Atasi Badan Pegal Setelah Capek Main Game Dengan 5 Langkah Ini!

Gamers, main game memang seru sih, tapi kalau main game kelewatan sampai badan pegal-pegal, gak seru lagi ya? Langsung nyesal karena kelamaan main game karena badan sampai pegal-pegal. Kalau begini terus, tulang kamu tidak akan sehat, otot kamu bakalan melemah, dan kamu bisa mengalami kecapean yang kronis.

Mau kayak gitu? Enggak kan?

Makanya, lebih baik kamu ikutin langkah-langkah berikut ini, supaya panjang umur kamu, dan bisa main game seseru-serunya ya!

(Semua langkah-langkah disini, bisa kamu terapkan juga jika kamu bekerja di kantor. Jadi, tidak hanya untuk bermain games ya.)

1. Gunakan kursi yang ideal

sakit punggung

Set kursi hingga kaki menapak ke lantai atau sandaran. Kursi yang ideal adalah yang memungkinkan kakimu bersandar ke lantai atau menyediakan sandaran yang nyaman bagi kaki. Hal ini penting agar berat kakimu tidak akan menarik otot paha, yang nantinya bakal membuat pahamu pegal-pegal atau bahkan kesemutan.

Gunakan kursi dengan sandaran lengan. Sandaran lengan berguna supaya otot di bagian bahu dan lengan kamu tidak tertarik ke bawah.

Untuk membaca posisi duduk yang ideal untuk mengatasi pegal-pegal, kamu bisa ikutin link ini.

2. Istirahatkan matamu

mata

Istirahatkan matamu setiap 20 menit sekali, dengan cara melihat objek sejauh 20 meter selama 20 detik. Cara ingatnya gampang, 20-20-20. Ingatkan dirimu setiap 20 menit dengan memasang alarm. Kalau kamu berada di dekat jendela, sekalian aja berdiri dan meregangkan otot-otot kamu.

Jangan lupa juga untuk berkedip. Semakin sering mengedipkan mata, mata kamu tidak akan kering. Tapi, kalau bisa, jangan kedip-kedip depan orang lain ya, nanti dikira genit.

3. Jaga tubuh agar selalu terhidrasi

air minum dalam kemasan

Kebutuhan tubuh akan cairan adalah mutlak karena 60% komponen tubuh adalah air. Otak merupakan salah satu organ tubuh yang membutuhkan asupan cairan paling tinggi, hingga 80%. Biasanya, jika tubuh sedang membutuhkan air, maka otomatis akan muncul rasa haus.

Sayangnya, rasa haus itu tak terasa saat kita bermain serius. Apalagi, hampir semua warnet atau cyber cafe berpendingin ruangan sehingga keringat tak keluar padahal tubuh sedang mengalami dehidrasi.

Saat tubuh kekurangan air, maka akan terjadi gangguan metabolisme, penurunan daya konsentrasi, gangguan penglihatan, bahkan akan menyebabkan kehilangan kesadaran. Dari penelitian yang dilakukan oleh Universitas Loughborough, Inggris, tubuh yang kehilangan cairan sebanyak 5% akan mengalami penurunan level energi 25-30%.

Solusinya, sediakan selalu botol minuman di dekat komputermu. Jika sedang kompetisi, gunakan botol yang mempunyai sedotan agar tak menyulitkan saat minum. Minuman yang dianjurkan tetaplah air putih. Jangan terlalu sering mengonsumsi minuman berenergi yang punya kandungan kafein tinggi dan pemanis buatan. Selain akan memperberat kerja ginjal, minuman seperti itu juga akan menambah angka timbangan Anda.

4. Konsumsi makanan tinggi energy

Makanan Sumber Energi

 Seperti yang sudah disebutkan bahwa bermain game menguras energi tubuh secara cepat, maka sebaiknya kamu tetap mengonsumsi makanan sumber energi, seperti camilan tinggi protein (protein bar) atau justru makanan tinggi serat. Hindari mengonsumsi makanan tinggi lemak, gula, atau karbohidrat. Jenis makanan tinggi gula akan mudah dicerna oleh tubuh sehingga energinya tidak bertahan lama.

Dikutip dari hellosehat, makanan-makanan yang tinggi energi adalah:

  • Gandum dan beras merah
  • Buah-buahan
  • Sayur-sayuran
  • Telur
  • Dada ayam
  • Ikan
  • Yogurt
  • Kacang-kacangan

5. Lakukan peregangan

peregangan

Ini tak kalah penting untuk mencegah badan yang pegal. Peregangan berfungsi untuk mengendorkan otot yang kaku dan tegang. Kamu bisa melakukan peregangan untuk leher, lengan, dan kaki. Selain itu, lakukan relaksasi pula untuk otot muka dengan cara membuka dan menutup mulut. Kamu pun juga bisa berdiri selama sekitar 1 menit agar peredaran darah kembali lancar.

Leher: Tekuk leher ke depan, belakang, samping. Masing-masing untuk 10 hitungan, kemudian putar leher ke kiri dan kanan.
Lengan: Rentangkan kedua tangan dan putar ke depan serta ke belakang untuk 10 hitungan.
Kaki: Angkat kaki ke atas dan ke bawah.

6. Sering-sering berolahraga

olahraga outdoor

Sudah cukup main gamenya gaes, lebih baik olahraga dulu. Biasakan untuk berolahraga, mau itu jogging, atau hanya berjalan-jalan mengitari di rumah selama 30 menit, 2-3 kali perminggu. Tidak hanya tubuh menjadi sehat, tapi juga olahraga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan metabolisme tubuh, menjaga fleksibilitas tubuh, menjaga stamina tubuh, melancarkan peredaran darah (kardiovaskuler), dan tentu, membakar kalori. Jadi, tubuh kamu tidak akan gampang pegal-pegal lagi.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published