Cara Jitu Membersihkan Keyboard Mekanikal

Gamers, apa salah satu hal yang paling penting setelah kamu membeli sebuah produk gaming yang selama ini kamu idam-idamkan? Ya, merawatnya. Semua peralatan, terutama peralatan elektronik, tentu membutuhkan perawatan yang cukup. Apalagi, produk tersebut adalah produk yang tiap hari digunakan, termasuk keyboard.

Keyboard bekerja keras saat kamu gunakan untuk bermain game. Ancaman debu dan kotoran pun tak bisa lepas dari papan ketik. Tak hanya itu, para gamer juga pasti kerap mengunyah camilan saat bermain game sehingga tanpa disadari remah-remahnya jatuh di sela-sela keyboard.

Kamu pun terkadang tanpa sengaja langsung menyentuh keyboard setelah makan gorengan atau makanan berminyak lainnya. Itu semua membuat kotoran menempel kuat di keyboard kamu.

Apa efeknya? Satu, keyboard menjadi tidak higienis. Banyak kuman dan bakteri yang berkembang di sekitar keyboard.

Kedua, kotoran tersebut lama kelamaan akan masuk ke dalam keyboard melalui sela-sela keyboard sehingga akan mengganggu kinerja tombol keyboard. Tak jarang, kotoran tersebut menyebabkan konsleting saat masuk dan menempel di papan sirkuit yang letaknya di dalam keyboard.

Agar selalu awet, keyboard hendaknya dibersihkan secara teratur. Caranya gampang, kok. Berikut ini tips jitu untuk membersihkan keyboard mekanikal.

1. Cabut USB keyboard dari komputer.


Jangan lupa selalu mencabut dahulu colokan USB keyboard dari komputer, apalagi komputer yang sedang menyala. Banyak kasus terjadi konsleting pada keyboard karena membersihkan keyboard dengan keadaan tersambung pada komputer yang masih menyala.

2. Lepas keycap tombol keyboard.

Cara yang musti dilakukan adalah dengan melepas semua keycap keyboard mekanikalmu. Gunakan cap puller untuk melepasnya. Atau jika sudah terbiasa, kamu bisa menggunakan jari. Hati-hati dalam melepasnya agar stem tidak patah atau menjadi longgar.


3. Bersihkan partikel besar.
Caranya adalah dengan membalikkan keyboard dan mengetok-ketok secara perlahan agar partikel berat yang terselip di dalam sela-sela switch.


4. Hilangkan debu.

howtogeek.com


5. Hilangkan kuman.

howtogeek.com

6. Bersihkan noda atau flek pada keycap.

Sering kali kita menemukan keycap berubah warna jadi coklat karena kotoran yang menempel kuat di atasnya. Agar bisa kinclong lagi, kamu bisa menggunakan cairan soda untuk membersihkannya.

Caranya adalah dengan mencopot semua keycap dan merendamnya dalam cairan soda selama sekitar 30 menit. Setelahnya, lap dan keringkan keycap hingga benar-benar kering.


6. Pasang kembali keycap.
Setelah dirasa bersih dan kering, pasang kembali keycap pada switch. Hindari cairan masuk dalam keyboard agar tak terjadi konsleting.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *