Hx20 White Cable headset Bingung Sambungkan Headset Gaming ke Ponsel? Cara Ini Harus Diketahui hx20 004 600x600

Gamer, buat kamu yang ingin menggunakan headset gaming ke ponsel, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Hal pertama yang paling penting dan utama adalah jenis konektornya.

Jelas donk, ada beragam tipe konektor yang dimiliki oleh tiap jenis headset. Konektor itu bisa berupa konektor USB, konektor jack 3.5mm, konektivitas dengan berbasis Bluetooth, atau konektivitas dengan menggunakan USB receiver (dongle).

Jika kita kita tidak memperhatikan tipe konektor yang ada dalam headset tersebut, tentunya headset tidak bisa tersambung atau bisa tersambung, tetapi tidak berfungsi dengan baik. Misalnya, headset dengan konektor jack 3.5mm ganda seperti headset Rexus F30 hanya dicolokkan satu konektornya saja maka yang terjadi adalah hanya suara atau mikrofon saja yang berfungsi. Tidak biasa dua-duanya sekaligus.

Nah, biar kamu makin paham cara mengoneksikan headset ke ponsel atau HP, yuk kita bahas beberapa hal ini.

1. Ketahui perbedaan signifikan headset nirkabel dan kabel

Pada dasarnya, terdapat dua metode utama koneksi headset ke HP, yaitu tanpa kabel (wireless) dan dengan kabel (wired). Dengan mengetahui dulu konektor yang ada pada headset, kita bisa menyesuaikannya dengan port yang ada di ponsel.

Memang, ada beberapa headset gaming yang sudah menggunakan koneksi ganda (multiple connection) dalam unitnya. Sebagai contoh, pada headset Rexus S7 Pro, kamu bisa menemukan konektor menggunakan kabel (kabel TRRS) dan konektor nirkabel berbasis Bluetooth v5.0.

headset Cara Lengkap Menyambungkan Headset Kabel ke HP WhatsApp Image 2019 01 16 at 15 headset Bingung Sambungkan Headset Gaming ke Ponsel? Cara Ini Harus Diketahui WhatsApp Image 2019 01 16 at 15

2. Cara mengoneksikan headset kabel ke ponsel
Semula, banyak yang beranggapan bahwa dengan headset yang menggunakan kabel itu khusus disambungkan dengan PC. Anggapan itu salah! Headset berkabel juga bisa disambungkan dengan HP.

Sistem plug and play, memungkinkan headset langsung dapat dikenali oleh operating sistem di HP dan langsung bisa digunakan. Penggunaan kabel itu disertai dengan penggunaan konektor di ujungnya. Secara umum, sebuah  gaming headset dilengkapi dengan 3 macam konektor, yaitu:

Hx20 White LED headset Bingung Sambungkan Headset Gaming ke Ponsel? Cara Ini Harus Diketahui HX20 001 600x600

Foto: Headset Rexus HX20 White Edition

a. Konektor USB kabel
Dalam gaming headset, konektor USB ini berfungsi untuk menyalurkan daya listrik yang akan menyalakan LED pada headset. Di beberapa headset, terutama keluaran baru, konektor USB digunakan sebagai satu-satunya konektor yang bisa untuk menyalurkan listrik, sinyal suara untuk speaker, dan suara dari mikrofon sekaligus.

Headset dengan konektor USB dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Single USB (Data dan daya)
    Headset yang mempunyai konektor single USB (tanpa jack 3,5mm) mentransfer suara dan data ke ponsel. Data tersebut bisa berupa pengaturan software surround yang mendukungnya.

    Contoh headset:
    Rexus HX10, Rexus HX20

    Cara koneksi  ke ponsel:
    Menggunakan tambahan converter OTG type A ke type C atau micro (sesuai port ponsel)

  • USB + jack 3.5mm ganda
    USB dalam headset jenis ini hanya berperan sebagai pengantar daya listrik untuk mengaktifkan LED headset, sedangkan suara dan mikrofon diaktifkan dengan mengoneksikan kedua konektor yang berwarna hijau dan pink.

    Contoh headset:
    Rexus F995, Rexus F22

    Cara koneksi ke ponsel:
    Menggunakan tambahan konverter USB untuk colokan USB nya dan menggunakan tambahan konverter/splitter female untuk menyambungkan kedua jack 3.5mm ganda yang ada.

  • USB + jack 3.5mm tunggal
    USB dalam headset jenis ini hanya berperan sebagai pengantar daya listrik untuk mengaktifkan LED headset, sedangkan suara dan mikrofon diaktifkan dengan mengoneksikan jack 3.5mm tunggal, langsung ke port 3.5mm ponsel.

    Contoh headset:
    Rexus F65, Rexus F55

    Cara koneksi ke ponsel:
    Menggunakan tambahan konverter USB untuk colokan USB-nya agar lampu LED headset menyala, sedangkan untuk jack 3.5mm langsung dicolokkan ke port 3.5mm ponsel.

b. Konektor Jack 3.5mm Tunggal

Headset yang menggunakan jack 3.5mm tunggal memang ditujukan untuk dikoneksikan ke ponsel atau pemutar musik yang dilengkapi port 3.5mm tunggal. Sistem konektor ini juga biasa ada pada earphone.

Contoh headset:
Rexus HX20

Cara koneksi ke ponsel:
Tinggal koneksikan langsung jack-nya ke port 3.5mm yang ada di ponsel.

headset bluetooth bt5 black headset Bingung Sambungkan Headset Gaming ke Ponsel? Cara Ini Harus Diketahui WL BT5 03 1 600x422

Foto: Rexus BT5

3. Cara mengoneksikan headset dengan konektivitas Bluetooth ke ponsel

Headset nirkabel kebanyakan didukung teknologi Bluetooth karena faktor kepraktisan dan kompatibilitasnya. Karenanya, saat dikoneksikan dengan ponsel, kedua perangkat harus mengaktifkan dahulu fitur Bluetooth-nya.

Contoh headset:
Rexus S7 Pro, Rexus BT6, Rexus BT5

Cara koneksi ke ponsel:
Aktifkan dulu Bluetooth di ponsel. Nyalakan headset. Tunggu hingga lampu indikator berkedip sebagai tanda headset siap di-pairing ke ponsel.

4. Headset dengan konektivitas USB receiver ke ponsel

Headset dengan konektor USB receiver memang masih jarang. Tetapi, beberapa sumber mengklaim bahwa sistem konektor headset dengan menggunakan USB receiver ini lebih stabil sinyalnya dibandingkan dengan menggunakan Bluetooth.

Cara mengoneksikannya akan sama dengan cara mengoneksikan USB dongle ke ponsel, yaitu dengan menggunakan tambahan konverter USB OTG.

Beberapa cara mengoneksikan headset ke ponsel tersebut harus diikuti dengan cara mencolokkan konektornya secara tepat. Jika koneksinya agar longgar, maka pontensi gangguan suara pada headset akan besar, seperti suara listrik statis (grounding) atau mikrofon yang tidak bekerja baik.

 

Telusuri Produk Rexus

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *