Mode Gamepad X-input dan D-input. Apa Sih Bedanya?

Gamer, buat kamu yang biasa bermain dengan gamepad, tentu tahu donk yang dimaksud dengan mode Xinput dan Dinput yang ada dalam kontroler tersebut. Xinput sebenarnya ditulis dengan tulisan X-input dan Dinput adalah Direct input (D-input).

Secara mudah dipahami, keduanya merupakan mode kompatibilitas perangkat dengan komputer. Jadi, komputer akan mendeteksi dan mengaplikasikan perintah atau kontrol dari perangkat pengontrol yang dikoneksikan ke komputer, seperti gamepad.

Foto: Gamepad Wireless Rexus GX100

Apa Perbedaan Keduanya?

Keduanya sebenarnya bukanlah dua hal yang berbeda, melainkan sistem yang beda versi saja. Direct Input atau D-input adalah sistem kompatibilitas yang lebih dahulu alias jadul, sedangkan Xinput merupakan penerusnya. Agar lebih jelas, yuk kita bahas satu per satu.

Agar lebih mudah dipahami, penjelasannya langsung kita aplikasikan saja ya di gamepad.

Direct Input (D-input)

Dalam sistem komputer, D-Input adalah program API Microsoft lama untuk mengoordinasi beragam perintah atau input dari semua perangkat input yang terkoneksi, seperti mouse, keyboard, ataupun gamepad.

Sistem tersebut berfungsi untuk memetaan tindakan, yang memungkinkan pengguna untuk beragam perintah dalam game ke tombol dan sumbu perangkat yang terkoneksi ke komputer, termasuk mapping. Selain itu, sistem ini juga memberikan umpan balik ke perangkat terkait.

Dengan mode direct input, hampir semua fitur yang ada dalam gamepad – jika diaplikasikan pada gamepad – dapat terbaca dan diaplikasikan, termasuk fitur getar yang menjadi salah satu kelebihan gamepad dibandingkan perangkat gaming lain.

Sayangnya, perangkat masa kini banyak yang sudah meninggalkan sistem ini karena dinilai tidak bisa rebinding secara otomatis. Karena alasan itu, muncullah sistem yang lebih baru bernama X-input.

X-Input

Seperti disebut di atas, Xinput merupakan penerus dari D-input. X-input ini diciptakan untuk melayani kompatibilitas kontroler moderen, seperti halnya Xbox.

XInput memiliki keuntungan bahwa kamu tidak perlu rebind gamepad atau perangakat gaming yang kamu koneksikan ke komputerkarena tata letak secara otomatis benar dan sesuai dengan mapping pada game.

Namun, ternyata sistem XInput juga mempunya kekurangan loh daripada Direct Input. Kebanyakan mode ini hanya dapat mendukung hingga 4 pengontrol sekaligus dan tidak mendukung pengontrol yang memiliki lebih banyak tombol/sumbu, seperti pengontrol 360.

Umumnya semua game moderen memiliki dukungan X Input, meski ada beberapa yang masih kompatibel Direct Input. Begitu pula kebanyakan pengontrol moderen mendukung X Input dan Direct Input.

Foto: Gamepad Rexus GX1

Kombinasi X-input dan D-input di Gamepad Rexus

Agar bisa digunakan untuk memainkan berbagai permainan dari segala genre, maka banyak gamepad yang mengombinasikan kedua mode tersebut di dalamnya. Begitu pula dengan gamepad Rexus.

Semua gamepad Rexus memadukan dua mode tersebut. Ada yang secara otomatis akan menyesuaikan inputnya, namun ada pula yang diganti secara manual dengan cara menggeser switch yang ada di belakang gamepad.

Fitur ini dapat kamu temukan pada gamepad Rexus GX1. Meski terlihat agak oldies, tetapi justru sistem manual dengan switch kamu bisa mudah mengetahui dan memindah kompatibilitas mode input yang kamu gunakan.

Sekarang sudah makin jelas ya, dengan fungsi dari X-input dan D-input. Jadi, jika gamepad kamu tidak bisa berfungsi saat memainkan sebuah game, maka bisa dicoba dahulu untuk mengganti mode inputnya tersebut.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published