Gamer, godaan terbesar saat masa belajar dari rumah adalah bermain game, seperti PUBG mobile. Karena menggunakan platform mobile, game ini tentu bisa dengan mudah dan cepat diakses oleh anak-anak tanpa sepengetahuan orangtuanya.

Akibatnya, bukannya menggunakan waktu untuk belajar, banyak waktu yang justru tersita untuk bermain game. Padahal, meski sedang berkutat dengan wabah, tidak berarti kita harus menyerah dengan membiarkan diri jadi makin bodoh, bukan?

Kondisi tersebut mendapat secercah solusi seiring dengan keputusan PUBG Mobile yang  belum lama ini menambahkan sebuah fitur baru untuk para pemainnya. Fitur baru ini berfungsi untuk membatasi jam bermain penggunanya secara sistematis.

Lebih Sehat Juga

Fitur baru PUBGM tersebut diberi nama “Healthy Gameplay”. Prinsipnya, fitur ini ditujukan untuk menjaga kesehatan para pemainnya dengan batasan jam untuk bermain game battle royale mobile tersebut setiap harinya. Tetapi, pengaplikasian fitur ini juga sangat bermanfaat untuk memberi waktu belajar yang lebih banyak.

Dari keterangan pihak PUBG Mobile, tujuan pembatasan jam ini sesuai dengan komitmen pengembang game tersebut, yaitu untuk mempromosikan game yang lebih seimbang dan bertanggung jawab.

Fitur pembatasan jam bermain ini memang sudah dilakukan di India sejak Maret 2020. Di negara itu, PUBG Mobile memang menjadi salah satu game yang disorot oleh otoritas terkait sehingga pengembang harus pandai-pandai menyesuaikan diri.

Notifikasi yang Mengganggu

Seperti yang telah disebutkan di atas, fitur ini akan membatasi jam permainan dengan membuat sistem dalam game yang akan mengganggu pemain dengan memberi ketika bermain game lebih dari 4 jam seharinya.

Pembatasan jam bermain tersebut akan semakin mengganggu dengan sering muncul. Buat kamu yang berusia di bawah 18 tahun dan mencantumkan usia tersebut saat login, gangguan ini bakal lebih intensif sehingga kamu akan memilih untuk menghentikan permainan ini setelah lebih dari 4 jam.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, pada saat login untuk bermain PUBG Mobile di ponsel, sistem dalam game akan menanyakan klasifikasi usia pemain, apakah di atas atau di bawah 18 tahun. Pemain tinggal mencentang  menjawab iya dan tidak.

Fitur ‘Healthy Gameplay System’ itu akan bekerja dalam 2 sistem pengingat waktu yang berbeda bedasarkan golongan umur. Dicuplik dari detikinet.com, berikut beberapa peraturan yang diterapkan PUBG Mobile:

  • Saat pemain telah bermain selama total 4 (empat) jam dalam sehari, maka pemain yang berusia di atas 18 tahun, dapat terus melanjutkan permainannya. Apabila pemain berusia di bawah 18 tahun, maka notifikasi akan muncul selama 5 detik dan mendorong pemain untuk beristirahat sebelum melanjutkan ke permainan berikutnya.
  • Bagi pemain yang masih ingin melanjutkan permainan, dapat menutup notifikasi tersebut dan notifikasi akan kembali muncul dalam 1 jam ke depan dan kembali menyarankan pemain untuk beristirahat terlebih dahulu.
  • Saat pemain telah bermain selama total 6 (enam) jam dalam sehari, untuk pemain yang berusia di atas 18 tahun atau lebih, akan mendapat notifikasi selama 5 detik, yang mengingatkan pemain untuk mengambil waktu istirahat. Namun, apabila ia masih mampu bermain, maka ia dapat menutup notifikasi tersebut dan terus bermain.
  • Notifikasi akan kembali muncul dalam 2 jam ke depan dan kembali menyarankan pemain untuk beristirahat terlebih dahulu. Untuk pemain berusia di bawah 18 tahun, notifikasi akan muncul setiap dua jam mulai dari jam keenam dan seterusnya. Sistem akan meminta pemain untuk beristirahat selama lima belas menit sebelum melanjutkan untuk bermain lagi.
  • Apabila pemain masuk lagi dalam waktu kurang dari lima belas menit sejak notifikasi peringatan diberikan, maka pemain tidak dapat bergabung dalam permainan dan harus menunggu hingga lima belas menit tersebut usai.

Tentu saja, sistem tidak bisa memverifikasi apakah pemain benar berusia di atas 18 tahun atau tidak. Ini jadi celah yang tentu masih sangat terbuka untuk dimanipulasi. Di sinilah, kesadaran pemain sangat diperlukan agar bisa terbantu untuk membatasi diri dalam bermain game.

Meski ada celah, fitur ini diklaim oleh PUBG Mobile   mampu memberikan pengalaman terbaik, terutama pemain bisa bermain tanpa merasa bersalah dan tetap mampu menjaga kesehatan serta keseimbangan penggunaan waktu.

Langkah ini tentu harus kita apresiasi. Sebagai pemain game, kita harus menyadari bahwa kita tetap harus mempunyai batasan saat bermain game. Masa belajar di rumah bukanlah kesempatan untuk tidak belajar. Justru masa ini jadi masa bagi kita untuk makin dewasa membagi waktu antara bermain game, belajar, dan beraktivitas lainnya.

Telusuri Produk Rexus

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *