Gamers, ngaku deh, siapa di antara kalian yang pernah memperhatikan keterangan rating dari game/gim yang hendak kamu mainkan? Pasti banyak di antara kalian yang jarang atau malah tidak pernah memperhatikan rating tersebut.

Kenapa jarang diperhatikan? Pertama, rating tersebut dicantumkan di kemasan gim original. Jika kalian membeli gim bajakan, jarang kita bisa melihat informasi tersebut.

Kedua, banyak di antara yang kenal gim dari komunitas pertemanan sehingga banyak asal main, tidak memperhatikan sebenarnya gim yang kamu mainkan itu diperuntukkan untuk rentang usia berapa.

Ketiga, kita memang tidak tahu arti dari tulisan rating gim sehingga kita “tanpa berdosa” memainkan gim yang tidak sesuai dengan usia kita.

Pentingnya Rating Gim

Layaknya dalam film, rating berfungsi menyampaikan informasi bahwa film tersebut layak ditonton untuk golongan umur secara spesifik. Sebuah film dewasa tentu tidak boleh ditonton oleh anak-anak di bawah umur karena di dalamnya terkandung materi kekerasan, adegan porno, atau kata-kata kasar yang hanya bisa dipahami oleh orang dewasa.

Sebagai Gamer Cerdas, kita mulai harus mempertimbangkan rating gim tersebut. Buat orangtua, rating gim ini sangat berperan dalam mengontrol kesesuaian perkembangan psikis anak dengan jenis permainan gim masa kini.

Banyak gim yang diperuntukkan untuk orang dewasa diakses oleh anak-anak di bawah umur. Padahal, dalam gim tersebut, banyak visual, aksi, dan bahasa yang tidak cocok untuk mereka. Alhasil, anak-anak akan menerima semua hal yang belum sesuai dengan perkembangan pribadinya.

Rating dari ESRB

Saat ini, rating gim yang diakui secara resmi dikeluarkan oleh organisasi independen yang bernama  Entertainment Software Rating Board (ESRB). Organisasi tersebut bertugas untuk memberi informasi rating semua konten perangkat lunak agar bisa diakses oleh periode umur yang sesuai.

Menurut ESRB, terdapat 5 kategori pedoman rating, yaitu::

  1. E (Everyone)

Gim yang masuk dalam rating ini dapat diakses atau dimainkan oleh segala umur.

  1. E 10+ (Everyone 10+)

Rating ini diperuntukkan untuk semua orang/anak yang berusia di atas 10 tahun.

  1. T (Teen)

Remaja yang berumur 13 tahun atau lebih dapat memainkan gim dengan rating ini.

  1. M (Mature 17+)

Gim dengan rating ini hanya boleh dimainkan oleh orang yang sudah berumur 17 tahun ke atas.

  1. AO (Adults Only 18+)

Hanya orang dewasa atau berusia di atas 18 tahun lah yang bisa bermain gim ini karena banyak mengandung konten khusus untuk orang dewasa.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *