Makin Kenal Tipikal Switch Gateron Merah untuk Keyboard Gaming

Gamer, switch Gateron menjadi salah satu switch yang sering digunakan dalam beragam produk keyboard gaming mekanikal. Beberapa produk keyboard gaming Rexus juga menggunakan merek switch ini.

Di antara banyaknya pilihan switch dengan masing-masing tipikalnya, switch Ganteron warna merah atau red switch menjadi salah satu pilihan yang banyak digunakan para gamer dan profesional dewasa ini. Seperti kita ketahui, tiap warna switch mempunyai karakteristik dan tipikal yang berbeda-beda.

Kamu pasti penasaran seperti apa tipikal dan karakteristik switch Gateron berwarna merah. Beberapa sumber mengatakan bahwa switch ini cocok buat para gamer yang suka keheningan alias tidak terlalu berisik. Benarkah seperti itu?

Gateron, Merek Switch Bukan Abal-abal

Sebenarnya, merek switch untuk keyboard mekanikal ini bukanlah bocah kemarin sore. Eksistensinya sudah ada lebih dari satu dasawarsa lampau. Switch Gateron diproduksi oleh Huizhou Gateron Electronic Technology Co., Ltd..sebuah perusahaan semikonduktor dari China yang berdiri sejak tahun 2000.

Bersama dengan Outemu, Kaihua, serta Kaihl, Gateron memang dikenal sebagai salah satu merek switch yang berkiblat pada switch terkenal Cherry MX. Bahkan, mereka dianggap sebagai “kloningan” Cherry MX sejak merek switch kolaborasi perusahaan Amerika dan Jerman ini membuka monopoli patennya terhadap desain switch sejak 2004.

Dibandingkan dengan merek sejenis, Gateron mempunyai banyak tipe dan jenis switch yang ada di pasaran. Merek ini membagi lini produknya menjadi beberaopa kelas, yaitu Standar (switch Red, Blue, Brown, Green, Black, dan Yellow), Milk, Low-Profile, dan switch Silent.

Keunggulan lainnya adalah Gateron menerapkan standar ketahanan yang tinggi pada tiap tipe switch-nya. Tiap tipe yang dimilikinya rata mempunyai durabilitas (lifespan) 50 juta klik.

Selain itu, switch Gateron juga terkenal yang paling halus ketukan tombolnya dibandingkan merek lainnya. Jadi, misalnya jika dibandingkan dengan switch merah Outemu, swich merah Gateron lebih halus dan ringan ketukannya.

Switch Gateron Merah yang Linear

Secara khusus kita akan membahas switch Gateron standar yang berwarna merah. Memang betul jika switch ini digolongkan sebagai switch dengan karakteristik yang "lembut" dan tak berisik. Meski tidak selembut warna clear atau bening, namun switch warna merah ini cukup membuat kamu tak terganggu dengan bunyi "cetak-cetak" yang identik dengan switch keyboard mekanikal.

Hal itu dikarenakan switch ini bertipe linear dengan actuation force hanya sekitar 45cN. Lebih tinggi sedikit dibandingkan dengan switch bening yang super ringan untuk kelas keyboard gaming.

Switch linear berfokus untuk menghasilkan aktuasi yang lebih halus dan konsisten. Buat kamu yang tidak menginginkan suara keras, tipe switch ini cocok. Buat pekerja profesional yang membutuhkan keyboard dengan tekanan stabil untuk mengetik atau melakukan pekerjaan coding, jenis switch ini sangat direkomendasikan. Meski demikian, switch ini tetap cocok menjadi pilihan bagi para gamer.

Mengapa? Tekanan tombol yang konsisten memungkinkan switch ini mencapai presisi yang lebih dalam game. Secara keseluruhan, switch linear menawarkan kecepatan yang cenderung lebih cepat.

Saat ini, tipe linear yang paling populer ada dalam switch berwarna merah. Switch ini memang sedang digemari oleh banyak pengguna keyboard mekanikal karena dinilai tidak terlalu berisik dan multifungsi, bisa digunakan untuk beragam aktivitas mengetik.

Foto: keyboard gaming DAXA M84

Cocok untuk Gaming Tanpa Berisik

Gateron adalah jenis switch dengan karakteristik halus untuk semua tipenya. Meski tidak berisik, switch Gateron tetaplah switch mekanikal yang mempunyai sifat linier ataupun tactile yang memberi sensasi tersendiri pada tiap ketukannya.

Buat kalian yang menyukai game PC tanpa membuat keributan berarti, menggunakan keyboard dengan switch Gateron berwarna merah merupakan pilihan tepat. Di atas sifatnya yang lebih halus, kualitas switch Gateron dapat diandalkan, baik dari segi durabilitasnya maupun dari kedetilan produksinya.

Belum tahu merek keyboard yang mempunyai varian atau pilihan switch Gateron merah? Kamu bisa menemukannya pada keyboard DAXA M71 Pro, DAXA M84, dan tipe keyboard terbaru keluaran Rexus, Legionare MX20. Ketiganya menawarkan empat pilihan warna switch Gateron dan salah satunya berwarna merah. Tertarik?

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published