True Wireless Stereo atau TWS, Earphone Jenis Baru yang Makin Digemari Gamer

Gamer, makin banyak yang menggunakan sepasang earphone nirkabel untuk digunakan sehari-hari. Itulah yang dinamakan True Wireless Stereo atau TWS.

Perangkat audio ini mulai meledak saat produsen Apple memperkenalkan produk Airpod. Sebenarnya, tidak hanya Apple, banyak produsen gadget yang mulai mempercayakan kualitas audionya pada perangkat baru ini.

handphone

Teknologi Lama Aplikasi Baru

Sebenarnya teknologi TWS ini bukanlah sesuatu yang baru. Sejak teknologi nirkabel berbasis Bluetooth muncul, sudah banyak perusahaan perangkat telekomunikasi yang memanfaatkannya.

Salah satunya adalah Jabra. Perusaahan asal Denmark yang berdiri sejak 1993 ini sejak awal sudah berfokus pada penyediaan perangkat komunikasi nirkabel berbasis Bluetooth.

Karenanya, pada era 2000an, masyarakat sudah mengenal alat pendengar panggilan telepon yang dipasangkan di salah satu telinga. Saat hendak mengangkat telepon, pengguna tinggal menekan salah satu tombol kecil di perangkat wireless tersebut.

Pertimbangan penggunaan single-side wireless earphone itu adalah karena perangkat ini digunakan untuk membantu orang agar tetap bisa beraktivitas saat menerima telepon. Jadi, saat satu telinga menerima telepon, telinga lain masih bisa mendengarkan situasi sekitar sehingga pengguna tetap bisa mengemudi, bersepeda, ataupun aktivitas lainnya.

keluarga bermain game

Bisa Dipakai Main Game

Semakin hari, keberadaan single-sided wireless earphone mulai dirasa kurang mencukupi kebutuhan para gadgeter, terutama yang membutuhkan perangkat audio praktis buat berkomunikasi, mendengarkan musik, hingga bermain game sekaligus. Saat mendengarkan musik ataupun bermain game, tidak nyaman menggunakan single-side earphone karena suaranya hanya bersumber dari satu kanal, tidak stereo.

Karena hal itu, pada 2016, sejak Apple memperkenalkan sebuah perangkat audio baru untuk menemani smartphone yang bernama Airpod, teknologi earphone wireless stereo makin digemari.

Perangkat yang kemudian dikenal dengan nama TWS ini membenamkan dua chip Bluetooth independen   dalam masing-masing earphone sehingga bisa beroperasi secara pararel sekaligus maupun hanya digunakan sebelah.

Saat digunakan untuk bertelpon sambil beraktivitas, kamu tinggal pakai satu sisi earphone. Tapi, jika kamu sedang ingin mendengarkan musik atau bermain game yang butuh suara stereo murni, tinggal tancapkan kedua earphone nirkabel ini di telinga. Sangat praktis!

slogan everyone is mobile

Keunggulan TWS

Sebuah data dari situs Statista menyebutkan, penjualan perangkat TWS meningkat kali lipat hanya dalam kurun waktu dua tahun (2016 – 2018). Pada awal kemunculannya, TWS hanya laku di angka 15 juta unit.

Angka tersebut berkembang drastis menjadi 51 juta unik di tahun 2018. Diperkirakan penjualan TWS pun akan menyentuh angka 110 juta unit pada akhir 2020 nanti.

Peningkatan ini tentu bukan tanpa alasan. TWS menjadi perangkat alat komunikasi terintegrasi yang sangat praktis. Selain karena multi-fungsi, TWS juga tidak ribet dalam penggunaan ataupun pengisian daya. Untuk mengisi daya, kamu tinggal memasukkan sepasang TWS ke dalam kotak penyimpanannya yang juga berfungsi sebagai pengisi ulang daya.

Selain praktis, apalagi yang membuat perangkat ini harus kamu beli?

1. Asli Stereo

Perangkat ini menggunakan satu buah chipset Bluetooth di masing-masing earphone-nya yang bisa digunakan bersamaan secara pararel ataupun hanya digunakan satu sisi. Saat digunakan bersamaan, suara yang dihasilkan asli stereo karena menggelontorkan suara pada dua sisi sekaligus. Tentu saja, untuk bermain game atau mendengarkan musik, suara stereo adalah hal yang wajib.

2. Bluetooth Terkini

Saat ini, semua merek TWS sudah menggunakan teknologi Bluetooth 5.0 yang paling anyar. Dengan teknologi yang satu ini, kamu bisa menghubungkan perangkat audio dengan smartphonetablet, atau laptop dengan lebih cepat. Selain itu, Bluetooth versi 5.0 juga lebih irit daya dan stabil. Untuk penggunaan normal, beberapa TWS bisa tetap menyala hingga setengah hari dalam sekali pengisian.

3. Pengisi Daya Praktis

TWS dilengkapi dengan kotak pengisi daya dengan teknologi pengisian daya induksi. Jadi kamu tinggal memasukkan kembali kedua earphone TWS ke dalam kotak tersebut maka secara otomatis, TWS-mu akan terisi. Kotak pengisi daya itu kemudian bisa kamu koneksikan dengan sumber daya AC untuk kembali mengisi dayanya.

4. Kontrol yang Terintegrasi

Kepraktisan TWS jadi nomor satu. Salah satu segi praktisnya ada pada aspek pengoperasiannya. Dengan sekali sentuh, kamu bisa mengakses beragam fungsi TWS tersebut, seperti mengangkat telepon, menerima telepon untuk dua saluran sekaligus, dan beragam fungsi lainnya.

5. Harga Makin Terjangkau

Pada awalnya, TWS ini memang termasuk perangkat earphone yang relatif mahal. Tetapi, saat ini, kalian sudah bisa memperoleh perangkat ini dengan harga yang makin terjangkau. Faktanya, sudah banyak produsen perangkat audio yang juga menghadirkan perangkat TWS dalam katalognya. Salah satunya adalah Rexus. Jelas hal ini buat persaingan di pasar audio, terutama TWS yang berfungsi untuk melengkapi kebutuhan gamer, semakin menarik untuk konsumen.

Tertarik punya TWS? Nah, bagaimana jika Rexus menyediakan perangkat ini untuk kalian para gamer? Pasti bakal jadi produk yang seru nih. Tunggu saja tanggal rilisnya!

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published