Cara Mudah Atasi Bunyi Decitan pada Kursi Gaming

Gamer, bermain game atau melakukan pekerjaan lain di atas kursi gaming memang paling nyaman. Tapi, kenyamanan tersebut bakal terganggu saat kursi gaming yang mengeluarkan bunyi atau berdecit.

Jika satu dua kali mungkin memang terasa tidak begitu mengganggu. Tetapi jika bunyi tersebut muncul setiap kali kita duduk, maka akan menimbulkan gangguan yang cukup serius.

Sayangnya, untuk mengatasi bunyi decitan tersebut sulit-sulit mudah. Hal yang tersulit tentu adalah menemukan sumber suara yang muncul. Tanpa menemukan sumber suara tersebut, suara decitan akan tetap terasa.

Untuk membantu kamu mengatasi kursi gaming yang berbunyi, berikut beberapa cara mudah yang bisa dilakukan.

  1. Temukan sumber suara decitan pada kursi gaming.

Langkah ini adalah yang pertama dan utama. Cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan minta bantuan teman untuk duduk di atas kursi gaming tersebut. Saat dia duduk, pantau dan selidiki sumber bunyi yang muncul dari kursi tersebut.

Lakukan beberapa gaya duduk untuk menetukan gesekan mana yang menjadi sumber bunyi. Coba pula beberapa posisi kursi, seperti memiringkan sandaran, menaik-turunkan, atau menggesernya.

Setelah sudah menemukan sumber suaranya, tandai posisi tersebut untuk melakukan langkah berikutnya.

Ilustrasi mengencangkan baut (Wikihow.com)
  1. Periksa kekecangan mur baut

Salah satu sumber bunyi yang kerap terjadi adalah kerapatan mur dan baut kursi tersebut. Karena itu hal yang perlu dilakukan adalah mengecek kerapatannya.

Caranya adalah dengan menjungkirkan kursi dan melihat semua perangkat kerasnya. Gunakan obeng atau kunci Inggris untuk mengencangkan mur, baut, atau sekrup yang longgar.

Kursi gaming biasanya menyertakan baut yang dilengkapi dengan ring. Pastikan kamu menggunakan ring tersebut saat memasang baut.

Fungsi ring adalah untuk mengantisipasi baut berputar sendiri saat sudah terpasang. Karena getaran atau gerakan, baut akan mulai longgar sehingga sambungan jadi tak rapat sehingga harus diberi ring.

  1. Lumasi baut sebelum memasang baut kembali

Untuk memeriksa kerapatan baut, caranya adalah dengan melepaskan baut dan sekrup sepenuhnya dan melumasinya sebelum memasang baut dan sekrup kembali.

Cara melumasinya adalah dengan memberi minyak pelumas pada bagian ulir baut. Gunakan pelumas pada semua mur, sekrup, dan baut untuk membantu melonggarkan sendi-sendi.

Ilustrasi melumasi tuas hidrolis
  1. Periksa mekanikal kursi gaming

Selesai berurusan dengan baut, saatnya kita mengecek mekanikal kursi gaming. Mekanikal kursi gaming juga merupakan salah satu bagian yang berpotensi menyebabkan bunyi.

Yang dimaksud dengan mekanikal dalam sebuah kursi gaming meliputi mekanikal dudukan, sandaran, dan pegas (gas lift). Disebut mekanikal karena komponen tersebut bergerak untuk menentukan ergonomisitas kursi gaming.

Karat atau kotoran lain menjadi penyebab mekanikal kursi gaming berdecit saat digunakan.

Cara menghilangkan suara berdecit pada mekanikal adalah dengan melumasinya pula. Semprotkan pelumas langsung ke mekanisme kursi dan tepuk-tepuk dengan kain lap sampai kering.

Kamu juga bisa menyemprotkan pelumas ke kain katun lembut dan menggosok kain ke area bermasalah supaya bisa mengontrol arah aliran pelumas.

  1. Cek pegas di sandaran kursi gaming.

Bisa jadi kursi gaming kamu berbunyi saat kamu bersandar pada sandaran. Hal ini bisa terjadi karena terlalu banyak tekanan pada tempat ujung pegas. Untuk memperbaikinya memang sedikit sulit karena kamu harus membuka kulit pelindung sandaran dan melihat jalinan pegas bagian dalam.

Untuk memperbaikinya, semprotkan pelumas pada pegas yang berbunyi. Setelah selesai, pastikan kembali pegas sudah tidak berbunyi sebelum kamu menutup cover-nya kembali.

Cara di atas bisa kamu lakukan sembari membersihkan kursi gaming kesayangan kamu. Karena digunakan tiap hari, maka sudah sewajarnya jika kursi membutuhkan perawatan yang cukup.

Buat kamu yang belum memilki kursi gaming, kamu bisa memilih kursi gaming RGC 101. Kursi ini merupakan salah satu koleksi kursi gaming Rexus terlaris karena harganya ekonomis.

Saat ini, kursi gaming Rexus RGC 101 ini tampil dua varian warna baru, yaitu kombinasi hitam-kuning dan warna solid dengan aksen border warna coklat yang elegan.

Miliki kursi gaming Rexus ini dan rasakan kenyamanannya saat duduk di atasnya.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published