Cara Dasar Atasi Kendala Koneksi Bluetooth di PC dan Laptop Windows 10

Gamer, ada beberapa pengguna yang mengalami kendala saat mengoneksikan perangkat Bluetooth ke laptop atau PC Windows 10. Ternyata, kendala tersebut memang bukan hal yang langka karena sistem operasi terbaru Windows ini memang sering kali membutuhkan pengaturan khusus saat dikoneksikan dengan perangkat lain, terutama perangkat yang memiliki driver usang.

Sebagai sistem operasi terbaru dari Microsoft, Windows 10 memang menawarkan fitur yang sangat lengkap, baik untuk bekerja profesional, multimedia, ataupun bermain game. Tapi, seperti kita ketahui, tidak ada teknologi yang sempurna.

Beberapa kendala yang sering muncul saat mengoneksikan perangkat Bluetooth ke komputer atau laptop Windows 10 adalah perangkat tidak bisa terdeteksi, Bluetooth tiba-tiba hilang atau tidak berfungsi sama sekali, suara headset Bluetooth yang jadi tak maksimal, atau fungsi mikrofon headset Bluetooth tidak berfungsi.

Masing-masing kendala tersebut dapat diatasi dengan beberapa pengaturan khusus yang dibutuhkan, seperti cara ini. Tetapi secara umum, cara mengatasi permasalahan penggunaan perangkat Bluetooth adalah dengan beberapa cara berikut ini:

1. Menggunakan dongle Bluetooth yang mendukung

Untuk komputer atau PC, seringkali dibutuhkan tambahan dongle atau receiver Bluetooth. Pastikan receiver Bluetooth tersebut mendukung transfer data beragam platform dan codec, termasuk codec transfer data musik seperti A2DP, AAC, SBC, ataupun codec lainnya.

2. Pindah port USB buat dongle Bluetooth

Jika saat dikoneksikan dengan komputer, dongle Bluetooth tidak bekerja dengan baik, maka ada baiknnya pindah ke port USB yang lain. Sering terjadi, beberapa port USB memiliki kapasitas dan kondisi yang berbeda beda.

 3. Jalankan Bluetooth troubleshooter

Setelah menggunakan dongle Bluetooth tetapi masih belum bisa dikoneksikan, maka langkah dasar selanjutnya adalah dengan menjalankan troubleshooter. Fitur ini bisa mendeteksi error secara otomatis dan memberikan rekomendasi solusinya.

Caranya ketik "troubleshooter" di Windows search bar, lalu pilih Troubleshoot Settings. Klik pada bagian Bluetooth > Run the troubleshooter. Biasanya, Windows bisa mendeteksi penyebab error dan kita bisa langsung memperbaikinya secara otomatis.

4. Update driver Bluetooth

Jika troubleshooter tidak bisa memperbaiki masalah secara otomatis, maka langkah dasar selanjutnya adalah dengan memperbarui atau update driver Bluetooth. Driver Bluetooth yang sudah usang bisa menjadi penyebab masalah.

Caranya adalah dengan masuk ke Device Manager > Expand pada bagian Bluetooth > klik kanan pada device Bluetooth > Update driver. Pastikan saat melakukan update komputer ini, koneksi internet dalam keadaan aktif.

5. Restart Bluetooth service

Langkah selanjutnya adalah dengan restart Bluetooth service di Windows. Caranya adalah dengan menekan tombol Windows + R lalu ketik services.msc. Setelah masuk ke services, cari service bernama Bluetooth Support Service > Restart.

6. Waspadai program bentrok atau crash

Bluetooth di Windows 10 juga bisa bermasalah jika terjadi bentrok dengan program lain. Program lain seperti memory cleaner, antivirus, game booster atau aplikasi lain dapat berpotensi terjadinya crash.

Jika masalah gangguan koneksi Bluetooth terjadi setelah menginstall program-program baru, maka sebaiknya uninstall dulu lalu dicek apakah koneksi Bluetooth masih error. Jika kemudian berjalan lancar lagi, maka program baru tersebutlah yang jadi sumber masalahnya.

7. Ganti pengaturan power plan

Jika kalian menggunakan settingan Power Saver maka coba dulu ubah menjadi Balanced. Settingan Power Saver ini bisa menjadi penyebab Bluetooth berhenti berfungsi karena Windows akan secara otomatis akan mematikan service-service yang masuk ke posisi standby jika tidak digunakan dalam waktu tertentu.

8. Instal ulang Windows

Jika semua langkah-langkah di atas tidak juga bisa menyelesaikan masalah, maka jalan terakhir adalah dengan instal ulang Windows 10. Jangan lupa untuk backup semua data penting yang ada di drive C sebelum melakukan instal ulang.

Langkah-langkah dasar tersebut dapat juga diaplikasikan saat mengoneksikan headset berkoneksi Bluetooth Rexus dengan PC atau laptop Windows 10. Perlu diingat, saat mengoneksikannya, pastikan headset dalam kondisi baterai yang sudah terisi karena koneksi Bluetooth membutuhkan daya baterai yang cukup besar.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published