Upgrade PC Gaming? Cukup Tingkatkan Komponen Ini Saja Agar Hemat

Gamer, seiring berkembangnya game dan aktivitas menggunakan PC atau komputer gaming, kita tentu memerlukan sebuah komputer yang bisa memfasilitasi semua kebutuhan tersebut. Dengan satu komputer gaming dengan spesifikasi yang mumpuni, kita bisa melakukan beragam pekerjaan, seperti bermain game, bekerja, mendesain, edit video, hingga live streaming.

Agar mempunyai spesifikasi yang mampu digunakan beragam aktivitas, kita tentu perlu menaikkan spesifikasi komputer gaming yang kita miliki sekarang. Tentu saja hal itu membutuhkan bujet yang tidak sedikit karena ada beberapa komponen yang perlu kita tambahi atau ganti sekaligus.

Buat kamu yang mempunyai bujet cekak, hal tersebut tentu sulit direalisasikan. Tapi, jangan kuatir kamu bisa meningkatkan kemampuan komputer gaming kamu secara bertahap yaitu dengan menambah atau mengganti komponen yang mempengaruhi kinerja komputer gaming.

Berikut beberapa komponen komputer atau PC gaming yang bisa kamu upgrade untuk meningkatkan perfomanya. Kami urutkan berdasarkan prioritasnya.

1. Random Access Memory (RAM) gaming PC

Komponen pertama yang perlu ditingkatkan adalah RAM. Untuk pekerjaan normal dan bermain game berukuran kecil, RAM berkapasitas 8GB sudah cukup.

Tapi, jika kamu ingin menggunakan komputer tersebut untuk bermain game yang lebih kompleks, maka perlu menggunakan RAM berkapasitas 16-32GB, terutama jika kamu juga menggunakan komputer tersebut untuk melakukan streaming.

Semakin tinggi kapasitas RAM, tentu makin lega kapasitas komputer dalam mengakomodasi banyak aplikasi pekerjaan. Tetapi, perlu diingat bahwa kamu tetap harus menyesuaikan kapasitas RAM dengan kecepatan dan kapasitas motherboard dan CPU yang biasanya ditunjukkan dalam ukuran MHz.

Jika kamu sudah mengetahuinya, maka menambah RAM di komputer sangatlah mudah, yaitu hanya dengan memasukkan kartu RAM ke dalam slot atau panel RAM yang ada. Untuk laptop mungkin agak sulit karena kamu harus membuka bagian bawah laptop dengan menggunakan obeng dan temukan panel RAM yang ada.

2. Kartu Grafis atau VGA Card

Komponen selanjutnya tentu saja adalah kartu grafis atau VGA card. Komponen ini berfungsi untuk mengolah tampilan grafis di layar monitor.

Sebelum menggantinya, sesuaikan dengan resolusi monitor yang ada. Jika kamu mengganti kartu grafis berkemampuan 4K tetapi monitor hanya mendukung 1080p, maka penggantian takkan menghasilkan hasil optimal.

Cara menggantinya tidak sulit. Setelah kamu mendapatkan kartu baru grafis yang baru, lepaskan kait slot, lepaskan kabel daya kartu lama dan keluarkan, geser kartu baru, dan sambungkan kembali kabel. Selanjutnya, kamu perlu menginstal driver kartu grafis baru tersebut.

3. Kapasitas SSD PC Gaming

SSD atau Solid State Drive adalah komponen yang berfungsi untuk menyimpan data pada komputer. Jika laptop atau komputer kamu menggunakan hard drive, maka menggantinya dengan SSD 2,5 inchi akan membuat perbedaan besar. PC akan terasa lebih responsif, dan waktu boot bisa lebih cepat. Mengingat kompatibilitas PC, sebaiknya menggunakan drive sel tingkat tiga (TLC) daripada sel tingkat empat (QLC).

Jika sudah menggunakan SSD berbasis SATA 2,5 inchi, langkah selanjutnya adalah meningkatkan drive dengan menggunakan NVMe M.2. Cara ini juga akan meningkatkan kecepatan dan responsivitas komputer.

Perlu dicatat, untuk menggunakan NVMe M.2, diperlukan slot M.2 PCIe khusus dalam PC. Sebagian besar motherboard desktop modern sudah memilikinya. Tapi, untuk memastikannya, periksa manual motherboard atau perangkat kamu untuk melihat apakah sistem PC sudah mendukung drive ini.

4. Central Processing Unit (CPU)

Jika kamu memiliki bujet yang lebih besar, kamu bisa mulai meng-upgrade CPU. Sebelum memutuskan membeli CPU baru, periksa model mana yang kompatibel dengan motherboard yang ada. Soket CPU motherboard harus kompatibel dengan prosesor yang kamu inginkan.

Secara umum, lebih baik meningkatkan motherboard dan CPU secara bersamaan. Jika tidak mengupgrade motherboard saat mengganti CPU, sering kali membutuhkan beberapa penyesuaian.

Misalnya, motherboard AMD X470, memang dapat disandingkan dengan CPU Ryzen 3000, tetapi harus rela kehilangan fitur PCIe 4.0 yang hanya bisa digunakan pada CPU dan motherboard yang keduanya harus kompatibel.

Foto: Keyboard DAXA M71 Pro Black Grey

5. Peralatan gaming

Meningkatkan perfoma komputer harus disertai dengan meningkatkan peralatan gaming yang dikoneksikan pada komputer tersebut. Peralatan gaming seperti mouse, keyboard, dan headset menjadi peranti yang langsung terkait dengan indera kita sehingga kita bisa menikmati sensasi permainan dalam sebuah komputer melalui peralatan tersebut.

Sebagai pilihan keyboard, kamu bisa menggunakan keyboard mekanikal DAXA M71 Pro yang kini hadir dengan beragam pilihan warna dan switch. Untuk varian warna terbaru ada warna Black and Grey, sedangkan pilihan switch terbaru ada yellow switch yang mempunyai aktuasi sedang.

Untuk mousenya, kamu bisa menggunakan mouse gaming Rexus Xierra X15 yang dilengkapi dengan software yang bisa digunakan pula untuk mengatur macro dalam mouse dan sudah dilengkapi kemampuan polling rate hingga 1000Hz. Dengan harga yang terjangkau di kelasnya, mouse ini sepadan untuk dimasukkan dalam proyek upgrade PC gaming kamu.

Idealnya, kamu sekaligus meng-upgrade semua komponen PC gaming di atas sekaligus. Tetapi, dengan alasan bujet terbatas, cara upgrade secara parsial seperti di atas tak ada salahnya dilakukan.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published