Gamer, penggunaan bahan cloth atau kain untuk industri earcup headset memang sudah lama muncul. Banyak headset ataupun headphone vintage yang menggunakan material ini.

Ada banyak tipe material kain yang digunakan pada earcup. Seperti disebut di atas, ada cloth, velour yang merupakan produk turunan serat kapas atau katun, hingga suede.

Saat ini, tren menggunakan bahan cloth tampaknya kembali naik. Salah satunya bisa kamu temukan pada headset DAXA TS1. Headset multikoneksi ini menggunakan bahan cloth yagn lembut. Penggunaan bahan tersebut ternyata meningkatkan kesan eksklusif dan berkelasnya.

earpad headset berbahan cloth earpad Earpad Berbahan Cloth Bisa Dicuci? Bagaimana Caranya? DaxaHeadset 09 600x600

Keunggulan dan Kelemahan Earpad Berbahan Cloth?

Selain meningkatkan kesan berkelas, sebenarnya masih ada beberapa keunggulan pemakaian ini pada earpad. Lalu, apa sebenarnya keunggulan dan kelemahan earcup dengan bahan cloth?

Keunggulan

  • Bahan cloth berpori sehingga memungkinkan terjadinya sirkulasi udara di sekitar bagian telinga saat headset digunakan.
  • Karena lebih terbuka (berkat adanya pori-pori) maka karakteristik suara akan terasa lebih luas staging-nya dan lebih natural.
  • Lebih nyaman. Earcup berbahan kain memang terasa lebih lembut saat beradu dengan kulit sehingga saat dipakai akan meminimalkan iritasi.

Kekurangan

  • Harganya relatif lebih mahal
  • Lebih sulit dibersihkan dibandingkan dengan bahan kulit sintetis.
  • Karena bertipe lebih terbuka, maka buat pecinta bass, jenis bahan ini kurang cocok karena dentuman bas akan terasa kurang nendang.
Headset DAXA TS1 earpad Earpad Berbahan Cloth Bisa Dicuci? Bagaimana Caranya? DaxaHeadset 08 1 600x600

Foto: Headset DAXA TS1

Cara Membersihkan Earpad berbahan Cloth

Sebenarnya, jika tidak terlalu kotor, earpad berbahan cloth bisa dibersihkan dengan tidak perlu dicuci. Kamu bisa mengelapnya dengan kain yang sudah dibasahi dengan busa sabun untuk kemudian digosokkan secara pelan pada bagian earpad yang kotor.

Saat menggosoknya, lakukan secara perlahan dan dalam satu arah. Hindari menggosoknya secara bolak balik karena justru akan membuat kotoran makin menempel di serat kain.

Namun, jika metode menggosok tersebut tidak bisa juga karena kotoran yang membandel, maka kamu bisa melakukan metode mencuci ringan. Caranya adalah sebagai berikut

  1. Copot earpad dari mangkuk earcup speaker headset.
  2. Masukkan earpad sedikit air yang sudah dicampur dengan cairan pembersih atau sabun.
  3. Biarkan selama beberapa saat.
  4. Tekan-tekan busa earpad agar kotoran bisa terangkat dari sela-sela kain. Lakukan secara perlahan agar busa tidak mengalami deformasi.
  5. Jika dirasa sudah bersih, tekan busa earpad agar air benar-benar keluar dan angin-anginkan agar benar-benar kering. Tidak perlu dijemur ya, apalagi di bawah sinar matahari langsung.
  6. Jika semua komponen sudah dirasa kering sempurna, kamu bisa mulai merakitnya kembali.

Mudah, bukan? Perawatan earpad headset ini sebenarnya tidak wajib. Kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi dan tingkat kekotoran earpad hedset yang kamu miliki.

Telusuri Produk Rexus

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.