Panduan Memilih Kabel Data "Fast Charging" yang Bagus

Gamer, untuk pengisian daya sekaligus transfer data yang cepat, kamu membutuhkan kabel data fast charging. Penggunaan istilah "kabel data fast charging" mau menunjukkan bahwa kabel ini berperan sebagai kabel data yang menjadi lalu lintas data dari ponsel ke komputer dan sekaligus mengisi daya.

Karena kamu biasa membutuhkan dua fungsi sekaligus dalam satu kabel, maka pastikan bahwa kabel data fast charging yang kamu beli mengakomodasi dua fungsi tersebut. Pasalnya, ada jenis kabel charging atau casan yang masih mendukung fungsi pengisian daya saja.

Seperti kita ketahui, kabel sangat berpengaruh dalam proses penghantaran sinyal elektrik. Karenanya, penggunaan jenis kabel fast charging akan menjamin pengisian daya dan transfer data lebih cepat dan stabil dibandingkan menggunakan kabel biasa.

Tapi, perlu diingat, kabel sebatas komponen penghantar ya. Kecepatan pengisian daya dan transfer data juga tidak bisa dilepaskan dari kualitar power adaptor (charger) dan gawai yang kamu miliki.

Beda Kabel Data Fast Charging dengan Kabel Biasa

Secara garis besar, ada dua hal yang membedakan, yaitu besar diameter dan bahan logam kabel. Dalam kabel charging atau kabel data terdapat empat buah kabel. Biasanya berwarna merah, putih, hijau, dan hitam.

Kabel putih dan hijau berperan sebagai kabel data yang berfungsi untuk menghantarkan sinyal data, sedangkan kabel merah dan hitam bertugas sebagai penghantar sinyal listrik.

Pada kabel data biasa, ukuran kabelnya adalah 28 dengan diameter sekitar 0,3 milimeter, sedangkan pada kabel fast charging dengan ukuran kabel 24, diameternya adalah sekitar 0,5 milimeter. Semakin kecil ukuran kabel (gauge), semakin besar diameter kabelnya. Kabel fast charging dapat menghantarkan arus 2A atau lebih.

Selain ukuran dan diameter, unsur lain yang mempengaruhi kecepatan transfer sinyal adalah bahan atau material kabel. Saat ini, kebanyakan kabel charging di pasaran menggunakan tembaga sebagai bahan utamanya.

Logam ini memang terkenal sebagai salah satu penghantar listrik (kondensator) terbaik, sekaligus yang paling terjangkau dibanding material terbaik lainnya, seperti emas contohnya.

Foto: Kabel data Rexus CB161

Pilih Kabel Data Fast Charging yang Bagus

Setelah mengetahui perbedaan antara kabel charging biasa dengan kabel data fast charging, maka kita perlu tahu cara memilih kabel fast charging yang bagus. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Pastikan mendukung dua fungsi

Sekali lagi, sebelum membeli kabel data fast charging, pastikan kabel tersebut memiliki dua fungsi, yaitu untuk pengisian daya dan transfer data. Cara termudah untuk mengetahuinya tentu dengan menanyakan kepada penjualnya.

Jika perlu, mintalah jaminan agar kamu bisa menukar kabel yang sudah dibeli jika tidak terbukti bisa untuk transfer data sekaligus. Kenapa? Ya karena sebelum beli, kamu tidak bisa mengelupas kabelnya untuk memeriksa jumlah elemennya, bukan?

2. Jangan asal tebal

Betul bahwa kualitas kabel ditentukan dari diameter serat kabel. Tetapi, bukan berarti kabel yang bagus harus lebih tebal. Cara mudah untuk mengetahuinya biasanya adalah meraba dan menenkan kabel tersebut. Jika dirasa kabel tersebut memang tebal bagian seratnya, kemungkinan besar kabel tersebut memang dilengkapi dengan serat kabel berdiameter besar.

3. Kenali spesifikasinya

Cara ini dilakukan dengan membaca spesifikasi yang biasanya ada di kemasan produk. Ketahui arus maksimal yang bisa dihantarkan oleh kabel ini. Biasanya dalam ukuran Ampere (A).

4. Kenali karakteristiknya

Beberapa kabel fast charging mempunyai karakter unik. Sebagai contoh, Rexus Fast Charging Cable seri CB mempunyai karakter akan menghantar daya secara cepat secara otomatis saat kondisi baterai ponsel di bawah 50%, sedangkan jika baterai ponsel di atas 50%, maka akan menghantarkan daya secara normal. Itu bertujuan agar baterai ponsel terhindar dari kelebihan daya (overloaded).

5. Pilih panjang yang ideal

Seperti kita ketahui, panjang kabel menentukan kecepatan hantar sinyal. Semakin panjang kabel, semakin tinggi tingkat hambatan sehingga kecepatan hantaran makin berkurang. Jangan terlalu pendek pula karena akan membatasi gerak kita.

Panjang ideal kabel data adalah 1 – 2 meter. Untuk membutuhkan kabel data yang lumayan panjang, ukuran 2 meter adalah pilihan yang tepat.

6. Pilih USB yang sesuai gawai

Saat ini ada tiga macam konektor USB yang biasa tersedia di pasaran, yaitu micro USB, Type C, dan Lightning untuk produk Apple. Pastikan kabel fast charging yang kamu beli mempunyai kepala USB yang sesuai dengan gawai yang kamu miliki.

7. Sesuaikan bentuk konektornya

Untuk bermain mobile gaming, bentuk konektor “L” sangat membantu posisi kita. Sambungan pun jadi makin kencang, tak mudah goyah.

8. Tampilan menarik

Jangan lupakan faktor ini. Saat ini banyak tersedia kabel fast charging yang tampil dengan pilihan jaket kabel yang keren dan beraneka warna. Sesuaikan dengan karakteristik kamu untuk menambah penampilan.

Dengan kabel data fast charging, para penggemar mobile gaming tentu akan sangat terbantu karena bisa terus melanjutkan permainan sambil terkoneksi dengan sumber daya.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published