Headset Gaming Rexus Thundervox HX20

Headset Gaming Rexus Thundervox HX20

Memang bermain game adalah pengalaman yang seru banget. Lebih seru lagi kalau kamu menggunakan aksesoris gaming yang sesuai. Banyak yang meragukan manfaat dari headset gaming saat bermain game. Tapi, aksesoris ini akan sangat membantu dalam memberikan pengalaman bermain game menjadi jauh lebih asik, dengan fiturnya yang membuat kamu terasa berada ada di dalam game. Jadi, apa sih yang kamu perlu kamu ketahui dalam memilih headset gaming terbaik untuk kamu?

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menggunakan Gaming Headset

  1. Platform yang kamu gunakan

Hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan adalah platformnya, artinya bisa datang dengan banyak macam platform. Ada yang untuk XBOX, Playstation, PC, Mac, mobile, dan lainnya. Banyak juga yang memerlukan USB dan 3.5 mm jack untuk support fiturnya seperti virtual surround sound 7.1.

  1. Kualitas suara

Ini bisa dibilang faktor paling penting dalam memilih headset gaming terbaik. Ukuran driver sangat berpengaruh. Ukuran driver yang bagus adalah 40 mm atau lebih. Kualitas suara akan sangat membantu kamu untuk mendengar lebih baik. Cara membedakan headset yang mahal dan murah adalah melewati bass-nya, yang akan membuat pengalaman gaming lebih asik.

Headset gaming terbaik tentunya mempunyai fitur noise-cancellation. Kegunaannya adalah untuk mengurangi suara bising di sekitar pemakai.

Saat kamu lagi nonton film di bioskop, pasti kamu pernah mendengar “all around you,” yang buat bulu kuduk merinding. Nah, itu adalah “Dolby Surround 7.1”, yang membuat suaranya terasa dari sekeliling. Dolby sendiri merupakan sebuah sound system yang yang dibentuk dari laboratorium Dolby. Sama dengan headset gaming, ada juga loh yang dilengkapi dengan fitur virtual surround 7.1. Dengan begitu, kamu bisa menikmati audio yang dihasilkan dari game dari berbagai arah seolah-olah Anda pun ikut bermain di dalamnya.

Baca juga: Yuk, Ketahui Kekuatan Juga Kelemahan Gaming Headset Virtual 7.1 dan Real 7.1

  1. Kualitas mikrofon

Ada banyak game yang harus dimainkan bareng teman-teman. Biasanya, game seperti itu membutuhkan komunikasi yang efektif. Nah, headset gaming terbaik harusnya sudah dilengkapi dengan mikrofon yang mempunyai kualitas yang bagus dan khusus gaming.

Kamu pernah main game bareng teman, terus lagu yang mereka dengarkan masuk, atau terdengar suara kipas angin? Itu akan sangat bermasalah untuk menciptakan komunikasi yang efektif. Maka dari itu, mikrofon yang bagus juga mempunyai fitur noise-cancellation, yang kegunaannya adalah sebagai peredam suara yang terlalu besar seperti berteriak terlalu kencang atau tertawa terlalu keras.

  1. Kenyamanan

Mau secanggih apapun headset gaming kamu, kalau tidak nyaman saat kamu pakai, pasti jadi tidak worth it. Nyaman disini maksudnya adalah tidak mengganggu aktivitasmu saat bermain game, tidak berat,  dan empuk di bagian earcup. Jadi, pilihlah headset yang terbuat dari bahan yang ringan dan empuk di telinga. Sehingga kamu bisa berkonsentrasi lebih terhadap game tersebut. Terbuka dan tertutup juga mempengaruhi kenyamanan loh. Baca nomor 5 untuk informasi tersebut.

Untuk beberapa orang, ada yang telinganya lebih besar dari rata-rata. Jangan khawatir. Ada kok headset gaming yang mempunyai ukuran khusus untuk kalian. Pilihlah ukuran yang dapat benar-benar menutupi seluruh telinga kamu.

  1. Terbuka atau tertutup

Terbuka atau tertutup sangat berpengaruh kepada kualitas suara. Kalau kamu ingin mendengar suara di sekitar kamu (bukan di game), disarankan headset gaming yang terbuka. Ini juga akan membantu kamu dalam menggunakannya dalam waktu yang lama dan tidak cepat memanaskan telinga. Tapi untuk gaming, disarankan yang tertutup. Jadi kamu bisa lebih berkonsentrasi terhadap game dan tidak terganggu dengan suara sekitar.

  1. Kabel atau Bluetooth

Topik ini sudah pernah dibahas melalui artikel kami yang sebelumnya. Kesimpulannya adalah headset gaming kabel menyajikan nilai yang lebih baik bagi mereka yang bermain game secara eksklusif di meja mereka. Apalagi, kita tidak perlu mengecas headsetnya. Di sisi lain, mereka yang lebih suka konsol atau menghubungkan PC mereka ke TV ataupun jalan-jalan, headset Bluetooth lebih cocok. Tapi dari keduanya, hampir tidak ada perbedaan nyata dalam kualitas suara.

Headset Bluetooth vs Headset Kabel

Headset Bluetooth vs Headset Kabel

Baca selengkapnya di: Perbedaan Antara Headset Bluetooth Dan Headset Kabel

  1. Durabilitas headset gaming

Headset gaming terbaik pastinya mempunyai durabilitas yang cukup dan tidak mudah patah atau retak saat digunakan. Ini termasuk kepada semua komponen seperti kabel, speaker, mic , headband dan sebagainya. Jadi saat jatuh pun, tidak langsung rusak. Tidak memilih yang benar, dapat merusak komponennya secara permanen. Goodbye deh uangnya.

  1. Budget kamu

Setelah kamu menyeleksi beberapa pilihan yang akan menjadi headset gaming terbaik untuk kamu, saatnya untuk mensortir berdasarkan harga. Harga termurah ataupun termahal, belum tentu terbaik untuk kamu. Tentukan lagi fitur yang paling penting dari pilihan-pilihan kamu. Apakah dengan selisih 100-200rb cukup bernilai untuk ditukar dengan fitur tersebut? Maka dari itu, yang mahal belum tentu yang terbaik untuk kamu. Bisa jadi, headset gaming murah, namun berkualitas, yang kamu butuhkan. Kalau kamu ingin mencari headset gaming murah, tentu saja jangan cari yang terlalu murah. Nanti menyesal kalau ternyata headset gaming murah itu tidak memiliki durabilitas yang baik. Kalau on budget, lebih baik pilih headset gaming murah tapi tidak murahan.

Karena kami ingin semua orang dapat gaming dengan pengalaman yang terbaik, Rexus juga menyediakan banyak macam headset gaming terbaik dalam kualitas dan terjangkau loh. Yuk coba dilihat produk-produk Rexus!

Baca Juga:

5 Tips Menentukan Kursi Gaming Terbaik Buat Kamu!

3 Komponen Utama Keyboard Gaming Terbaik

8 Tips Menentukan Mouse Gaming Terbaik Untuk Kamu

 

3 replies

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] 8 Tips Menentukan Headset Gaming Terbaik Buat Kamu […]

  2. […] Baca juga: 8 Tips Menentukan Headset Gaming Terbaik Buat Kamu […]

  3. […] 8 Tips Menentukan Headset Gaming Terbaik Buat Kamu […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two − 1 =