Gamers, kalian pasti setuju jika saat ini makin banyak gamer yang memanfaatkan ponselnya sebagai sarana bermain game alias mobile gaming. Bahkan, para gamer yang dulunya fanatik bermain game di PC pun sekarang mulai bermain mobile gaming sebagai selingan.

Selain karena lebih praktis, bermain mobile gaming memang relatif lebih murah. Kalian tidak perlu PC set berkemampuan hebat agar bisa bermain. Kalian cukup perlu ponsel pintar dan tentu saja… kuota. Jangan lupa, selalu gunakan headset acara bermain kalian makin menyenangkan.

Foto: Rexus S3 Pro

Headset Nirkabel dan Kabel

Pada dasarnya, terdapat dua metode utama koneksi headset ke HP, yaitu tanpa kabel (wireless) dan dengan kabel (wired). Saat ini, hampir semua headset wireless menggunakan teknologi koneksi Bluetooth yang sudah ada sejak era 90an.

Masalahnya, meski praktis, transfer data yang cepat dan besar melalui Bluetooth tidak bisa serta merta lancar begitu saja. Karena memanfaatkan frekuensi radio 2,4GHz, banyak kendala yang sering muncul saat transfer. Salah satu kendala itu adalah delay atau delaying. Jadi, terjadi ketidaksinkronan antara suara dengan gambar sehingga suara terdengar telat, tidak realtime.

Kendala tersebut tentu saja mulai bisa diatasi melalui teknologi yang lebih canggih dan mutakhir, seperti penggunan Bluetooth APTX dan APTX HD. Tapi, perangkat yang menggunakan teknologi tersebut masih sangatlah jarang dan mahal.

Dalam kondisi seperti ini, kita mau tak mau kembali ke teknologi yang lebih kuno, yaitu penggunaan kabel sebagai media transfer data. Kabel yang berkomponenkan tembaga adalah konduktor terbaik untuk menjadi media sinyal elektrik. Transfer sinyal pun akan sangat cepat dan stabil, tanpa gangguan layaknya saat menggunakan media frekuensi radio.

Foto: Rexus HX10

Koneksi Kabel Headset ke HP
Dengan alasan kestabilan transfer data, banyak headset gaming yang tetap setia menggunakan kabel. Semula, banyak yang beranggapan bahwa dengan headset yang menggunakan kabel itu khusus disambungkan dengan PC. Anggapan itu salah!

Headset berkabel juga bisa disambungkan dengan HP. Sistem plug and play, memungkinkan headset langsung dapat dikenali oleh operating sistem di HP dan langsung bisa digunakan. Penggunaan kabel itu disertai dengan penggunaan konektor di ujungnya. Secara umum, sebuah  gaming headset dilengkapi dengan 3 macam konektor, yaitu:

  1. Konektor USB
    Dalam gaming headset, konektor USB ini berfungsi untuk menyalurkan daya listrik yang akan menyalakan LED pada headset. Di beberapa headset, terutama keluaran baru, konektor USB digunakan sebagai satu-satunya konektor yang bisa untuk menyalurkan listrik, sinyal suara untuk speaker, dan suara dari mikrofon sekaligus.
  2. Jack 3,5mm Stereo
    Colokan ini biasanya berwarna hijau mudah. Disebut jack 3,5mm stereo karena berfungsi untuk menyalurkan suara ke speaker kanan dan kiri.
  3. Jack 3.5mm Mikrofon
    Colokan ini biasa berwarna merah muda atau pink. Colokan ini akan menyalurkan suara dari mikrofon headset ke komputer atau ponsel.

Tiga colokan itu adalah standar konektor yang biasa terdapat pada headset gaming. Namun, ada beberapa kombinasi yang mulai banyak digunakan oleh headset gaming. Tujuannya adalah agar lebih mudah digunakan di HP. Ada dua kombinasi, yaitu:

  • Single USB

Penggunaan single USB untuk koneksi gaming headset banyak didominasi oleh headset premium. Dalam sistem ini, hanya ada satu USB sebagai konektor yang berperan untuk sebagai sumber daya LED headset, konektor suara dan mikrofon sekaligus.

  • Single Jack 3,5mm

Headset ini mempunyai satu jack 3,5mm dan satu USB. Satu jack 3,5mm tersebut dapat digunakan sebagai mikrofon dan stereo sekaligus.

Cara Mengoneksikan Headset Kabel ke HP
Di atas sudah disebutkan bahwa headset gaming dengan kabel dapat dikoneksikan ke HP. Sebenarnya, caranya sangat mudah. Kamu hanya butuh tambahan converter. Masalahnya, tidak semua converter dapat digunakan untuk masing-masing konektor di headset. Yuk, kita pelajari caranya.

Untuk konektor USB + Jack 3,5mm mikrofon + Jack 3,5mm stereo?
Untuk konektor headset ini, kamu butuh dua conveter saat ingin menyambungkan dengan HP.

1. Converter USB OTG
USB On The Go adalah converter dari konektor 2.0 headset ke USB Micro/Type C/Lightning di HP. Dengan mencolokkannya ke HP maka lampu headset dapat menyala.

Tips!
Agar lebih irit baterai HP dan ngga perlu beli USB OTG, kamu bisa mencolokkan USB punya headset ke powerbank sementara kamu bermain di HP.

2. Converter Suara Sekat Tiga
Karena port 3,5mm di HP hanya satu lubang, maka kamu butuh converter yang bisa sekaligus menyalurkan sinyal stereo sekaligus suara mikrofon. Converter itu colokannya punya sekat tiga.

Tips!
Jangan sampai salah yang dua sekat karena itu hanya untuk stereo, suara kanan dan kiri.

Untuk Konektor Single USB?
Kamu hanya butuh convert USB OTG Micro/Type C/Lightning.

Tips!
Pastikan HP kamu support USB OTG ya.

Untuk konektor Single Jack 3,5mm dan Single USB?
Kamu hanya butuh convert USB OTG Micro/Type C/Lightning. Ngga perlu converter 3,5mm karena single jack 3,5mm dapat langsung kamu colokkan ke port 3.5mm.

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *