10 Kiat Memilih Wireless Earphone Bluetooth yang Bagus dan Terjangkau

Gamer, saat ini banyak yang menggunakan earphone nirkabel atau wireless earphone untuk beragam kebutuhan, mulai dari menelepon, mendengarkan musik, hingga bermain game. Karenanya, beragam wireless earphone ada dijual di pasaran, mulai dari harga kisaran 30 ribuan hingga ratusan ribu, bahkan jutaan.

Sebagai konsumen, kita harus bisa memilih dan memilah. Tidak semua produk wireless earphone murah tidak berkualitas, tapi tidak pula earphone mahal selalu mempunyai kualitas yang lebih baik dari produk dengan harga di bawahnya.

Untuk itu, kalian harus bisa jeli memilih wireless earphone agar mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang tentu saja masuk akal dan terjangkau.

Untuk membantu kalian memilih wireless earphone, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui dalam perangkat ini, baik untuk bermain game dan melakukan aktivitas komunikasi lain.

1. Earphone wireless yang dilengkapi low latency mode.

Seperti dibahas di atas, kebutuhan akan suara yang realtime sangat penting untuk bermain game. Memang, hingga detik ini, belum ada produk audio nirkabel yang benar-benar sempurna tanpa latensi.

Tetapi, teknologi chipset Bluetooth yang terus berkembang mampu terus menekan angka latensi hingga seminim mungkin sehingga jeda suara tersebut bisa tidak terasa oleh telinga.

Salah satu tipe chipset yang mengklaim dapat menimimalkan latensi adalah PAU 1606 besutan dari produsen mikrokonduktor, Pixart.

Chipset ini digunakan pada Rexus TWS FX1. Dalam penggunaan rata-rata, Rexus TWS FX1 dapat mereduksi latensi suara audio hingga 65mikrodetik dan latensi mikrofon hingga 38mikrodetik. Angka tersebut jauh lebih rendah dari rata-rata latensi TWS biasa yang latensinya berkisar di atas 100-200mikrodetik.

2. Earphone harus mempunyai suara berkualitas.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kualitas suara jadi salah satu aspek penting dari sebuah perangkat audio. Untuk mengetahui kualitas suara sebuah TWS, kamu harus mencobanya secara langsung atau melihat beberapa review dari berbagai sumber. Selain itu, kualitas suara sebuah TWS juga bisa ditaksir dari spesifikasi driver, rentang frekuensi, nilai impedansi, dan sensitivitasnya.

3. Pilih desain yang simpel dan keren

Desain adalah salah satu faktor utama yang harus kamu pertimbangkan saat memilih wireless earphone. Sebagai salah satu bagian dari gaya hidup, desain earphone juga harus disesuaikan dengan penampilan kita.

Desain yang simple dan warna yang sesuai bakal sangat mendukung penampilan. Rexus menghadirkan beberapa pilihan warna keren pada Rexus TWS FX1 sehingga cocok digunakan oleh siapapun, dengan menyesuaikan warna pilihannya.

Foto: Earphone TWS Rexus FX1

4. Ukuran dan berat

Desain earphone yang kompak dengan bobot yang ringan akan menempel dengan baik di telinga. Jika earbud memiliki ukuran yang besar, kita akan kesulitan menempelkannya di telinga. Dalam penggunaan lama, earphone dengan ukuran yang tidak ideal juga akan membuat telinga tak nyaman.

Oleh karena itu, pilih TWS dengan ukuran yang ringkas dan bobotnya harus rendah. Sebagai gambaran, wireless earphone dengan berat 5 gram atau kurang di masing-masing earphone-nya jadi ukuran yang ideal.

5. Mudah dioperasikan

Pilihlah wireless earphone yang mempunyai fitur yang memudahkan kita untuk menggunakannya. Kebanyakan TWS di pasaran mengandalkan satu tombol atau sensor sentuh untuk mengaktifkan berbagai fungsi. Baik tombol ataupun sensor sentuh sepertinya bukanlah perbedaan yang signifikan. Sebagai contoh, pada Rexus TWS FX1, pengguna dapat mengaktifkan mode low latency hanya dengan menekan tombolnya sebanyak tiga kali.

6. Daya baterai handal

Pelajari spesifikasi sebuah TWS sebelum membeli. Salah satunya adalah dengan mencermati daya baterai perangkat tersebut. Seperti kita ketahui, teknologi nirkabel sangat haus dengan asupan energi. Karenanya, pilih TWS dengan kapasitas baterai besar sehingga mampu digunakan lebih lama. Kapasitas baterai tersebut ditunjukkan dengan satuan micro Ampere per hour (mAh).

7. Dilengkapi charging

case Karena ukurannya yang kecil, wireless earphone tidak mungkin membenamkan baterai tanam besar pada unitnya. Karenanya, TWS biasa dilengkapi dengan kotak pengisi daya yang juga berfungsi sebagai penyimpan. Kotak tersebut dapat diisi daya listrik DC melalui power adaptor.

Pilih charging case yang mempunyai daya batere besar sehingga dapat digunakan menyimpan dan mengisi daya earphone dalam durasi panjang.

8. Earphone dilengkapi dengan beberapa ukuran earbud

Ini tak kalah penting. Sebaiknya memilih wireless earphone Bluetooth yang dilengkapi dengan beberapa earbud dengan beragam ukuran. Tujuannya tentu agar dapat disesuaikan dengan ukuran lubang telinga pengguna sehingga nyaman saat digunakan. Seperti kita ketahui, ukuran lubang telinga orang berbeda

9. Pastikan earphone dengan versi Bluetooth terbaru

Hampir semua wireless earphone menggunakan teknologi konektivitas Bluetooth. Karenanya, pilih earphone yang menggunakan versi Bluetooth terbaru.

Saat ini, versi Bluetooth yang direkomendasikan adalah dengan versi 5.0. Versi tersebut diklaim mampu menghantarkan data lebih besar, cepat, dan stabil. Selain itu, Bluetooth versi 5.0 lebih irit daya dibandingkan versi sebelumnya.

10. Harga yang terjangkau

Secara umum, harga TWS memang lebih mahal dari harga earphone kabel pada umumnya. Itu karena teknologi chipset yang digunakannya masih relatif mahal. Dengan bujet kisaran 300 ribuan, kamu bisa memilih beberapa pilihan merek TWS yang ada di pasaran. Mau lebih mahal? Tentu saja ada, tergantung merek. Sesuaikan dengan bujet yang kita miliki.

Demikian beberapa pertimbangan yang harus kamu pertimbangkan saat memilih wireless earphone Bluetooth untuk digunakan baik untuk bermain game atau aktivitas lainnya. Sesuaikan produk yang hendak kita beli dengan kebutuhan dan bujet ya.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published