mouse gaming  mouse gaming Apa Arti Mouse Gaming dengan Nilai Akselerasi 20G, 30G, 40G? Daxa air 1068x630

Fofo: Mouse gaming DAXA Air

Gamer, sebagai pengguna mouse gaming, sebaiknya kita memahami arti akselerasi mouse atau mouse acceleration yang ditunjukkan dengan nilai seperti, 20G, 30G, 40G, dan seterusnya. Angka itu selalu dituliskan dalam spesikasi sebuah mouse gaming, seperti pada mouse DAXA Air dan Daxa Pro Wireless yang memiliki nilai akselerasi 40G.

Tentu produsen mempunyai tujuan tertentu untuk menuliskannya dalam spesifikasi mouse. Salah satu tujuannya adalah untuk memberi informasi kepada konsumen akan nilai akselerasi maksimal yang bisa dilakukan dengan mouse tersebut.

Mouse Acceleration mouse gaming Apa Arti Mouse Gaming dengan Nilai Akselerasi 20G, 30G, 40G? Mouse Properties e1580874576167 546x600

Apakah Nilai Akselerasi Mouse Gaming?

Akselerasi adalah istilah yang digunakan oleh beberapa produsen sensor yang menunjukkan laju maksimum perubahan kecepatan mouse gaming yang dapat dideteksi oleh sensor. Dengan kata lain, kita memahami nilai akselerasi sebagai satuan seberapa cepat sensor dapat berakselerasi dari satu titik ke titik lainnya.

Nilai akselerasi ini diukur dalam satuan G (percepatan gravitasi) di mana 1G = ~ 9.8m / s / s (meter / detik setiap detik, juga dilihat sebagai m / s2). Nilai akselerasi itu menentukan akselerasi maksimum dari titik tidak bergerak  (0 ms).

mesin pengukur akselerasi mouse mouse gaming Apa Arti Mouse Gaming dengan Nilai Akselerasi 20G, 30G, 40G? akselerasi mouse 600x452

Keterbatasan Fisik VS Pengukuran Mesin

Kecepatan akselerasi mouse gaming tidak bisa dilepaskan dari kemampuan otot – terutama otot tangan – untuk menggerakkan mosue secepat mungkin. Dari pengukuran sementara ini, belum ada pengguna mouse yang bisa melakukan akselerasi lebih dari 8G.

Sebagai contoh, untuk mencapai akselerasi 15G, mouse harus berakselerasi secara konstan dari 0 hingga 5.1m/detik semua dalam rentang sekitar  35 mikrodetik. Hal itu tentu mustahil dilakukan oleh orang kebanyakan. Hal tersebut juga sulit dilakukan karena keterbatasan area mousepad.

Sebagai contoh, jika kita berakselerasi terus-menerus dari titik A ke titik B, dimulai pada 0 m/detik dan berakhir pada 4m/detik, di mana titik A dan B adalah tepi mousepad dengan lebar rata-rata 320mm, semua dalam rentang sekitar 80 mikrodetik , kita hanya akan  mencapai akselerasi 5.1G.

Jadi, 80 mikrodetik adalah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan melintasi mousepad selebar 320 mm saat berjalan dengan kecepatan konstan 4m/detik. Hal tersebut sangat sulit dilakukan dan jarang kita lakukan dalam kebanyakan game saat ini.

mouse daxa pro mouse gaming Apa Arti Mouse Gaming dengan Nilai Akselerasi 20G, 30G, 40G? daxa pro2 600x414

Foto: Mouse gaming DAXA Pro

Mengapa Ada Mouse dengan Nilai Akselerasi 20G Hingga 50G?

Jika kemampuan rata-rata pergerakan mouse yang dilakukan manusia adala sekitar 5-8G, mengapa banyak produsen mouse yang mengklaim bahwa produknya dapat berakselerasi 20G, 30G, atau bahkan 50G? Jawabannya tentu akan berbeda-beda dari setiap produsen.

Tetapi, satu hal yang pasti, produsen mouse ingin memberi gambaran secara makro pada konsumen bahwa rentang nilai akselerasi mousenya mempunyai kemampuan 0-20G, 0-30G, dan seterusnya. Artinya, meski kemampuan manusia hanya bisa menggerakkan mouse dengan akselerasi 5 -8G, sensor mouse dapat memfasilitasi pergerakan tersebut. Bahkan, jika lebih dari 8G.

Alasan kedua yang bisa dipahami adalah bahwa pengukuran kemampuan mouse dilakukan secara mekanikal dengan menggunakan mesin pengukur tertentu. Dengan menggunakan mesin, dapat diketahui kemampuan maksimal sebuah mouse.

Hal ini bisa kita bandingkan dengan daya tahan (lifespan) switch mouse atau keyboard yang ditunjukkan dalam ukuran jutaan klik. Secara realistis, tentu saja kita tidak bisa mengetik hingga 50 juta klik. Tetapi, sekali lagi, ukuran tersebut merupakan ukuran mekanikal yang bisa memberi informasi kepada konsumen mengenai kemampuan dan kualitas produk gaming yang hendak dibeli.

Jadi, untuk memilih sebuah mouse gaming, sebaiknya kamu memilih yang mempunyai nilai akselerasi tinggi agar dapat memfasilitasi kecepatan gerak semaksimal mungkin. Atau, mungkin saja kamu seorang Flash, yang mempunyai gerakan secepat kilat sehingga butuh mouse yang bisa diajak berakselerasi tinggi.

Telusuri Produk Rexus

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *