Keyboard Gaming Bermasalah? Coba Update Firmware Dulu

Gamer, jika keyboard gaming mengalami kendala dan terasa tidak normal, ada baiknya kamu update firmware terlebih dahulu sebelum memvonis keyboard tersebut rusak. Ya, beberapa keyboard gaming yang dilengkapi dengan perangkat lunak (software) memang membutuhkan pembaharuan firmware agar bisa berfungsi normal.

Tanpa update firmware tersebut, keyboard gaming yang menggunakan perangkat lunak terkadang berfungsi tidak normal. Ketidaknormalan itu biasanya seperti tombol yang mengetik sendiri atau fungsi tombol yang tertukar.

Kejadian itu bisa terjadi tiba-tiba dan terjadi hanya sesekali. Tapi, ada pula yang terjadi beberapa kali atau malah terus terjadi, tergantung dari kesesuaian perangkat lunak dengan sistem di komputer kamu.

Apa itu Firmware?

Firmware adalah sejenis perangkat lunak (software) yang mengacu pada bagian sistem yang melakukan berbagai macam proses rutin yang tersimpan dalam ROM (Read Only Memory).

Dalam perangkat gaming, firmware digunakan untuk memperbarui kesesuaian sistem antara perangkat gaming dengan komputer yang dikoneksikan. Dengan firmware, perangkat lunak yang mendukung perangkat gaming dapat berfungsi secara baik.

Contohnya, pada keyboard Rexus Legionare MX9 terjadi fungsi tombol yang tertukar antara satu tombol dengan tombol lain atau tiba-tiba mengetik sendiri huruf (\\\). Setelah diupdate firmware-nya, bug seperti itu akan kembali normal sehingga keyboard bisa digunakan kembali.

Apa Bedanya dengan Software?

Fireware bisa dikatakan sebagai sebuah perangkat lunak terprogram yang ditempatkan pada perangkat keras/hardware. Fungsinya adalah untuk mengontrol hardware dan segala macam fungsinya. Firmware memungkinkan sebuah hardware dapat berkomunikasi/menjembatani sistem yang tertanam pada sebuah perangkat gaming sesuai pengaturan penggunanya.

Sedangkan software atau perangkat lunak adalah sebuah sistem yang mengacu pada program tingkat tinggi dalam menyediakan kontrol pengguna terhadap sebuah perangkat. Kontrol ini bersifat menyeluruh terhadap sebuah hardware maupun aplikasi yang terinstal di dalamnya.

Contoh, dalam perangkat gaming, software dapat digunakan untuk mengatur fitur Macro-nya sehingga keyboard atau mouse tersebut dapat digunakan untuk menyimpan berbagai fungsi tombol keyboard. Software disimpan dalam sebuah memori dan dapat dengan mudah diakses, ditingkatkan, diganti maupun dihapus.

Fungsi Update Firmware

Perlu diketahui, biasanya perusahaan pengembang perangkat elektronika akan meluncurkan firmware yang lebih baru ketika firmware lama dari perangkat yang dikembangkannya mengalami beberapa permasalahan, seperti munculnya bug, adanya kerentanan keamanan yang muncul, dan lain sebagainya.

Karenanya, firmware bisa dibilang sebagai suatu pembaharuan yang memang harus dilakukan oleh produsen perangkat. Itu adalah salah satu fungsi firmaware dari sisi produsen. Lalu, apakah fungsi update firmware buat kita?

1. Optimalkan performa perangkat

Manfaat yang utama adalah untuk meningkatkan performa suatu perangkat. Misalnya, pada keyboard gaming, pembaharuan firmware akan membuat fungsi Macro lebih optimal. Selain itu, juga bisa untuk menambah fasilitas maupun tampilan supaya lebih menarik lagi.

2. Perbaiki bug

Manfaat selanjutnya yaitu untuk memperbaiki bug atau error pada fungsi sebuah perangkat gaming. Misalnya tidak bisa menjalankan aplikasi yang sudah diinstal atau aplikasi tidak berjalan mulus padahal spesifikasi perangkat sudah memenuhi.

3. Peningkatan fitur

Biasanya, ketika sedang mendownload update software akan tersedia aplikasi baru dan juga update dari aplikasi yang telah terinstal. Aplikasi yang biasanya mendapatkan update adalah aplikasi bawaan perangkat. Nah, dengan update firmware akan membuat perubahan tersebut bisa dijalankan dengan mulus di perangkat.

Foto: Keyboard gaming Rexus Legionare MX9

 

Update Firmware Keyboard Rexus

Saat ini, ada tiga tipe keyboard gaming Rexus yang mempunyai tiga tipe keyboard gaming yang didukung perangkat lunak untuk mendukung fitur Macro. Keyboard tersebut adalah Legionare MX8, Legionare MX9, dan Legionare MX10.

Dengan perangkat lunak tersebut, kamu bisa mengatur fungsi tombol keyboard dan mengatur pencahayaan ataupun warna LED. Agar perangkat lunak tersebut dapat berfungsi dengan baik, kamu bisa memperbarui firmware-nya pula.

Bagaimana caranya? Kamu bisa mendapatkan firmware terbarunya di sini. Tinggal mengunduhnya dan simpan update firmware tesebut di sistem komputer kamu. Sangat mudah, bukan? Tidak perlu pengaturan lebih lanjut.

Biasakan untuk memnperbaharui firmware keyboard gaming Rexus agar dapat menggunakannya secara optimal. Tapi perlu diingat ya, pembaruan firmware ini hanya bermanfaat buat keyboard gaming yang dilengkapi perangkat lunak.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published