Ini Fungsi Mousepad dan Mousemat yang Wajib Kamu Ketahui

Gamer, mousepad atau mousemat menjadi salah satu perangkat gaming yang tidak bisa disepelekan saat ini. Bukan hanya sebagai pemanis, alas mouse ini menjadi media pergerakan mouse agar bisa bergerak dan berfungsi secara maksimal.

Dalam sebuah permainan game, ketepatan dan kecepatan mouse menjadi penentu kemenangan, terutama dalam sebuah turnamen. Kesalahan gerak atau keterlambatan mouse bisa jadi sebuah celah yang dapat dimanfaatkan lawan untuk mengalahkan kita.

Foto: Mousemat DAXA Mat

 

Mousepad VS Mousemat

Saat ini, ada dua istilah yang sering dipakai untuk mengartikan alas mouse tersebut. Ada istilah mousepad, seperti yang sering kita dengar dan pakai. Ada juga istilah mousemat.

Istilah terakhir tersebut mungkin masih jarang kita dengar. Sebenarnya, keduanya menunjuk pada benda dengan fungsi yang sama, yaitu sebagai alas mouse.

Bedanya lebih merujuk pada ukurannya. Mousemat digunakan untuk menunjuk pada mousepad dengan ukuran yang lebar. Untuk itu, dipakailah istilah "mat" yang sebenarnya berarti tikar.

Kamu bisa menemukan model mousemat dalam produk DAXA Mousemat. Dengan ukuran panjang: 483mm, lebar: 356mm, dan tebal: 5mm, mousepad sekaligus mousepad ini cukup lebar untuk menjadi media pergerakan mouse kamu.

Foto: Mousemat DAXA Mat

 

Fungsi Mousepad dan Mousemat

Di luar perbedaan istilah tersebut, keduanya mempunyai fungsi yang sama. Apa saja fungsi mousepad atau mousemat yang harus kamu ketahui?

1. Media treking sensor

Saat ini, sebagian besar mouse, terutama gaming mouse, menggunakan sensor optik. Prinsip dasar mouse optik adalah dengan menggunakan sinar inframerah yang dipancarkan ke permukaan alas, kemudian sensor optik akan menelusuri atau men-tracking frame sinar tersebut untuk selanjutnya menjadi sinyal untuk menggerakkan kursor di monitor.

Dibutuhkan permukaan alas berwarna gelap agar sinar inframerah dari sensor mouse tidak memantul secara liar. Jika memantul secara liar, maka sensor tidak bisa memetakan dot atau titik permukaan di bawahnya.

2. Menjaga pergerakan mouse stabil

Mouse tetap dapat bergerak saat digunakan dengan alas meja atau alas lain. Tapi, tentu saja kita tak bisa menjamin kehalusan permukaannya. Jika permukaan alas tidak rata, maka pergerakan mouse jadi tak stabil.

Ketidakstabilan gerakan tersebut juga disebabkan karena sensor kesulitan memetakan permukaan sehingga berpengaruh pada kecepatan pemetaan (Fps).

3. Pengendalian mouse lebih mudah

Tingkat presisi atau ketepatan kita saat bermain game sangat dipengaruhi oleh ketepatan dan kecepatan gerakan mouse, terutama dalam gim First Person Shooting (FPS). Gerakan mouse yang terkontrol dan presisi tersebut hanya dapat diperoleh jika mouse mendapatkan alas yang tepat.

Mousepad kebanyakan terbuat dari serat nilon yang tetap licin namun gerakan mouse tetap terkontrol dengan baik.

Pergerakan mouse di atas mousepad juga ditentukan oleh kelenturan bahan karet atau rubber pada mousepad. Alas karet tersebut membuat mousefeet dapat mencengkeram dengan baik sehingga mouse dapat dengan tiba-tiba berhenti atau malah langsung berakselerasi.

4. Menjaga keawetan mouse

Mousepad berfungsi untuk melindungi permukaan dari efek gesekan, terutama pada bagian mousefeet-nya. Meski saat ini mouse banyak yang menggunakan mousefeet berbahan PTFE atau semacam teflon, tetapi gesekan demi gesekan tanpa mousepad akan tetap merusak lapisan mousefeet tersebut.

Hal ini tentu secara langsung akan membuat mouse kamu awet. Dan, yang jelas, dengan menggunakan mousepad kamu terhindar dari omelan orangtua akibat meja yang kamu gunakan bermain penuh bekas gesekan mouse.

5. Menambah gaya

Fungsi mousepad ataupun yang satu ini tidak bisa diabaikan. Karenanya, saat ini banyak mousepad dan mousemat yang dilengkapi dengan LED RGB, seperti mousepad Rexus KVLAR TR1 dan TR2, serta mousemat DAXA Mats.

Mousepad dan mousemat tersebut akan menambah penampilan kamu saat bermaing game. Apalagi jika kamu juga aktif melakukan game streaming, mousepad dan mousemat tersebut akan memberikan aksen sempurna untuk mendukung penampilan kamu.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published