Ini Dia Spesifikasi Ponsel yang Paling Cocok Buat Main Game

Gamer, siapa sih yang ngga bermain game via ponsel saat ini? Semua pasti main. Apalagi saat ini warnet pada tutup, jadi mau tidak mau, ponsel jadi perangkat paling praktis dan mudah buat main game.

Kamu tinggal meraih ponsel kamu terus langsung main sambil tiduran di kamar sambil selonjoran. Nyaman beudd! Asal punya kuota dan hape kamu bukanlah termasuk golongan kentang.

Itu dia! Memang agak repot jika kamu masih memiliki hape atau ponsel kentang jika ingin bermain game, apalagi game mobile yang berat, seperti PUBG Mobile atau Free Fire.

Buat kamu yang ingin upgrade hape agar bisa bermain game dengan nyaman, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa spesifikasi penting dalam sebuah ponsel. Jangan sampai kamu salah spek ya, bro.

MCU 1

1. Chipset

Chipset alias System on Chip jelas jadi pertimbangan pertama yang paling krusial untuk memproses data, baik yang merupakan suara ataupun grafis, pada sebuah ponsel pintar.

Untuk dunia ponsel pintar,  nama Qualcomm dan MediaTek sudah tak asing lagi di antara merek chipset lain, seperti Exynos buatan Samsung, Kirin yang dirakit dan dikembangkan oleh HUAWEI, serta seri “Ax” besutan Apple.

Pilih chipset terkini untuk memainkan game-game masa kini yang rata-rata berukuran besar dan rumit. Untuk Qualcomm, ada seri Snapdragon dengan tipe 2xx hingga 8xx. Semakin tinggi tipenya, tentu kinerja makin oke.

MCU 2

2. RAM

RAM atau Random Access Memory adalah kemampuan memory otak ponsel mengatur kinerja ponsel tersebut.  RAM yang digunakan pada sebuah smartphone adalah DRAM yang merupakan kependekan dari Dynamic Random Access Memory.

Seiring perkembangannya, RAM jenis ini kemudian mendapat modifikasi lanjutan dan berganti nama menjadi LPDDR yang dirancang sebagai RAM hemat daya untuk smartphone.

Ponsel pintar keluaran terbaru rata-rata telah menggunakan RAM berjenis LPDDR4 atau setidaknya LPDDR3. Untuk menjalankan game–game 3D dengan gegas dan lancar, kamu wajib memiliki smartphone dengan besaran RAM minimal 3GB.

pubg mobile

3. Resolusi dan luas layar

Memanjakan mata dengan bermain game itu memang paling nikmat pakai ponsel berlayar lebar. Untuk bermain game, kamu sebaiknya memilih smartphone dengan luas layar minimal 5,5 inci.

Untuk resolusinya, mulai tinggalkan deh resolusi HD. Saatnya beralih ke kualitas resolusi Full HD atau lebih baik lagi QHD. Dua level resolusi layar tersebut bikin tampilan game kamu lebih nyata dan detil.

battery

4. Baterai

Daya ponsel berasal dari baterai yang ada di dalamnya. Tanpa benda kotak itu, sia-sia permainan kamu. Baterai yang digunakan pada smartphone saat ini rata-rata berjenis Lithium-Ion (Li-Ion) dan Lithium-Polymer (Li-Po). Masing-masing punya keunggulan dan kelemahannya tersendiri.

Saat ini, smartphone kelas menengah ke bawah sudah banyak yang dilengkapi dengan baterai berukuran besar. Itu bisa dilihat dari kapasitas baterai yang ditunjukkan dalam satuan mAh. Semakin tinggi mAh-nya, maka semakin awet baterainya.

MCU 3

5. Memory internal

Dalam ponsel, ada dua tipe kapasitas penyimpanan, yaitu internal dan eksternal. Memory eksternal berupa kartu memory yang dimasukkkan ke dalam slot sebagai tambahan penyimpanan, sedangkan memory internal adalah kapasitas penyimpanan dalam ponsel tersebut.

Fungsi memory internal sangat penting karena game-game saat ini hadir dalam sebuah paket aplikasi berukuran sangat besar. Bahkan, tak sedikit yang sudah melampaui angka 1GB.

Masih banyak juga ponsel yang tak memperbolehkan kamu menyimpan data aplikasi ke memori eksternal sehingga kamu harus menyiasati sempitnya ruang internal yang disediakan. Kecuali kamu melakukan proses rooting ya.

Saat ini ukuran memory internal berkapasitas 32GB ataupun 64GB jadi kapasitas paling ideal buat kamu penyuka game. Lebih kecil dari itu, kamu bakal dibuat repot dengan sering memindahkan atau menghapus data yang ada.

Bluetooth Headset Rexus M1

6. Perangkat pendukung

Perangkat ini memang tidak masuk dalam spesifikasi ponsel gaming, tetapi tanpa perangkat ini, kamu takkan bisa bermain game secara nyaman dan optimal. Perangkat pendukung game mobile yang pertama adalah headset ataupun earphone. Alat penyuara ini bakal membantu kamu menemukan suara step atau langkah musuh. Headset dan earphone keluaran Rexus terbukti mempunyai kualitas bagus dalam memproduksi suara game yang detil.

Rexus PA81 Power Adaptor

Perangkat lainnya adalah charger adapter atau alat pengisi ulang daya secara cepat atau fast charger. Rexus Fast Charger PA81 dan PA75 dilengkapi dengan teknologi fast charging Qualcomm 3.0 untuk pengisian daya secara cepat dan stabil sehingga kamu bisa mengisi daya ponsel secara kilat.

Lengkapi permainan game kamu dengan perangkat mobile yang mumpuni untuk mendapatkan kenyamanan secara maksimal!

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published