Headset Bluetooth Rexus Travello BT121 Poster headset bluetooth Perkembangan Bluetooth Dari Zaman Ke Zaman Artwork 02 2 e1555316002356 180x180

Asal-Usul Bluetooth Ternyata Berasal dari Nama Raja - Tekno ... headset bluetooth Perkembangan Bluetooth Dari Zaman Ke Zaman bluetooth 131211b

Gamers, kalian pasti sudah tau apa itu Bluetooth. Mungkin ada dari kalian yang sudah memiliki headset Bluetooth dan menggunakannya berhari-hari. Mendengarkan lagu dengan bebas, tanpa mempedulikan adanya kabel yang menahan.

Tapi, sebelum adanya headset Bluetooth, ada zamannya dimana Bluetooth hanya diaplikasikan ke mouse wireless, dan sebelumnya lagi, Bluetooth hanya bisa digunakan untuk mentransfer gambar, lagu atau data.

Transfer data sekarang gampang banget ya, tinggal tektoktektok udah, file sudah terkirim. Dulu, WADIDAO. Kecepatan transfernya lambat banget!

Mau tau seperti apa versi-versi sebelum Bluetooth 5.0 yang sudah sangat canggih ini? Kalian perlu baca dulu, gimana sih cara Bluetooth bekerja.

Bagaimana Bluetooth Bekerja?

Dilansir dari bagaimana.web.id, Bluetooth mengirim dan menerima gelombang radio di sebuah band dengan 79 frekuensi (saluran) yang berbeda yang berpusat pada 2,45 GHz, terpisah dengan radio, televisi, dan telepon seluler, dan disediakan untuk digunakan oleh industri, sains, dan juga alat medis.

Perangkat Bluetooth otomatis mendeteksi dan terhubung satu sama lain. Perangkat ini juga bisa saling terhubung dengan beberapa perangkat  (biasanya delapan) dalam satu waktu bersamaan. Perangkat-perangkat yang terhubung tersebut tidak saling mengganggu karena masing-masing menggunakan salah satu dari 79 saluran yang ada.

Waktu ke waktu, teknologi Bluetooth terus mengalami perkembangan. Dari yang terlupakan, versi 1.0, sampai saat ini yang terbaru yaitu versi 5.

Bluetooth Berdasarkan Versinya

Nah, setelah tahu informasi seputar bluetooth maka kali ini saatnya untuk mengetahui jenis-jenis bluetooth berdasarkan versinya yang bisa dicek berikut ini.

  1. Bluetooth 1.0 dan 1.0B (1999)

Versi awal dari teknologi Bluetooth yang memiliki banyak masalah, sehingga pabrik juga kesulitan untuk membuat teknologi tersebut beroperasi di produk-produk mereka.

  1. Bluetooth 1.1 (2001)

Mengalami perbaikan walaupun banyak ditemukan kesalahan dalam spesifikasi v1.0B yang tetap. Disahkan sebagai IEEE Standard 802.15.1-2002.

  1. Bluetooth 1.2 (2003)

Kecepatan pairing dipercepat dan juga mempunyai kecepatan transmisi yang lebih tinggi dalam praktek daripada di v1.1, sampai dengan 721 kbps.

721 kbps??? Ya gaes, kalian bacanya benar kok. Tapi gapapa, namanya juga permulaan.

  1. Bluetooth 2.0 + EDR (2004)

Dengan teknologi EDR (Enhanced Data Rate), Bluetooh 2.0 memiliki transfer data yang jauh lebih cepat. Memiliki kecepatan maksimal 3 Mbps dan kecepatan rata-rata 2.1 Mbps.

Gangguan dari sinyal lain juga sudah diperbarui dan 2.0 mengkonsumsilebih sedikit daya.

Bluetooth 2.0+EDR ini merupakan Bluetooth yang pertama kali dapat mentransferkan audio secara stereo.

  1. Bluetooth 2.1 + EDR (2007)

Setelah tiga tahun, Bluetooth mengalami perkembangan dengan ditambahkannya teknologi SSP atau Secure Simple Pairing untuk membuat pairing lebih cepat dan lebih aman.

Tentu saja, dengan pairing yang dipercepat, pengalaman menggunakan Bluetooth jadi lebih menyenangkan. Walaupun sampai sekarang, pairing ini kadang bermasalah banget ya!

Teknologi lain yang hadir pada Bluetooth versi ini adalah EIR atau Extended Inquiry Response, yang membantu pengguna untuk mengetahui informasi perangkat yang akan dihubungkan sebelum koneksi dimulai dan mengkonsumsi daya lebih rendah.

  1. Bluetooth 3.0 + HS (2009)

Setelah dua tahun, Bluetooth versi 3.0 + HS pun hadir, dimana HS merupakan singkatan dari High Speed, menggunakan teknologi link 802.11. Dari namanya saja, kalian pasti udah tau kecepatannya ditambah. Dari kecepatannya yang wadidao lambat, 3 Mbps, menjadi jauh lebih yaitu 24 Mbps. Makin enak ya bacanya.

Ini dikarenakan pada versi ini link Bluetooth hanya digunakan untuk pairing dan pembentukan jalur akses data, sementara pengiriman dan penerimaan data menggunakan link wireless 802.11 (sama seperti Wi-Fi). Dan berkat fitur baru dan utama dari versi ini, yaitu Alternate MAC/PHY (AMP) yang memberikan dukungan link 802.11 untuk transfer data yang lebih cepat.

  1. Bluetooth 4.0 + LE (2010)

Selanjutnya ada Bluetooth versi 4.0 + LE atau dikenal dengan Bluetooth Low Energy. Keunggulan utama dari Bluetooth versi ini ya tentunya udah tau dari namanya, mengkonsumsi daya lebih rendah. Sebelumnya kan baterai langsung bocor banget tuh.

Peningkatan indeks modulasi pada Bluetooth 4.0 membuatnya mampu menyediakan jangkauan hingga 100 meter.

Selain itu, pengguna juga dapat menikmati kecepatan transfer hingga 1 Mbps dan kemanan yang lebih terkontrol dibanding dengan Bluetooth versi sebelumnya.

  1. Bluetooth 4.1 (2013)

Mau yang lebih hemat energi? Ya versi berikutnya, Bluetooth 4.1.

Mentransfer data menjadi lebih efisien dan koeksistensi yang lebih baik dengan frekuensi LTE. Versi ini memelihara koneksi dengan sedikit intervensi manual, dan perangkat dapat menjadi klien dan hub sekaligus, memungkinkan perangkat Bluetooth untuk berkomunikasi satu sama lain. Sebelum 4.1, perangkat ditransmisikan ke hub baik yang dibangun ke komputer atau dalam dongle yang berdiri sendiri.

Jenis-jenis Bluetooth berdasarkan versi sebelumnya juga sering terganggu oleh teknologi nirkabel lainnya seperti 4G LTE. Maka dari itu, di versi ini juga dapat mengatasi hal tersebut.

  1. Bluetooth 4.2 (2014)

Dirilis pada tanggal 2 Desember 2014, itu memperkenalkan fitur untuk Internet of Things. Itu yang rumahnya seakan-akan bisa diajak bicara itu gaes, tau gak? Smart TV dan smart smart lainnya.

Bluetooth versi 4.2 meningkatkan kecepatan dan keamanan. Bahkan disebut-sebut kecepatan unduh versi ini meningkat 2,6 kali dibandingkan versi sebelumnya.

  1. Bluetooth 5.0 (2016)

Di sisi teknis, Bluetooth 5 memiliki empat kali lipat jangkauan, dua kali lipat kecepatan, dan memberikan peningkatan delapan kali lipat dalam kapasitas penyiaran data transmisi Bluetooth energi rendah dibandingkan dengan Bluetooth versi sebelumnya, yang tentunya sangat berguna untuk kestabilan aplikasi IOT yang teknologi nirkabelnya terhubung dengan seluruh rumah.

Pokoknya, Bluetooth 5.0 ini udah yang paling best deh dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya. Tahan lebih lama, koneksi lebih aman, lebih jauh, dan kecepatan lebih cepat.

Perangkat pertama yang mendukung Bluetooth 5.0 adalah Galaxy S8 dan Iphone 8 dan X.

 

Kalau sekarang, sudah banyak banget headset Bluetooth di pasaran. Tapi, enggak semuanya menggunakan teknologi Bluetooth 5.0, ada juga tu yang pake versi 4.x. Contohnya Headset Bluetooth S3 Pro. Perbedaan sih memang banyak, tapi apakah itu semuanya dibutuhkan?

Kalau ada headset Bluetooth yang menggunakan Bluetooth 4.x, tapi dari fitur dan harganya lebih worth it dibandingkan yang menggunakan versi 5, kenapa tidak?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *