game Coba Cara Sederhana Ini Biar Main Game di PC Makin Lancar pc gaming 180x180

Gamer, main game kalau tidak lancar itu rasanya seperti sembelit tidak sih? Kayaknya malah bikin jengkel ya. Lagi seru-serunya main tiba-tiba lag atau buffer. Beneran bikin baper…

Buat kamu yang main game di HP, penyebabnya lebih mudah dideteksi, yaitu entah karena kapasitas RAM HP tidak mumpuni atau karena jaringan yang tidak stabil. Tapi, situasi jadi lebih rumit jika kita bermain game di PC. Banyak penyebab yang bisa memungkinkan terjadi karena tentu karena sistem komputer lebih rumit.

Mempunyai PC atau laptop dengan spefisikasi khusus untuk gaming tentu menjadi jawaban paling tepat. Tetapi, cara itu pun tidak menjadi jaminan kita bisa main game lancar karena ukuran game bisa sangat variatif saat ini.

Tapi, jangan kuatir. Sebelum kamu akhirnya memutuskan untuk meningkatkan semua spesifikasi komputer agar bisa mencerna game berat jadi lancar, sebaiknya kamu mencoba beberapa cara sederhana ini terlebih dahulu.

Peralatan gaming Rexus game Coba Cara Sederhana Ini Biar Main Game di PC Makin Lancar pc gaming 600x600

Foto: Set gaming Rexus

  • Sesuaikan antara game dengan kapasitas PC.

Banyak sekali game yang ditawarkan pengembang saat ini. Tetapi, di antara banyaknya pilihan itu, sebaiknya kita memilih game yang mampu dimainkan oleh PC atau laptop dengan lancar.

Pilihan game FPS yang bersahabat dengan PC atau laptop gaming standar antara lain adalah Valorant. Spesifikasi dasar dari game ini hanya membutuhkan PC/laptop dengan minimal RAM 4GB dan VRAM 1GB.

  • Nonaktifkan aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Aplikasi, seperti Web Whatsapp atau browser, membutuhkan RAM yang besar. Sebagai ilustrasi, saat browsing dan hanya membuka 4 tab saja, memori yang dipakai hampir mencapai 1GB. Saat menjalankannya bersamaan dengan game maka akan semakin memperberat sistem. Jadi, sebaiknya aplikasi tersebut kita tutup saat bermain game.

Kamu juga bisa menonaktifkan dahulu antivirus selama bermain game. Antivirus berpotensi menyita resource yang besar, apalagi jika real time protection atau auto scanning-nya dalam keadaan aktif. Proses ini bisa membuat laptop atau PC kita jadi berat.

game Coba Cara Sederhana Ini Biar Main Game di PC Makin Lancar Valorant1 600x337

  • Gunakan aplikasi game booster

Untuk mengoptimalkan kemampuan laptop saat bermain game, kamu bisa menggunakan aplikasi game booster. Aplikasi ini bisa memperlancar game berat di laptop dengan mengosongkan lebih banyak memori dari proses yang berjalan di background.

Ada banyak pilihan aplikasi game booster gratis yang bisa digunakan. Pilih aplikasi yang secara efektifk bisa men-suspend program lain yang tidak dibutuhkan saat bermain game sehingga ruang memori yang kosong akan bertambah dan bisa dipakai untuk game secara lancar. Saat kita telah selesai bermain game, program yang tadi di-suspend akan direstore kembali oleh aplikai game booster tersebut sehingga sistem kita bisa berjalan dengan normal lagi.

  • Bersihkan file sementara secara teratur.

File-file seperti temporary files, caches, dan berbagai jenis junk files lainnya sebaiknya kita bersihkan secara berkala karena bisa membuat sistem laptop atau PC menjadi berat. Gunakan aplikasi cleaner untuk melakukannya secara otomatis.

  • Sesuaikan tampilan grafis game

Cara memperlancar game berat di laptop dan pc yang terakhir adalah dengan mengatur pengaturan grafis dalam game agar lebih fokus ke performa dibanding tampilan grafis. Dengan mempertimbangkan kapasitas PC atau laptop, kamu bisa  memilih settingan medium bahkan low. Selain itu, utamakan untuk menyeting frame rate-nya.

Langkah tersebut di atas semoga bisa membantu kamu yang laptop atau PC nya sering jadi lemot saat memainkan game berukuran besar. Selamat mencoba!

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.