Nge-game Pakai Gamepad di Smart TV Android Lebih Asyik. Ini Caranya

Gamer, bermain game dengan gamepad di smart TV atau TV pintar yang sudah dilengkapi sistem operasi Android jadi pilihan yang menarik. Tampilan layar yang lebih lebar jadi kelebihannya dibandingkan media ponsel yang selama ini sudah banyak digunakan untuk bermain game.

Keberadaan smart TV Android memang makin memanjakan para penggemar game dan multimedia. Pasalnya, TV ini mempunyai beragam fitur yang bisa digunakan layaknya komputer sederhana atau bahkan ponsel pintar.

Salah satu yang bisa dimaksimalkan dalam penggunaan TV pintar adalah untuk bermain game dengan menggunakan gamepad atau game controller. Dengan metode ini, kamu bisa menikmati game dalam layar yang lebih luas sehingga sensasi game lebih terasa dan tentu saja pengendaliannya lebih gampang karena pakai gamepad.

Foto: Gamepad Rexus GX100

Gamepad untuk Smart TV

Game controller atau gamepad adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mengontrol karakter dalam game. Perangkat ini memiliki jenis yang sangat beragam, dengan harga yang bervariasi pula.

Teknologi yang digunakan pun berbeda dan disesuaikan dengan kebutuhan bermain pada konsolnya. Konektivitasnya pun semakin canggih dengan fitur menarik.

Di sini, kita akan membahas gamepad yang menggunakan teknologi koneksi kabel, USB receiver, dan Bluetooth.

  • Gamepad kabel

Pertama adalah menggunakan kontroler game dengan kabel USB. Kontroler ini adalah yang paling umum dan bisa kamu gunakan untuk berbagai macam perangkat.

Salah satu pilihan gamepad kabel adalah gamepad Rexus Gladius GX1 dan GX2. Keduanya merupakan gamepad yang dilengkapi dengan dua koneksi USB, yaitu micro USB (kabel pendek) dan USB type A (kabel Panjang)

Buat kamu yang ingin mengoneksikannya dengan smart TV, tinggal colokkan kabel ekstensi bawaan yang panjang ke port koneksi USB yang ada di TV. Kontroler ini bisa kamu beli dengan harga yang terjangkau.

  • Gamepad dengan teknologi RF

Game controller atau gamepad dengan teknologi radio frequency (RF) ini menjadi pilihan gamepad yang paling populer. Dengan teknologi nirkabel, gamepad ini dapat dikoneksikan dengan smart TV dengan mencolokkan USB receivernya ke port USB TV.

Penggunaan frekuensi radio 2.4GHz dinilai stabil untuk lalu lintas sinyal data dari gamepad ke televisi. Selain itu, kamu juga bisa mengatur jarak pandang televisi secara lebih leluasa karena tidak terbatasi oleh kabel.

  • Teknologi koneksi Bluetooth

Selanjutnya adalah kontroler game dengan fitur bluetooth yang bisa dikoneksikan dengan perangkat gaming secara wireless. Kontroler jenis ini jauh lebih praktis dibandingkan dengan kontroler konvensional.

Menghubungkan kontroler bluetooth dengan smart TV Android sangat mudah. Sama seperti menyambungkan perangkat HP atau speaker dengan bluetooth, yaitu melakukan pairing.

Cara untuk pairing pun sangat mudah, kamu tinggal masuk ke pengaturan bluetooth di HP lalu cari device terbaru. Kamu tinggal klik device kontroler kamu dan mulai proses pairing.

Mudah Caranya

Bagi kamu yang baru pertama kali mencoba untuk mengoneksikan gamepad ke smart TV Android jangan kuatir ribet. Caranya lumayan sederhana kok, seperti berikut ini.

  • Nyalakan smart TV dan masuk ke fitur pengaturan yang ada.
  • Pada bagian Remote & Aksesori, pilih Gamepad.
  • Buat yang menggunakan gamepad dengan teknologi Bluetooth, maka masuk ke fitur Tambahkan Aksesori.
  • Akan muncul indikator bahwa kedua perangkat sudah tersambung.

Apabila sudah terhubung dengan smart TV, kamu bisa gunakan gamepad sebagai penggerak arah atau navigasi di smart TV. Lebih canggihnya lagi, kamu bisa memainkan berbagai macam games di smart TV dengan menggunakan gamepad.

Membutuhkan Emutor

Seperti halnya memainkan beberapa game berplatform ponsel ke komputer, kamu membutuhkan emulator untuk bisa memainkan lebih banyak pilihan game di smart TV. Emulator berfungsi agar gamepad dapat melakukan keymapping sesuai tombol kontrol yang berlaku dalam game yang dimainkan.

Agar bisa memainkan game yang kamu suka di smart TV, instal dulu emulator ke ke dalam TV pintar kamu itu. Ada emulator berbayar dan ada pula yang gratisan.

Salah satu emulator gratis yang populer digunakan di smart TV adalah emulator EPSXE. Aplikasi EPSXE pertama kali dirilis pada tahun 2000 untuk perangkat android dan komputer sebelum akhirnya merambah ke smartphone berbasis IOS dan Smart TV.

Selain EPSXE, masih ada beberapa emulator lain, seperti Memu, Prime OS, ARChon, dan lain sebagainya. Semuanya kompatibel dengan Android dan bisa diinstal dalam smart TV Android.

Perlu diingat. Dalam memilih emulator, sebaiknya pilih emulator yang bukan pihak ketiga (third party) sehingga pihak pengembang tidak akan menganggap sistem tersebut sebagai sistem cheating dan akhirnya diblok.

Foto: Gamepad Rexus GX200 koneksi Bluetooth

Makin Terjangkau

Pada prinsipnya, bermain dengan menggunakan gamepad di smart TV Android adalah sama dengan menggunakan gamepad di ponsel. Bedanya, kamu akan mendapatkan tampilan gambar yang lebih memanjakan mata.

Untuk mendapatkan kenikmatan tersebut, kamu tak perlu takut merogoh kocek dalam-dalam. Untuk sebuah televisi pintar Android “merek China” berukuran 40 inchi sudah bisa ditebus dengan harga di bawah tiga juta.

Bagaimana dengan gamepad-nya? Santuy! Kamu tidak perlu mengeluarkan uang lebih dari 200 ribu untuk mendapatkan sebuah gamepad Rexus GX1 ataupun Rexus GX2.

sBuat yang suka gamepad nirkabel, kamu bisa pilih Rexus GX100 yang berbasis teknologi koneksi RF dan GX200 untuk yang berbasis Bluetooth. Semuanya ada di kisaran 300an ribu. Tidak lebih mahal daripada seloyang pizza, bukan?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published