Cara Menyambungkan Headset Bluetooth ke HP Android dan Apple

Headset bluetooth menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang aktif dan praktis. Selain mudah dibawa kemana-mana, perangkat ini juga menawarkan banyak keunggulan dibandingkan dengan headset dengan kabel. 

Nah, untuk kamu yang baru memiliki headset bluetooth, ada satu hal sederhana yang perlu kamu ketahui agar perangkat kamu berfungsi sempurna. Yaitu bagaimana menghubungkan headset Bluetooth ke HP.

Yuk cari tahu langkah demi langkah cara menyambungkan headset bluetooth ke HP, baik untuk kamu pengguna Android maupun Apple.

Cara Menyambungkan Headset Bluetooth ke HP Android

1. Aktifkan Headset Bluetooth

Pertama, pastikan headset Bluetooth dalam mode pairing. Biasanya, ini dilakukan dengan menekan dan menahan tombol daya atau tombol khusus pairing hingga lampu indikator berkedip. Ini menunjukkan bahwa headset siap untuk dihubungkan.

2. Aktifkan Bluetooth di HP

Buka pengaturan di HP kamu dan aktifkan Bluetooth. Berikut adalah cara mengaktifkan Bluetooth di HP Android:

  • Buka Pengaturan (Settings)
  • Masuk ke menu “Bluetooth”.
  • Aktifkan Bluetooth dengan menggeser tombol ke posisi “ON”.

3. Cari Perangkat Headset

Setelah Bluetooth aktif, HP akan mulai mencari perangkat yang tersedia. Headset Bluetooth yang telah diaktifkan akan muncul dalam daftar perangkat yang ditemukan.

  • Pilih Headset Bluetooth
  • Dalam daftar perangkat yang tersedia, cari nama headset kamu dan pilih.

4. Pairing dan Koneksi

Setelah memilih headset, HP akan mencoba untuk terhubung. Beberapa headset mungkin memerlukan konfirmasi tambahan atau memasukkan kode PIN. Biasanya, kode PIN default adalah "0000" atau "1234". Setelah terhubung, headset siap digunakan.

Cara Menyambungkan Headset Bluetooth ke HP Apple

1. Aktifkan Headset Bluetooth

Sama seperti pada Android, pastikan headset Bluetooth dalam mode pairing dengan menekan dan menahan tombol daya atau tombol khusus pairing hingga lampu indikator berkedip.

2. Aktifkan Bluetooth di HP

  • Buka Pengaturan (Settings)
  • Masuk ke menu “Bluetooth”. 
  • Aktifkan Bluetooth dengan menggeser tombol ke posisi “ON”.

3. Cari Perangkat Headset

Setelah Bluetooth aktif, HP Apple akan mulai mencari perangkat yang tersedia. Headset Bluetooth yang telah diaktifkan akan muncul dalam daftar perangkat yang ditemukan.

  • Pilih Headset Bluetooth
  • Dalam daftar perangkat yang tersedia, cari nama headset kamu dan pilih.

4. Pairing dan Koneksi

Setelah memilih headset, HP akan mencoba untuk terhubung. Beberapa headset mungkin memerlukan konfirmasi tambahan atau memasukkan kode PIN. Biasanya, kode PIN default adalah "0000" atau "1234". Setelah terhubung, headset siap digunakan.

Tips Memilih Headset Bluetooth Terbaik

Memilih headset Bluetooth yang tepat bisa menjadi tantangan mengingat banyaknya pilihan yang tersedia di pasaran. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu kamu memilih headset Bluetooth terbaik:

1. Kualitas Suara

  • Pastikan headset memiliki kualitas suara yang jernih dan bass yang baik.
  • Cobalah mendengarkan berbagai jenis musik untuk menguji performa suara.

2. Kenyamanan

  • Pilih headset yang nyaman dipakai untuk waktu yang lama.
  • Perhatikan bahan bantalan telinga dan desain earcup.

3. Daya Tahan Baterai

  • Periksa berapa lama daya tahan baterai dari headset tersebut.
  • Pilih headset dengan baterai yang bisa bertahan lama agar tidak sering mengisi ulang.

4. Fitur Tambahan

  • Noise cancellation: Fitur ini sangat berguna untuk mengurangi suara bising dari lingkungan sekitar.
  • Kontrol sentuh: Beberapa headset dilengkapi dengan kontrol sentuh yang memudahkan pengaturan musik dan panggilan.
  1. Kompatibilitas
  • Pastikan headset kompatibel dengan perangkat yang kamu miliki.
  • Periksa apakah headset mendukung versi Bluetooth yang sesuai dengan HP kamu.

Rekomendasi Headset Bluetooth Terbaik

Berikut adalah beberapa rekomendasi headset bluetooth terbaik dengan harga terjangkau yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Headset Bluetooth Rexus BT7

 

Nikmati performa maksimal dengan koneksi Bluetooth 5.3 yang kuat pada headset bluetooth Rexus BT7. Dengan fitur kontrol yang mudah, nikmati kenyamanan koneksi yang stabil dengan jarak kerja hingga 10 meter.

Dilengkapi dengan baterai lithium berkapasitas 200mAh, waktu yang diperlukan untuk pengisian daya hanya 2 jam. Headset ini memiliki waktu pemutaran hingga 22 jam dengan kualitas audio yang tinggi. Dapatkan kabel Type-C untuk pengisian dengan empat pilihan warna menarik, yaitu lilac, hitam, putih, dan beige.

Harga: Rp125.000, klik di sini untuk cek harga dan spesifikasinya?

2. Rexus Headset Wireless S6 Pro

Headset Wireless S6 Pro hadir dalam tiga pilihan warna menarik, yaitu ivory white, black, dan pure white. Nikmati dua mode koneksi, yaitu bluetooth dan 3.5mm Aux dan pengalaman audio yang kedap dengan adanya fitur Active Noise Cancellation (ANC). Perangkat ini juga dilengkapi dengan mikrofon built-in sehingga setiap percakapan bisa berjalan dengan lancar. 

Headset dari Rexus ini menggunakan bahan PU Leather yang tahan air dan desain lipat satu arah yang memudahkan penyimpanan dan mobilitas. Ditambah dengan daya tahan baterai hingga 45 jam saat digunakan, memungkinkan kamu menghadapi hari tanpa takut baterai cepat habis.

Harga: Rp325.000, klik di sini untuk beli!

3. Rexus Headset Wireless S9

Headset wireless Rexus S9 hadir dengan fitur-fitur istimewa. Nikmati durasi pemutaran hingga 12 jam dalam satu pengisian baterai dan kontrol yang mulus melalui touchpad geser untuk mengatur volume dan navigasi lagu.

Dengan bluetooth 5.3 menjadikan headset ini memiliki koneksi yang stabil dan efisien. Kamu juga bisa menerima panggilan telepon dengan perangkat ini karena sudah ada mikrofon built-in. Menawarkan kenyamanan luar biasa melalui ear cup berbalut protein leather dan desain klasik hitam atau putih, memungkinkan kamu tetap gaya dengan memakai headset ini. 

Harga: Rp289.000, klik untuk dapatkan promonya!

Itu tadi cara menyambungkan headset bluetooth ke HP dan rekomendasi produk headset bluetooth yang bisa kamu pilih. Semoga membantu dan membuat pengalaman mendengarkan musik kamu semakin indah. Ingat! Dengan headset bluetooth, kamu dapat menikmati kualitas suara terbaik dan kebebasan bergerak tanpa kabel. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published