Gamers, banyak pengguna headset Rexus yang menanyakan, “Kenapa saat menggunakan headset Rexus yang dikoneksikan ke HP, voice chat saya tidak kedengaran saat bermain PUBG Mobile? Apa karena rusak ya headsetnya?

Mungkin, salah satu dari kalian juga mengalaminya. Saat dalam kondisi tersebut, jangan langsung menyalahkan perangkat keras alias headset kamu ya. Kenapa? Karena pada prinsipya, perangkat keras “hanya” berfungsi untuk menyalurkan suara yang keluar dari device – di sini berarti ponsel atau HP.

Tes Sederhana
Untuk memastikan apakah perangkat headset kamu bermasalah atau tidak, sebenarnya ada cara yang paling mudah. Pertama, tes dengan mendengarkan fitur musik. Jika di speaker terdengar suara musik secara sempurna, berarti headset kamu tidak bermasalah.

Kedua, tes dengan menggunakan aplikasi voice recorder untuk menguji kualitas mikrofon. Jika suara tetap tertangkap secara sempurna dan kemudian tersimpan di komputer atau HP, berarti mikrofon headset tidak masalah.

Solusi Voice Chat Tidak Terdengar
Jika headset sudah terbukti tak bermasalah, maka yang perlu dilakukan sekarang adalah dengan mengecek pengaturan software dan fitur di emulator PUBG-nya. Nih, caranya..

1. Pastikan mengoneksikan headset secara tepat di HP. Untuk ponsel yang menggunakan koneksi single USB, pakai konverter OTG. Untuk koneksi Bluetooth, pastikan koneksi tersambung sempurna.

2. Atur pengaturan sound di Game Setting, aktifkan fitur mikrofon di game setting.

3.  Tutup dulu emulator Tencent Gaming Buddy.

4. Jika kalian menggunakan OS Windows 10, klik Sound di Start Menu.

5. Pada bagian sound, pilih tab “Recording”

6. Check list “Show Disable Devices”

7. Buka kembali Emulator Tencent Gaming Buddy dan mainkan PUBG Mobile.

8. Tadaaa… Tes suara kalian di voice chat.

Semoga berhasil!

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] penggunanya. Pertama, game ini sering bermasalah saat terjadi penurunan kualitas internet. Kedua, kerap terjadi masalah dengan voice chat, terutama saat menggunakan headset. Kita akan bahas problem yang kedua […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *