Mouse Feet, Komponen Penting Penentu Akselerasi Mouse Gaming

Gamer, mungkin ada sebagian dari kalian yang kurang memperhatikan komponen mouse feet pada mouse gaming kalian. Padahal, komponen tersebut menjadi salah satu penentu pergerakan dan akselerasi mouse gaming yang kalian gunakan. Mouse feet atau kaki mouse menjadi bagian pada mouse yang langsung bersentuhan dengan mousepad atau permukaan meja.

Kita bisa mengadaikan mouse feet layaknya tapal atau sepatu pada kaki kuda. Tanpa tapal, kuda tidak akan bisa berjalan atau berlari kencang karena kukunya akan sakit terkena batuan jalanan. Begitu pula dengan mouse tanpa mouse feet. Tanpa mouse feet, gesekan berulang dan terus menerus akan membuat plastik bagian bawah mouse akan tergerus dan rusak. Tak hanya itu, mousepad atau lapisan meja juga akan hancur jika mouse tidak menggunakan mouse feet.

 Foto: mouse feet

 

Apa itu Mouse Feet?

Seperti namanya, mouse feet atau kaki mouse adalah lapisan alas yang ada di bawah mouse dan berfungsi sebagai tapak mouse saat digeser. Biasanya, mouse feet berjumlah empat buah dan ditempelkan pada bagian alas mouse. Setiap mouse mempunyai bentuk alas yang berbeda sehingga mouse feet harus diseuaikan dengan bentuk tersebut.

Mouse feet berperan penting untuk menjaga agar mouse meluncur secara mulus di atas alas mouse. Dengan mouse feet, bagian bawah mouse terlihat lebih tinggi dari alas mouse secara keseluruhan. Hal tersebut meminimalkan gesekan sambil tetap menjaganya cukup dekat agar sensor dapat melacak secara presisi.

Karena sensor mouse harus bisa tetap melacak permukaan secara optimal, ketebalan mouse feet harus tidak boleh terlalu tebal karena akan memempengaruhi Lift of Distance (LOD) atau jarak angkat efektif mouse. Sebaliknya, mouse feet juga tidak boleh terlalu tipis karena saat mouse ditekan, mouse feet yang terlalu tipis akan ambles dan seluruh alas mouse akan tergesek di permukaan. 

Bahan Mouse Feet Ideal

Dulu, mouse jarang yang dilengkapi dengan mouse feet karena mengandalkan tonjolon pada alas mouse sudah cukup. Tapi, untuk mouse gaming, hal itu tak cukup. Pergerakan yang cepat dan akseleratif membuat gesekan mouse dengan alas makin parah. Tanpa mouse feet, permukaan mouse dan permukaan meja akan tergores dan aus.

Karena alasan tersebut, ditambahkanlah mouse feet. Saat itu, mouse feet terbuat dari sejenis plastik tipis yang licin. Tujuan pertamanya adalah untuk meninggikan posisi alas mouse agar tidak menempel di permukaan meja secara keseluruhan. Kelemahan dari mouse fee berbahan plastik adalah tentu saja bahan ini mudah aus saat terkena gesekan.

Sekarang, kebanyakan mouse feet pada mouse gaming moderen terbuat dari Polytetrafluoroethylene (PTFE) juga dikenal sebagai teflon. PTFE adalah polimer sintetis yang dikenal memiliki koefisien gesekan yang sangat rendah. Semakin konsisten dan mulus luncurannya, semakin baik itu untuk permainan Anda. Bahan ini dapat kamu temukan pada mouse feet mouse Rexus X13, Arsa, Daxa Pro Wireless, dan Daxa Air.

Saat ini, banyak produsen yang mencampurkan PTFE dengan plastik agar tampilannya sesuai dengan tampilan mouse itu. Kemurnian PTFE dapat diketahui dengan memengang mouse feet tersebut, semakin licin permukaannya, keras, dan punya sifat getas, maka dapat dipastikan kandungan PTFE pada mouse feet tersebut lebih tinggi. 

Bentuk yang Ideal

Biasanya, mouse sudah mempunyai pola mouse feet pada alas mouse. Jika sudah ada polanya, maka PTFE biasanya ditempelkan dengan menggunakan selotip dua sisi untuk ditempelkan di pola bagian bawah mouse tersebut. Jika ingin menggantinya, kamu harus membeli mouse feet cadangan sesuai dengan tipe mouse tersebut.

Tetapi, buat mouse yang belum mempunyai pola mouse feet di bahgian bawahnya, kamu justru mempunyai keleluasaan untuk memilih bentuk mouse feet sesuai selera. Bentuk yang ideal dari mouse feet adalah oval, tidak bersudut lancip.

Mouse feet dengan bentuk oval atau tidak bersudut lebih maksimal pergerakannya karena tidak ada sudut yang berpotensi tersangkut pada mousepad. Selain itu, bentuk seperti itu juga tidak mudah terkelupas. Pilih pula mouse feet yang sudah dilengkapi dengan selotip berkualitas rekat tinggi, seperti 3M. 

Diganti Sendiri

Saat ini, kamu bisa membeli mouse feet secara terpisah. Banyak marketplace yang menjual komponen tersebut. Beberapa mouse gaming Rexus justru menambahkan mouse feet cadangan pada paket penjualan. Kamu tinggal mengganti yang lama dengan yang baru, tanpa menyesuaikan lagi bentuknya.

Penggantian mouse feet sebaiknya dilakukan saat dirasa mouse feet yang lama sudah tipis sehingga pergerakan mouse tak lagi lancar. Penggantiannya mudah kok. Kamu bisa melakukannya sendiri. Berikut beberapa caranya:

  • Siapkan mouse feet cadangan yang sesuai dengan tipe mouse.
  • Jika tidak ada mouse feet sesuai pola alas mouse kamu, maka kamu harus membeli mouse feet berukuran bebas dan membentuknya sesuai pola alas mouse.
  • Agar tempat saat membentuknya, sebaiknya kamu membuat pola terlebih dulu di kertas. Caranya, warnai dulu pola alas mouse dengan spidol, kemudian tempelkan di kertas putih. Saat diangkat, warna spidol akan menempel di kertas putih.
  • Gunting mouse feet baru sesuai pola pada kertas putih itu.
  • Kelupas mouse feet lama dengan menggunakan bantuan cutter.
  • Kelupas lapisan double tape pada mouse feet yang sudah dibentuk dan tempelkan secara tepat.
  • Tekan mouse feet dan diamkan beberapa saat agar benar-benar menempel.
  • Gerakkan mouse selama beberapa waktu agar lapisan mouse feet licin dan siap digunakan.
Dengan mouse feet yang nyaman, maka pergerakan mouse kamu akan lebih optimal. Hal itu tentu saja berperngaruh pada performa permainan kamu.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published