Solusi Agar Stabilizer Tombol Keyboard Mekanikal Makin Nyaman

ini Gamer, beberapa di antara kalian mungkin ada yang merasa tidak nyaman saat menekan tombol spasi atau space bar keyboard mekanikal kalian. Rasa tidak nyaman itu mungkin terlebih karena suara yang dihasilkan oleh tombol tersebut, seperti bunyi cetak-cetak dan terasa kosong.

Kondisi demikian tidak hanya dialami oleh satu tipe atau merek keyboard mekanikal saja, tetapi banyak yang mengalaminya. Beberapa tipe keyboard mekanikal yang tidak dilengkapi stabilizer memang kerap mengalami masalah tersebut pada tombol-tombol berukuran panjang, seperti tombol Back, Capslock, Shift, Enter, dan terutama tombol spasi.

Dari sisi teknis, hal tersebut bisa dimaklumi karena pada dasarnya, tombol spasi atau space bar yang panjang tersebut hanya dimotori oleh satu switch sehingga tentu saja berpotensi tidak seimbang. Dalam posisi tidak seimbang, maka selain bunyinya terasa tidak enak didengar juga ada perbedaan suara antara sisi bagian kiri dan kanan space bar.

Stabilizer Keyboard/xda-developers.com

 

Peran Stabilizer Buat Tombol Spasi Keyboard Mekanikal

Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa tipe keyboard mekanikal, seperti keyboard Rexus MX20, menambahkan komponen yang disebut dengan stabilizer. Sesuai namanya, stabilizer memang berfungsi untuk menstabilkan tombol spasi pada keyboard.

Yang distabilkan adalah tekanan aktuasinya. Jadi, saat tombol ditekan ke bawah, baik oleh jempol kanan maupun kiri, tekanan ke bawah akan rata di semua tombol spasi sehingga tidak mengetuk satu sisi saja.

Stabilizer ini menggunakan sistem dengan menambahkan dua stem tambahan di posisi kiri dan kanan stem tombol utama. Antara kedua stem tambahan tersebut terhubung dengan tambahan batang besi.

Saat stem tombol utama di tekan, maka tombol akan mengetuk juga batang besi yang menguhubungkan kedua stem sehingga tombol bergerak turun dan naik secara bersaman. Dengan menggunakan stabilizer, tekanan tombol pun tak terasa kopong lagi.

Foto: Keyboard Rexus MX20

Cara Bikin Agar Keyboard Stabilizer Lebih Nyaman Dipakai

Stabilizer bergerak sesuai dengan pergerakan stem tombol, naik dan turun. Proses mekanikal seperti itu tentu berpotentsi menyebabkan gesekan antar komponen-komponen yang bergerak.

Jika ada gesekan, tentu saja ada keausan. Nah, begitu pula dengan stabilizer tombol keyboard mekanikal, membutuhkan sedikit sentuhan agar bisa lebih nyaman digunakan meski ada gesekan. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Pilih stabilizer keyboard yang pre-lubed. Buat kamu yang sedang mencari keyboard yang nyaman, tambahkan spesifikasi ini pada pilihan kamu. Pilih keyboard yang stabilizer nya sudah prelube atau sudah menggunakan pelumas atau paslin (grease) seperti keyboard DAXA M71 Pro.

Lakukan lubing pada stabilizer. Buat kamu yang sudah memiliki keyboard mekanikal yang menggunakan stabilizer tapi belum dilumasi, yuk lumasi sendiri stabilizer-nya. Switch lubing adalah proses pelumasan pada stem dan housing switch agar switch makin nyaman digunakan.

Untuk melakukan switch lubing, kamu hanya perlu grease atau paslin khusus. Harganya tidak mahal, hanya sekitar 30 ribuan untuk sebuah paslin merek Krytox.

Yang lumayan jadi pekerjaan rumah adalah proses lubingnya karena kamu harus melumasi stabilizer-nya satu per satu. Buat kalian yang malas untuk melakukan hal ini, bisa menggunakan switch yang sudah dilumasi (prelube).

Menambah Switch Dampener pada stem switch. Metode pemasangan O-rings memang sudah bnyak dilakukan untuk menghilangkan suara bottoming out atau suara kopong seperti cetak cetek. Instalasi O-ring atau switch dampener ini pun sangat mudah. Kamu hanya perlu memasangkan ring-ring karet ke keycapsnya.

Selain bisa menghilangkan suara ketukan tombol, O-rings juga bisa memperpendek jarak tekan tombol. Namun fungsi ini subjektif tergantung selera. Ada yang suka jarak tekannhya jauh dan ada yang suka jarak yang pendek.

Mengganti stabilizer dengan merek paten. Meski sudah ada bawaannya, tetapi beberapa pengguna keyboard memilih untuk mengganti merek stabilizer-nya dengan stabilizer dengan merek lain yang dikenal lebih enak dan nyaman berkat penggunaan material yang berbeda.

Untuk menggantinya, pastikan ukurannya sama dengan stabilizer bawaan. Selain itu, kamu juga harus memastikan agar stabilizer tersebut dapat pas di mount plate keyboard kamu.

Nah, beberapa langkah tersebut bisa jadi pilihan kamu untuk membuat stabilizer keyboard kamu lebih nyaman. Terakhir, kami selalu anjurkan untuk mempertimbangkannya sesuai bujet kamu. Betul?

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published