Sama-sama Pakai Frekuensi 2.4GHz, Lebih Baik Bluetooth atau RF?

Gamer, beragam peralatan elektronika tanpa kabel alias nirkabel, termasuk peralatan gaming, menggunakan dua basis teknologi konektivitas. Yang pertama adalah teknologi Bluetooth dan yang kedua, frekuensi radio atau RF.

Mungkin banyak dari kalian yang belum tahu perbedaan keduanya. Meski banyak perangkat nirkabel yang kompak sepert ponsel atau gawai menggunakan koneksi gigi biru alias Bluetooth, tetapi sebagian dari kita masih belum memahami perbedaan keduanya.

Bluetooth dan RF Sama-sama Bebas Kabel

Kedua teknologi koneksi tersebut memang lazim digunakan sebagai penghubung nirkabel dengan daya jangkau pendek, dengan memanfaatkan gelombang frekuensi tanpa lisensi 2,4 GHz yang memang diperuntukkan untuk penggunaan industrial.

Koneksi wireless frekuensi radio lebih dulu lahir dan digunakan di berbagai perangkat elektronik tanpa kabel. Baru pada 1999, teknologi yang sama dengan menggunakan logo dari nama seorang raja Denmark, Harald Blatand, lahir dan makin dikenal dengan nama “Bluetooth”.

Kehadiran Bluetooth membuat teknologi wireless frekuensi radio kurang popular. Meski demikian, teknologi ini tetap dipakai karena dari segi kecepatan , teknologi ini memberikan kecepatan yang lebih cepat dibandingkan Bluetooth. Itulah kenapa peralatan gaming yang membutuhkan protocol yang lebih stabil dan cepat cenderung memilih menggunakan teknologi frekuensi radio.

Dalam menggunakan frekuensi radio, perangkat harus dilengkapi dengan dongle receiver berbentuk USB sebagai penerima sinyal. Dongle itu harus dikoneksikan dengan device atau perangkat induk agar alat yang dikoneksikan bisa tersambung.

Kendalanya, tidak semua perangkat atau device mempunyai port atau colokan USB. Nah, di sinilah, Bluetooth dinilai lebih praktis karena hampir semua gawai mutakhir dilengkapi dengan fitur koneksi Bluetooth.

Radio Bluetooth
Jangkauan Bisa lebih dari 30 meter (dengan teknologi DETC) Sekitar 10 meter
Kecepatan transfer data Hingga 11 Mbps Hingga 2Mbps
Aplikasi Menggunakan USB receiver Fitur Bluetooth built in
Penggunaan untuk peralatan gaming Mouse, keyboard, gamepad Headset, speaker portable
Foto: Keyboard DAXA M84

RF Lebih Cepat, Blueooth Lebih Praktis

Soal kecepatan, RF memang memberikan kecepatan yang lebih cepat dan lebih luas jangkauannya dibandingkan Bluetooth. Tetapi, kita juga tidak bisa melepaskan begitu saja faktor kompatibilitas dan kepraktisan.

Meski di atas kertas, Bluetooth harus mengakui keunggulan perangkat berbasis RF, namun soal kepraktisan dan kompatibilitas dengan makin banyak perangkat lain, Bluetooth jauh lebih unggul. Bluetooth dapat dikoneksikan dengan beragam gawai yang mendukung teknologi konektivitas yang sama secara mudah.

Sebagai contoh, keyboard DAXA M71 dan keyboard DAXA M84 menggunakan dual teknologi, yaitu kabel dan Bluetooth. Penambahan konektivitas Bluetooth pada perangkat keyboard tersebut agar dapat dikoneksikan secara mudah pada makin banyak perangkat.

Seperti kita ketahui, saat ini banyak game yang mendukung multi-platform sehingga kita bisa memainkannya di makin banyak pemutar game. Dengan menggunakan perangkat gaming yang dapat dikoneksikan dengan berbagai gawai, kita bisa makin tak terbatas saat bermain game.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published