkin. Tentu saja mimin tau, kan kamu udah masuk ke artikel ini.

Memang ngeselin yang namanya putus nyambung. Kalau liat hubungan asmara orang lain yang putus nyambung juga jadi kesel kan? “Udah, putusin aja sih!” yang biasanya mimin pikirin. Apalagi kalau masalah internet, rasanya kayak di PHP-in benda mati. Supaya kamu bisa menghindari kekesalan ini, yuk kita bahas penyebabnya wifi di laptop kamu sering putus nyambung, dan cara mengatasinya.

Mimin sudah pernah membahas yang mirip tentang Mengatasi Masalah Wifi di Android Yang Sering Putus Nyambung. Jadi, kalau itu yang di Android yang kalian butuhkan, klik saja linknya ya.

Penyebab Masalah Wifi Putus Nyambung

Tak kenal maka tak sayang katanya. Jadi, sebelum membahas cara mengatasi masalah wifi di hp android, kita bahas dulu penyebabnya. Jadi lain kali, kamu bisa mencegah drama ini.

  1. Signal Wifi lemah,

Ini kayaknya tidak perlu banyak penjelasan. Kamu bisa mengecek signal wifi kamu sendiri lewat laptop, biasanya berada di pojok bawah kanan. Kalau signalnya sedikit, artinya kamu terlalu jauh dari modem Wifinya. Kalau masalahnya ini, kamu tinggal dekatkan diri kamu lebih dekat ke modem.

  1. Terlalu banyak yang konek,

Modem wifi juga mempunyai kuota. Walaupun signalnya penuh, tapi bisa saja kuotanya sudah penuh, dan kamu tetap saja tidak bisa masuk. Cara nyelesain masalah ini hanya bisa dilakukan kalau kamu pemilik wifinya. Kalau kamu lagi di bandara atau mal yang menyebarkan wifi gratis, tentunya kamu hanya bisa pasrah.

  1. Wifi tetangga,

Tetangga kamu juga bisa mengganggu signal wifi kamu jika wifi tetangga memiliki frekuensi dan channel yang sama, atau terlalu berdekatan. Kamu bisa memindahkan wifi kamu ke tempat lain, atau mengubah channel wireless kamu menjadi 5Ghz jika memungkinkan.

  1. Modem udah tua,

Kalau modem kamu sudah digunain sekitar 7 tahun, sudah saatnya bilang “goodbye,” karena itu udah ketuaaaaaaaan. Disarankan untuk mengganti modem.

Cara Mengatasi Masalah Wifi di Laptop

  1. Lupain Wifi dan nyambung lagi,

Kamu sudah cape diPHP-in signal wifi kamu, sekarang giliran kamu yang bikin dia ngalamin sendiri rasanya diPHP-in. Pengaturan ini bisa dilakukan dengan cara ini:

  • Ke settingan wifi kamu,
  • Pilih nama wifi yang php-in kamu,
  • Tekan “forget this network”,
  • Konek kembali.
  1. Restart modem Wifi,

Kalau masih tidak bisa, tidak apa-apa. Jangan pasrah karena banyak jalan menuju Roma. Kalau pemilik modemnya kamu, kamu hanya perlu matiin modem kamu selama sekitar 10 detik. Setelah itu nyalain lagi. Terus tes lagi deh, apakah masalah wifi di HP android kamu sudah terselesaikan.

  1. Kalau Windows 10, ganti ke Private Profile,

Anehnya kalau kamu menggunakan Windows 10, ini bisa kamu lakukan untuk memperbaiki masalah. Ganti profil jaringan kamu dari public menjadi private.

pilih private

  • Tekan settingan Wifi kamu,
  • Pilih jaringan Wifi yang php-in kamu,
  • Terus Properties,
  • Pilih yang private.

Kalau masih tidak bisa, sayang sekali karena cara berikut ini sangatlah ribe~et.

  1. Update driver,

Ribet karena KAMU HARUS AMBIL KABEL INTERNET! Kecuali emang PC atau laptop kamu sudah terhubung dengan kabel internet.

update driver

  • Search saja “Device Manager” di windows kamu,
  • Terus update drivernya

Sudah bisa kan? MASIH BELUM?

  1. Kayaknya modem kamu sudah ketuaan,

Kalau kamu baca penyebab masalah Wifi putus nyambung, bisa menjadi signal wifi kamu yang terlalu lemah. Kamu tinggal dekatkan diri saja kesana. Kalau terlalu banyak yang konek, yah kamu cuman bisa pasrah. Wifi tetangga juga bisa menjadi masalah, kamu pindahin aja modem kamu dan masalah pun bisa diselesaikan. Dan yang terakhir, modem kamu kayaknya sudah ketuaan, menyebabkan wifi putus nyambung.

Kalau sudah membaca semua solusi di atas, dan masih tidak bisa, dan kamu masih niat untuk mencoba mengatasinya sendiri, baca artikel ini saja ya.

Terima kasih sudah membaca ya GAMERS, semoga membantu!

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] masalahnya bukan di Android tapi di laptop kamu, klik saja link ini […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 − 11 =