Sambut Promo 12 12, Ini Tips Aman Beli Produk Gaming di Marketplace

Gamer, promo belanja secara daring di beberapa marketplace menggunakan tanggal cantik tiap bulan, seperti 11 11 ataupun 12 12. Untuk tanggal 11 11, promo diadakan pada tanggal 11 bulan November, begitu pula dengan promo 12 12 yang berarti diadakan pada 12 Desember.

Setiap kali promo diadakan, marketplace tentu berlomba-lomba untuk memberikan diskon dan segala kemudahan yang menguntungkan konsumen, seperti subsidi harga produk, subsidi ongkir, hingga fasilitas bayar di tempat atau COD (cash on delivery). Tak heran, setiap kali ada promo, pembelian produk pun naik hingga berkali-kali lipat.

Foto: Keyboard DAXA M71 Pro dan Mouse DAXA Pro Wireless

 

Promo Jadi Kesempatan Beli Produk Gaming

Bagi yang terbiasa memanfaatkan promo marketplace tersebut tentu sudah tahu bahwa itu menjadi kesempatan untuk mendapatkan produk dengan harga lebih miring, termasuk produk gaming. Banyak penjual produk gaming yang menawarkan produk dengan harga yang super murah.

Khusus untuk mendapatkan produk gaming Rexus pada saat promo marketplace, kamu bisa masuk dalam toko resmi atau official store Rexus (Rexusid) di semua marketplace. Sebagai contoh, silahkan kunjungi www.tokopedia.com/rexusid atau www.shopee.co.id/rexusid.

Jangan dikira bahwa yang ditawarkan dengan harga promo ada produk-produk lama atau produk yang tidak laku ya. Banyak produk baru dan dikategorikan laris dalam penjualan normal pun dijual dalam promo tersebut.

Hal ini bisa terjadi karena mendapat penjual mendapat subsidi dari marketplace tertentu. Selain subsidi, penjual bisa jadi melakukan barter value dengan marketplace yang menguntungkan kedua belah pihak sehinggaf memungkinkan untuk memberikan "harga cantik" pada konsumen.

Boleh Belanja Promo Asal Aman

Kamu bisa saja memanfaatkan promo belanja daring untuk menambah koleksi produk gaming kamu. Tapi, tetap perlu diingat faktor keamanan selama berbelanja secara daring.

Secanggih apapun sistem transaksi daring, tentu banyak pihak tak bertanggung jawab yang ingin mengambil keuntungan dengan cara ilegal. Sebagai contoh, pada sekitar Mei 2020 lalu, marketplace Tokopedia sempat diberitakan mengalami kebocoran hingga 91 juta data penggunanya.

Agar terhindar dari kejahatan siber saat berbelanja daring, ada beberapa tips penting yang perlu kamu ketahui dan praktikkan.

1. Pilih toko resmi yang reputasinya bagus

Salah satu parameter penting toko online yang terpercaya adalah repustasi toko tersebut. Dalam marketplace, reputasi tersebut disimbolkan dalam lambang seperti bintang ataupun Diamond.

Semakin banyak Diamondnya, semakin baik reputasi toko tersebut. Sebagai contoh, official store Rexusid di Tokopedia memiliki empat Diamond. Tingkat reputasi tersebut berdasarkan pada tingkat kepercayaan konsumen setelah berbelanja di sana.

Perlu diperhatikan pula, saat ini banyak nama domain toko online yang hampir mirip sehingga kamu harus memastikan tidak salah menulis alamat toko online secara benar.

2. Perhatikan sistem keamanan situs jual beli.

Jangan pernah sesekali membeli barang secara online dengan menggunakan kartu kredit di sebuah situs jual beli yang tidak mempunyai fitur SSL (Secure Sockets Layer) enkripsi. Cara yang paling mudah untuk mendeteksi apakah sebuah situs jual beli mempunyai sistem keamanan yang ketat adalah dengan mengenali alamatnya. Situs yang mempunyai SSL diawali dengan HTTPS://. Selain itu, biasanya, di situs ber-SSL muncul ikon kunci di pojok alamatnya atau sebelah kanan alamat URL, tergantung dari browser kamu.

3. Jangan pernah memberikan nomor PIN ATM ataupun password akun pribadi.

Tak ada situs jual beli yang membutuhkan PIN atau password kamu, bahkan password surel. Semua itu adalah akses pribadi yang tak boleh dibagikan ke sembarang pihak.

4. Gunakan password yang tak mudah ditiru.

Banyak modus kejahatan siber berhasil menjebol sistem keamanan akibat lemahnya password yang dibuat oleh pengguna. Karenanya, biasakan membuat password yang kuat dan hanya Anda yang ingat.

5. Jaga keamanan ponsel

Saat ini, semakin banyak orang yang mengakses informasi elektronik dengan menggunakan ponsel pintar, termasuk untuk membandingkan harga antar toko online dan melakukan transaksi di dalamnya.

Karenanya, biasakan untuk menjaga keamanan ponsel pintar kamu. Selalu gunakan password untuk membuka ponselmu. Hal ini akan meminimalkan risiko orang lain yang mengakses informasi pribadi kamu, termasuk masuk ke akun situs jual beli yang ada di dalam smartphone-mu.

6. Biasakan log out setelah transaksi

Nah, ini hal yang perlu kamu biasakan setelah mengakses suatu situs mal online dan bertransaksi di dalamnya. Lakukan log out secara benar agar orang lain tidak bisa masuk ke dalam akun-mu. Hindari keluar dari laman begitu saja.

7. Simpan bukti transaksi.

Lewat apa saja metode pembayaran yang kamu lakukan untuk membeli barang di toko online, segera simpan bukti pembayarannya. Jika melalui transfer bank, simpan struk bukti transfernya atau struk ATM-nya. Jika melalui fitur akun di sebuah toko online, screen shoot hasil transaksinya agar tak terhapus.

Ini bertujuan agar jika suatu saat dibutuhkan pembuktian transaksi yang pernah kamu lakukan, kamu bisa dengan mudah membuktikannya - termasuk saat membuat laporan di kepolisian jika terjadi modus penipuan.

Selain itu, bukti transaksi juga diperlukan jika kamu terpaksa harus klaim garansi produk gaming yang mengalami malfungsi.

Foto: Mouse gaming Rexus Arsa

 

Rexus memberikan garansi 1 tahun untuk semua produk gaming-nya. Untuk klaim garansi, pihak Rexus mewajibkan konsumen untuk menunjukkan bukti pembelian. Tanpa bukti tersebut, klaim garansi tidak bisa dilakukan.

Nah, sudah paham bagaimana harus berbelanja produk gaming secara daring saat promo marketplace kan? Buat kamu yang tidak mempunyai akun marketplace, kamu bisa registrasi lebih dulu atau pinjam dengan menggunakan akun orang tua atau kakak kamu.

Manfaatkan promo 12 12 dari offical store Rexus ya, biar dapat beli produk gaming dengan harga miring.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published