Esports jadi fenomena yang sedang “hips” saat ini. Bukan hanya bagi para gamer, tapi generasi “sepuh” yang menjadi pemangku kebijakan publik pun mulai memahami e-sports. Buktinya, saat selain dimasukkan sebagai salah satu cabang olahraga, esports diwacanakan sebagai untuk menjadi kurikulum di sekolah menengah. Wow!

Mau tahu beberapa fakta menarik tentang esports? Ini dia!

  1. Pendapatan tim esports semakin menggilaPendapatan tim esports benar-benar menggila mengingat semakin banyak kompetisi-kompetisi dengan total hadiah yang menggiurkan. Bukan hanya dari kompetisi, tim esports yang telah memiliki nama juga bakal mendapatkan sumber dana dari sponsorship berbagai provider dan royalti streaming.

  2. Kompetisi esports juga menggila dengan total hadiah yang ditawarkanDari tahun ke tahun kompetisi-kompetisi esports yang digelar di seluruh dunia ini mulai menghadirkan total hadiah yang begitu besar. Seperti kompetisi terbesar yang diselenggarakan oleh Valve untuk Dota 2 yaitu The International 2018 total hadiahnya mencapai sekitar $25,5 juta. Bahkan, baru-baru ini Epic Games berencana untuk menghadirkan kompetisi dalam skala besar untuk Fortnite dengan total hadiah yang mencapai $30 juta USD!

  3. Dominasi game Battle Royale
    Sepanjang tahun 2018 hingga memasuki tahun 2019 game dengan genre battle royale mendominasi pasar industri game, seperti PUBG, Fortnite, dan Apex Legends yang kehadirannya membuat kaget di awal tahun 2019 ini.

  4. Dukungan Pemerintah berbagai negara
    Pemerintah Korea Selatan, China, Amerika Serikat, Polandia, Russia, dan termasuk Indonesia, membuat kebijakan yang mendukung berkembangang e-sports. Bahkan, secara terang-terangan, pemerintah China sudah mengakui secara resmi bahwa esports merupakan salah satu profesi. Sementara itu, pemerintah Denmark mempermudah pembuatan visa bagi tim esports, khususnya tim Astralis yang berasal dari negara Skandinavia itu.
  5. UKM Esports Universitas-universitas di Indonesia

    Tahukah kalian bahwa saat ini beberapa universitas terkemuka, termasuk universitas negeri di Indonesia, mulai membuka Unit Kegiatan Mahasiswa esports? Melalui asosiasi resmi esports yang langsung berada di bawah Kemenpora, Indoesia Esports Association (IESPA) berhasil meyakinkan berbagai universitas, termasuk Universitas Gajah Mada dan Universitas Indonesia, untuk membuka UKM khusus esports di lingkungan sivitas akademika. Rexus turut berpartisipasi dalam menyediakan kursi gaming resmi untuk UKM tersebut. 

    Foto: Instagram/jessnolimit

  6. Makin banyak Gamer yang makin tajir

    Sudah rahasia umum jika pendapatan gamer esports saat ini makin menggila. Banyak milyader muda, yang memperoleh kekayaannya dari dunia esports. Untuk tingkat dunia, Sahil “The Universe” Arora masih mencatatkan diri sebagai gamer terkaya.Di Indonesia, bisa kita lihat beberapa gamer yang mempunyai pendapatan yang fantastis. Salah satunya adalah Jess No Limit dari tim Evos. Dari pendapatannya sebagai gamer dan streamer, dia berhasil mempunyai sedan super mewah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *