Ragam Pilihan Profesi di Industri Game. Penghasilannya Bikin Ngiler!

Gamer, industri game menjadi salah satu industri yang menawarkan lapangan pekerjaan atau profesi dengan penghasilan yang tak terbatas. Saat ini, perputaran uang di industri ini mencapai lebih dari 16 Trilyun Rupiah!

Selain perputaran uang yang luar biasa besar, industri ini juga mempunyai prospek yang masih panjang.

Seperti kita ketahui, teknologi informasi yang makin berkembang menjadikan game, khususnya game online, menjadi salah satu pilihan utama bagi orang untuk membuang penat.

https://ffvii-remake.square-enix-games.com/en-us

Game Jadi Industri Hiburan

Fenomena yang terbaru saat ini adalah game masuk dalam industri hiburan atau rekreasi. Banyak pihak, termasuk media televisi, menjadikan game menjadi salah satu pilihan acara yang mendulang rating.

Acara yang mengulas segala hal tentang game, seperti Good Gamer di Kompas TV, menjadi salah satu acara yang tetap dan makin banyak diminati penonton televisi.

Buat kalian yang tidak biasa menonton televisi, banyak tayang dari jutaan live streamer di Youtube, Vidio, Twitch, atau kanal streaming lain yang bisa dinikmati.

Dalam tayangan-tayangan tersebut, milyaran penonton akan menikmati game, baik yang berupa permainan game atau konten snackable yang mengocok perut. Milyaran penonton tersebut dimanfaatkan sebagai ceruk untuk mendapatkan uang, melalui iklan, layanan berbayar, dan beragam cara lain.

Game Tawarkan Banyak Profesi

Dengan adanya beragam bentuk hiburan yang muncul dari game elektronik tersebut, makin banyak profesi dari beragam disiplin ilmu yang dibutuhkan.

Sebagai contoh, sebuah konten di Youtube oleh seorang game streamer terkenal, seperti Reza Arap, tentu membutuhkan tim dengan beragam keahlian, seperti penulis naskah, videografer, editor, promotor, dan lain sebagainya.

Nah, buat kamu yang mempunyai hobi bermain game, berikut ini adalah beberapa profesi pekerjaan yang bisa dijadikan lapangan pekerjaan.

  1. Profesional gamer

Sebagai gamer, kalian tentu ingin menjadi pemain game profesional. Saat ini, industri game di Indonesia semakin terbuka bagi para gamer profesional yang ingin menjadikan dunia gaming sebagai profesi yang menghasilkan uang.

Menurut keterangan dari pengajar mata kuliah Game di Fakultas TI Universitas Paramadina, Tommy Muslim, profesional game dapat memperoleh pendapatan dari gaji bulanan, hadiah turnamen, endorsing dari sponsor, dan iklan. Jumlahnya bisa sangat fantastis.

  1. Jurnalis media game

Seiring dengan makin maraknya perkembangan e-sports, makin bermunculanlah media berfokus tentang berita game. Berita yang aktual dan menarik akan menarik pembaca untuk mengunjungi situs berita yang memuat tulisan kamu.

Itu akan serta merta menarik merek untuk beriklan di media kamu yang tentu saja menghasilkan pendapatan yang tak kecil jumlahnya.

  1. Game caster

Pandai ngomong dan lancar membahas pertandingan game? Bakat kamu itu membuatmu berpotensi menjadi caster atau komentator pertandingan atau turnamen. Untuk menjadi seorang caster, kamu dituntut untuk memiliki pengetahuan yang GG soal game.

Selain itu, kamu harus mempunyai pengucapan kata yang jelas, menciptakan suasana yang menarik, dan mempunyai pendapat yang cerdas tentang strategi yang sedang dimainkan oleh tim yang sedang bertanding.

  1. Game streamer

Betul! Jangan remehkan profesi ini. Banyak gamer yang mendapatkan pemasukan justru dari profesi sebagai streamer gamer, meski dia ngga jago-jago amat di turnamen.

Itu dikarenakan banyaknya platform livestream game kekinian. Meski tak memiliki skill se-Pro para atlit esport, namun bagaimana menghibur para viewer justru menjadi kunci.

Semakin banyak viewer dan subscriber, makin banyak royalti yang bisa kamu dapatkan.

5. Influencer, Endorser, Brand Ambassador

Pengaruh dan popularitas dua kata kunci ini menjadi hal yang sangat krusial pada posisi ini. Kalian harus memiliki massa yang sangat loyal dengan kalian.

Untuk menjadi influencer, kemampuan gaming kalian tak harus jago, tapi kalian bisa mendongkrak ketenaran dengan relasi yang bagus dengan para gamer lain, Youtuber yang sudah mempunyai banyak pengikut, dan punya ciri khas yang menarik. Selain itu, kalian harus aktif di media sosial dan selalu berinovasi agar fans tak bosan.

6. Game desainer

Jika kamu mempunyai kemampuan mengolah grafis, kamu bisa bekerja sebagai game desainer dalam tim sebuah game developer. Tugasmu tentu saja mendesain karakter game yang nantinya tervisualisasi di game.

Banyak game developer lokal maupun internasional yang membutuhkan tenaga kreatif seperti itu. Gajinya pun bisa mencapai ribuan Dollar.

7. Event organizer

Sebagai sebuah industri hiburan, game tentu menjadi sebuah event acara yang relatif menarik pengunjung untuk datang dan menyaksikan. Itu jadi ladang para event organizer untuk berkreasi.

Event organizer akan menyajikan sebuah acara game yang menarik. Untuk itu, di dalam sebuah tim, dibutuhkan berbagai profesi dengan beragam keahlian, mulai dari fotografer hingga akuntan yang bertugas menghitung bujet.

Selain beberapa profesi di atas, masih banyak profesi lain yang terkait dengan industri game. Bisa dikatakan, semua bidang ilmu dapat digunakan di industri ini.

Buat kalian yang hobi main game atau punya perhatian di dunia ini, jangan kuatir tidak memperoleh pekerjaan. Kembangkan kemampuan, perluas jaringan, dan olah kepribadian, niscaya pekerjaan impian dapat kamu raih.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published